5 Alasan Mengapa Sosial Media Marketing Penting Untuk Bisnis Anda

Sosial media marketing adalah salah satu strategi marketing yang banyak digunakan di era digital saat ini. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan sosial media sebagai sarana penjualan maupun sarana promosi barang atau produk tertentu.

Menurut Neil Patel, sosial media marketing merupakan sebuah proses menarik perhatian orang agar tertarik pada konten yang kita buat (engaged). Nah apabila seseorang sudah tertarik pada konten yang sudah kita sajikan, besar kemungkinan orang tersebut akan membagikan konten itu kepada sahabat atau temannya.

Kenapa Sosial Media Marketing Penting ?

Sobat bisa mengamati perkembangan facebook, instagram, twitter dan sosial media lainnya saat ini. Seberapa banyak total penggunanya dan seberapa banyak pengguna yang online diwaktu yang bersamaan. Hal inilah yang membuat media sosial itu penting sebagai sarana bisnis kalian.

Baca juga : Inspirasi usaha sampingan ibu rumah tangga

Menerapkan sosial media marketing juga lebih efektif jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Penjualan melalui sosial media juga akan lebih mudah jika sobat sudah menerapkan metode tersebut. Nah kali ini inovatifku.com akan menjabarkan lebih dalam mengenai manfaat sosial media marketing untung bisnis kalian.

Improved brand awareness

Membuat akun sosial media sebagai akun bisnis kalian sangat penting untuk dilakukan. Karena para pengguna media sosial akan mengenali bisnis atau usaha yang kalian bangun. Dengan membuat konten menarik terkait bisnis kalian secara konsisten, ini akan meningkatkan pengenalan bisnis kalian kepada publik.

Konten menarik yang ditampilkan tersebut juga dapat mempengarui orang untuk mengikuti akun bisnis sosial media kalian. Apalagi jika sobat membuat konten menarik terkait promosi produk atau diskon penjualan, pasti akan banyak orang yang tertarik.

Hemat Biaya

Pemasaran melalui media sosial tentu lebih menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional. Membuat akun media sosial untuk bisnis kalianpun tidak dipungut biaya. Namun berbeda jika sobat mempromosikannya melalui jaringan iklan yang disediakan platform media sosial tersebut.

Meskipun sobat menggunakan promosi melalui jaringan iklan tersebut, itu juga masih terbilang hemat biaya. Jika kita melihat apa yang akan kita dapatkan nantinya. Namun disini sobat perlu trial & error, karena tidak mudah untuk mempromosikan melalui jaringan iklan tersebut sesuai dengan target yang diharapkan.

Improved brand loyalty

Jika sobat menerapkan metode sosial media marketing secara konsisten, tentu pelanggan akan mudah menemukan suatu produk yang anda sediakan / jual serta terhubung dengan anda. Dengan komunikasi yang baik antara pelanggan serta pemiliki bisnis, hal ini tentu dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Sehingga apabila banyak pelanggan puas terhadap layanan ataupun produk kita, tentu loyalitas merek bisnis kita juga akan meningkat. Pelanggan yang puas dengan produk kita tentu memiliki kemungkinan besar untuk berbagi pengalaman produk itu terhadap teman-temannya. Karena kepuasan pelanggan dan loyalitas merek biasanya berjalan seiringan atau sejajar.

Peningkatan Penjualan

Dalam berbisnis tentu kita memiliki goal yaitu penjualan yang terus meningkat. Penjualan melalui sosial media akan terus meningkat jika sobat menerapkan sosial media marketing secara konsisten tiap waktunya. Namun kita juga perlu menggaris bawahi point ini. Kualitas produk juga mempengarui penjualan melalui sosial media, sehingga kalian perlu menjelaskan terkait produk tersebut dengan rinci kepada pelanggan kalian.

Banyaknya Platform Media Sosial

Ada banyak jenis media sosial yang sobat bisa gunakan. Berbagai media sosial tersebut tentu memiliki audiens yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita bisa menggunakan banyak media sosial dengan berbagai platform, tentunya sesuai dengan target yang sudah kita tentukan.

Berbeda dengan media mainstream, yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan media sosial saat ini. Ada beberapa point penting dalam menargetkan konten sebagai sosial media marketing. Seperti umur, kebutuhan orang, trend saat ini dan lain sebagainya. Sobat bisa simak artikel berikut untuk lebih jelasnya.

Rekomendasi anda : Pahami Cara Menentukan Target Pasar Bisnis Yang Tepat

Penutup

Itulah sedikit informasi oleh inovatifku.com terkait pentingnya sosial media marketing agar penjualan melalui media sosial dapat meningkat dengan baik. Hal tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan, namun akan lebih tidak mudah lagi jika sobat tidak memulainya dari sekarang. Mengingat perkembangan era digital yang begitu pesat saat ini.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Jika sobat memiliki kritik dan saran, kalian bisa tinggalkan komentar dibawah ini. Sampai jumpa di artikel inovatifku yang lainnya, Terima kasih.

Tinggalkan komentar