7 Cara Mengatasi Sayangnya Pesan Telah Berhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Pesan Telah Berhenti – Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials! Kali ini Tengku akan membahas artikel mengenai masalah kesalahan pada aplikasi di Android nih, jika Anda adalah salah satu pengguna Android pasti tidak asing lagi dan pasti Anda pernah mengalami masalah ” sayangnya aplikasi telah berhenti ” saat Anda membuka dan menjalakan aplikasi tertentu, Ini disebabkan karena kesalahan aplikasi, nah biasanya masalah ini terjadi di hp samsung, oppo dan android lainnya, Tengku akan membahas cara mengatasi sayangnya pesan telah berhenti.
Tentunya menjadi masalah yang harus di cari cara mengatasinya, terkadang ada aplikasi yang terhenyi, seperti aplikasi pesan ( sms ) messenger, youtube, google play dan lain lain, biasanya masalah ini terjadi di Android, pasti sangat mengganggu jika sudah ada pesan ” sayangnya aplikasi telah berhenti ” yang berarti Anda tidak bisa membuka aplikasi yang berhenti tersebut.
Ternyata di hp samsung juga sering lho mengalamu masalah ini, ada pengguna hp samsung yang menanyakan bagaimana cara mengatasi pesan terhenti di hp samsung, ada juga pengguna oppo yang mengalami masalah pada aplikasi perpesanannya dengan meninggalkan pesan ” maaf pesan telah berhenti di oppo ” . Tengku Tutorials akan membahas cara mengatasinya untuk semua Android, jadi samsung, oppo, xiaomi bisa mengikuti cara ini.

Cara Mengatasi Sayangnya Pesan Telah Berhenti


Cara Mengatasi Sayangnya Pesan Telah Berhenti
Ada beberapa penyebab kenapa aplikasi pesan terhenti, dan juga ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini, ingat ya kawan, tutorial ini bisa dicoba disemua Android, jadi seperti yang Tengku katakan, hp oppo, samsung, xiaomi, Advan dan lain lain bisa mengikuti cara ini jika memang ada kesalahan aplikasi pesan yang berhenti.

1. Paksa Berhenti Aplikasi Pesan


Ada cara yang bisa Anda coba dan cara ini juga bisa berhasil, Anda boleh mencoba memberhentikan paksa aplikasi perpesanan yang terinstal di Android Anda, nah cara ini bertujuan untuk menyegarkan aplikasi perpesanan.
Untuk melakukan cara ini tidaklah sulit, untuk paksa berhenti aplikasi pesan Anda hanya perlu ke menu Pengaturan > Aplikasi > Pesan > Paksa Berhenti. Nah setelah di paksa berhenti, coba Anda buka kembali aplikasi pesan, apakah sudah bisa dibuka atau belum.

2. Clear Cache Aplikasi Pesan


Jika cara pertama masih belum berhasil mengatasi masalah pesan berhenti, Anda bisa mencoba cara kedua yaitu dengan menghapus cache aplikasi pesan, jadi setiap aplikasi pasti menyimpan file Cache, dan jika file sudah tersimpan banyak, bisa juga menjadi penyebab kesalahan aplikasi saat Anda menjalakan aplikasi, termasuk masalah sayangnya pesan telah berhenti.

3. Restart Perangkat


Restart adalah menyalakan ulang perangkat Android Anda dengan tujuan menyegarkan sistem Android agar kinerjanya semakin baik lagi, Restart disarankan ketika Anda sudah menyalakan Android dengan waktu lama, jika sudah lama tidak direstart, bisa menyebabkan Malfungsi sistem, atau kesalahan fungsi pada sistem, salah satunya masalah pada aplikasi yang terinstal di Android tersebut.

4. Ganti Aplikasi Pesan


Memang ada beberapa aplikasi yang terkadang mengalami kesalahan kesalahan yang biasa disebut Bug atau masalah yang tersimpan disebuah file, nah Anda bisa mencoba mengganti aplikasi pesan, Anda bisa mendownload di Google Play Store atau bisa minta ke teman yang memiliki Android sama seperti Anda, dan aplikasi pesannya juga sama.

5. Reactive Aplikasi Pesan


Cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengaktifkan aplikasi pesan, Cara ini sama saja menyegarkan aplikasi pesan dan bisa juga mengatasi sayangnya pesan telah berhenti. Caranya pertama Nonaktifkan aplikasi pesan , lalu Aktifkan kembali, ini yang dinamakan Mengaktifkan ulang sebuah aplikasi sistem termasuk perpesanan.

6. Factory Reset


Cara ini bisa dibilang cara yang rumit dan sedikit beresiko, oleh karena itu cara ini Tengku tulis bukan diurutan pertama, dengan factory reset bisa mengatasi masalah masalah pada Android Anda, namun yang harus Anda tahy, dengan factory reset ( pengaturan pabrik ) data yang tersimpan di penyimpanan internal Android Anda akan terhapus, jadi sebelum melalukan cara ini, jangan lupa Cadangkan data Anda terlebih dahulu.

7. Flashing


Ini cara yang terakhir dan cara yang Tengku bilang Beresiko Tapi Work, flashing adalah menginstal ulang sistem Android atau perangkat lainnya dengan sistem yang baru, dalam artian adalah mengganti sistem yang lama, cara ini cara paling ampuh untuk mengatasi sayangnya pesan telah berhenti, seperti factory resey, sebelum melakukan cara ini, jangan lupa cadangkan seluruh data Anda terlebih dahulu.
Baca Juga :
Intinya cara mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti cara yang Tengku berikan diatas, cara diatas bisa dicoba disemua Android, baik itu samsung, xiaomi, oppo dan lain lain yang mengalami pesan telah berhenti, Tengku yakin cara diatas bisa menjadi jalan keluar masalah aplikasi pada Android Anda.
Demikian artikel singkat yang bisa Tengku bagikan untuk Anda sebagai salah satu pembaca artikel di Tengku Tutorials Tips&Trik Android, jangan lupa baca artikel menarik lainnya disini, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *