7 Cara Promosi Makanan di Whatsapp yang Efektif

Bisnis online semakin menjalar seiring dengan perkembangan teknologi yang juga semakin pesat. Promosi makanan melalui Whatsapp bukan tidak mungkin dilakukan. Banyak fitur dari aplikasi pesan online yang mendukung untuk aktivitas tersebut. Namun sebelumnya, anda perlu mengetahui bagaimana cara promosi makanan di Whatsapp sesuai ketentuan dan etika bisnis yang berlaku.

Hingga saat ini, aplikasi yang sudah di akuisisi oleh Facebook tersebut sudah digunakan lebih ari 7 miliar pengguna ponsel pintar. 5 miliar lebih dari pengguna Android, sisanya merupakan pengguna iPhone. Dari banyaknya pengguna tersebut, potensi untuk meraup keuntungan besar dari promosi melalui Wahtsapp bisa sangat memungkinkan.

Baca juga : 7 Cara Promosi di Facebook yang Efektif agar Untung Banyak

Seperti yang diketahui, promosi merupakan jantung dari kehidupan bisnis. Tanpa melakukan promosi, bisnis yang dijalankan tidak akan berjalan seperti apa yang diharapkan. Solusi praktis dan efektif menjaring konsumen makanan yaitu dengan cara online, seperti halnya menggunakan Whatsapp. Mengenai strategi dan tips yang dari promosi yang dimaksud, kami bahas pada bab berikutnya.

Cara Promosi Makanan di Whatsapp

Fungsi Whatsapp saat ini bukan hanya sebagai aplikasi pesan online, melainkan lebih dari itu. Banyak pelaku bisnis, termasuk makanan, yang menggunakannya sebagai media promosi, dan terbukti sangat efektif. Namun tetap saja anda memperhatikan beberapa cara promosi makanan di Whatsapp berikut!

Buat Nomor Khusus

Memisahkan antara nomor bisnis dan pribadi sangat penting untuk keberhasilan promosi. Bayangkan jika anda mencampurnya, kemudian membuat status yang menurut konsumen kurang layak, bisa jadi mereka meninggalkan semua status promosi yang anda buat.

Seperti pepatah, nila setitik rusak susu sebelanga, jangan sampai hal itu terjadi pada bisnis kuliner yang anda jalankan. Membuat nomor yang berbeda menjadi alternatif yang paling jitu. Selain alasan tersebut, anda juga bisa mengelompokkan nomor pelanggan sesuai yang digunakan untuk nomor bisnis.

Sering Update Status

Status merupakan fitur Whatsapp yang paling sering digunakan, baik pribadi maupun untuk promosi. Manfaatkan fitur gratis terebut sebagai cara promosi makanan di Whatsapp. Cara ini sebenarnya sudah banyak dilakukan pelaku bisnis online, tujuan awalnya untuk mengenalkan apa yang dijual.

Baca juga : Tips Jitu Menerapkan Instagram Marketing Untuk Bisnis Anda

Semakin sering anda membuat status, semakin besar kemungkinan untuk dikenal calon konsumen. Namun ingat, harus tetap memperhatikan etika bisnis. Artinya anda tidak boleh melakukannya secara bar-bar. Beri jeda waktu, yang penting rutin setiap hari. Update status dalam rentang waktu yang sama membuat audience bingung mau melihat yang mana.

Buat Konten Menarik Untuk Promosi Makanan di Whatsapp

Apapun yang anda promosikan, harus melalui konten, baik berupa tulisan maupun gambar. Bisnis kuliner atau makanan lebih menarik dipromosikan dengan cara membuat gambar menarik. Anda bisa mendesain makanan tersebut sebagus mungkin, kemudian di foto dari sudut yang pas.

Informasi dari konten yang dibuat juga harus lengkap, misalnya harga, nomor kontak yang bisa dihubungi, juga paket yang disediakan. Gunakan caption menarik, cara membuat kata kata promosi di WA juga sangat menentukan konsumen untuk membuat keputusan.

Tampilkan Katalog

Jika anda menjual lebih dari satu produk makanan, sebaiknya buat katalog yang berisi menu lengkap. Katalog sangat membantu konsumen dan anda sendiri sebagai pelaku usaha. Sebagai contoh untuk calon pembeli, mereka tidak perlu lagi menanyakan hal yang tidak penting yang sudah ada di daftar katalog.

Sebaliknya, dari pihak penjual juga menguntungkan karena tidak banyak pertanyaan yang masuk. Oleh sebab itu sebaiknya lengkapi katalog dengan nama paket, harga dan apa yang didapatkan konsumen nantinya sebagai cara promosi makanan di Whatsapp yang efektif. Jika perlu, cantumkan diskon jika memang tersedia.

Penawaran Diskon

Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata ‘diskon’? Minimal anda mencari tau lebih lanjut tentang hal itu bukan? Oleh sebab itu, sering berikan diskon kepada pembeli, terutama bagi pembeli lama. Pemberian diskon juga harus dihitung apakah masih mendapatkan keuntungan atau tidak.

Baca juga : Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Mudah

Pemberian diskon yang baik bisa dilakukan menentukan hari khusus. Dengan demikian, pelanggan akan menunggu hari-hari tersebut dan segera membelinya jika kesempatan datang.

Pesan Siaran Untuk Promosi Makanan di Whatsapp

Selain fitur status, fitur broadcast (pesan siaran) juga patut anda coba. Fitur yang satu ini sebenarnya sama halnya ketika anda memulai obrolan dengan kontak yang tersimpan. Hanya saja, anda bisa melakukannya secara bersamaan dari daftar kontak yang ada.

Berbeda dengan grup, antara satu penerima dengan penerima lain tidak saling berkaitan. Maksudnya, setiap penerima pesan tidak akan mengetahui jika telah membalas pesan siaran tersebut.

Buat Grup Khusus

Fungsi grup sangat penting untuk promosi makanan yang anda jual. Dalam satu kali pengiriman promosi, semua kontak yang ada di dalam grup tersebut bisa langsung membacanya. Biasanya mereka langsung membalas di grup tersebut jika ada salah satu yang diminati. Sifatnya memang terbuka, tetapi tidak masalah karena yang anda jual bukan merupakan barang yang bersifat privasi.

Rekomendasi : 5 Alasan Mengapa Sosial Media Marketing Penting Untuk Bisnis Anda

Membuat grup khusus tidak boleh sembarangan, anda harus mengumpulkan kontak yang benar-benar berpotensi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara riset terlebih dahulu. Pastikan kebanyakan penghuni grup yang dibuat tersebut dari kalangan ibu-ibu yang pada dasarnya memang suka belanja.

Penutup

Demikianlah beberapa cara promosi makanan di Whatsapp yang efektif dan mudah dilakukan. Perlu diingat, anda harus tetap memperhatikan etika bisnis dalam hal promosi. Jangan sampai promosi yang anda lakukan justru mengganggu calon konsumen.

Tinggalkan komentar