7 Cara Promosi di Facebook yang Efektif agar Untung Banyak

Media spesial menjadi salah satu yang wajib dilakukan dalam kegiatan promosi, termasuk Facebook. Berbeda dengan cara offline, banyak hal yang harus diperhatikan ketika promosi online. Cara promosi di Facebook juga demikian, banyak hal yang harus dipelajari agar menghasilkan target market sesuai keinginan. Dengan demikian, tingkat penjualan semakin terbuka lebar dan keuntungannya pun semakin meningkat.

Media sosial Facebook menjadi yang paling favorit di kalangan pebisnis online. Bukan tanpa alasan, media sosial terbesar di dunia itu paling banyak pengguna aktifnya. Anggap saja sebagai pasar, Facebook lebih banyak dikunjungi daripada temapt lain. Rumus sederhana dari marketing yakni banyak pengunjung, kemungkinan besar banyak pembeli.

Meskipun demikian, cara atau strategi promosi tidak bisa dilakukan asal-asalan. Semua harus direncanakan terlebih dahulu, mulai dari riset pasar, konten promosi menarik, hingga waktu yang tepat memulai promosi. Supaya lebih jelas, kami telah merangkum beberapa kegiatan promosi yang berkaitan dengan Facebook.

Cara Promosi di Facebook yang Efektif

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan promosi dengan cara online lainnya, baik berupa media sosial, website, atau media iklan terpercaya. Berikut cara promosi di Facebook yang efektif, baik gratis maupun berbayar!

Kenali Target Audience

Kegiatan promosi dengan cara online tidak bisa lepas dari audience, dimana pengguna Facebook bisa dari berbagai kalangan. Kenali terlebih dahulu, atau lebih tepatnya tentukan siapa target audience anda.

Baca Juga : Daftar Franchise Minuman Modal 1 Juta dan Strategi Bisnisnya

Produk atau jasa yang anda tawarkan untuk anak-anak, orang dewasa, laki-laki atau perempuan? Selain itu, dimana lokasi target utama, atau demografi mereka? Semua harus jelas terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan cara riset kata kunci, baik langsung melalui Facebook atau tools lain yang menyediakan.

Belajar dari Kompetitor

Tempat belajar yang efektif selain mengikuti seminar atau pelatihan yaitu dengan cara langsung melihat kompetitor. Dalam hal media sosial Facebook, anda bisa mencari kompetitor dari produk atau jasa yang ditawarkan. Cari dari mereka yang mempunyai follower tinggi, jumlah komentar dan juga like.

Setelah itu, pelajari konten apa yang mereka buat, kapan di posting, intensitas dari postingan tersebut dan hal lain yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar anda tidak salah sasaran dalam hal menargetkan audience yang sudah ditentukan sebelumnya.

Cara Promosi Dengan Membuat Konten Iklan

Konten is the King, itulah yang harus anda perhatikan sebagai cara promosi di Facebook. Buat iklan yang simpel, menarik dan mudah dimengerti. Gunakan media pendukung seperti gambar atau video. Pastikan konten yang dibuat unik dan tidak sama dengan produk lain. Tidak masalah mencari atau mengambil ide yang sudah ada, namun tetap harus dimodifikasi sebelumnya.

Di media sosial Facebook, konten berupa gambar dengan caption merupakan pilihan terbaik. Buat slogan menarik sehingga dapat memancing audience untuk segera klik iklan yang anda pasang. Jangan lupa menyisipkan brand yang anda bangun agar suatu saat mudah dikenali, selain itu juga bisa menambah keunikan dari produk yang anda miliki.

Manfaatkan Fitur Facebook

Salah satu kelebihan Facebook yang tidak dimiliki media sosial lain yaitu dari fitur yang tersedia. Boleh dikatakan medsos yang di kembangkan oleh Mark Zuckerberg ini cukup lengkap dan selalu mengalami pembaruan. Berikut fitur terbaru FB dalam hal pemanfaatannya sebagai media promosi!

Baca Juga : Tips Jitu Menerapkan Instagram Marketing Untuk Bisnis Anda

  • Retargetting: Fitur ini berfungsi untuk menampilkan iklan dari audience yang sudah pernah mengunjungi situs anda.
  • Lookalike Audience: Berbeda dengan yang diatas, fitur Lookalike Audience berfungsi menargetkan audience baru dengan cara mengelompokkannya secara otomatis.
  • Conversion Tracking: Dapat mengetahui berapa jumlah pengunjung, siapa saja yang telah membeli produk yang anda jual melalui media iklan Facebook.
  • Custom Audience: Memungkinkan anda agar lebih tepat sasaran dengan cara memasukkan list email customer sebelumnya. Dengan demikian, produk baru yang anda jual nantinya, akan ditampilkan di beranda mereka.

Perhatikan Konversi

Tidak perlu berharap lebih ketika pertama membuat iklan, yang penting anda mendapatkan konversi dari kegiatan promosi sebelumnya. Konversi yang dimaksud yaitu data pengunjung secara detail, termasuk siapa saja yang membuka iklan dan juga melakukan pembelian. Bagian dari cara promosi di Facebook yang satu ini sangat penting perihal mendapatkan loyalitas konsumen.

Cara Promosi Dengan Jadwal Posting

Jangan sampai anda melakukan kesalahan yang sering dilakukan pemula, yaitu dengan cara posting konten tanpa memperhatikan waktu, alias sembarangan. Target audience merupakan faktor penting dalam hal menentukan waktu posting. Sebagai contoh target utama dari kalangan ibu rumah tangga, pastikan untuk tidak membuat posting pada pagi dan sore hari.

Rekomendasi : 5 Alasan Mengapa Sosial Media Marketing Penting Untuk Bisnis Anda

Komunikasi

Terdapat fitur komentar di setiap posting yang anda mulai, artinya anda harus siap melakukan komunikasi dengan audience. Jangan biarkan mereka menunggu lama atas jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Bangun komunikasi yang baik dengan audience untuk mendapatkan target penjualan tinggi. Audience yang merasa diabaikan, dipastikan akan hengkang dari posting yang anda buat.

Penutup

Penting diingat meskipun konten menarik dan waktu posting masuk kedalam salah satu faktor penting sebagai cara promosi di Facebook. Sebaiknya tetap memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku. Kebanyakan pemula mengalami masalah dari akun yang di banned karena dianggap melakukan spamming.

Tinggalkan komentar