Alur Logika Pemrograman Komputer Pada Pemrograman Dasar

3 min read

Pembahasan tentang alur logika pemrograman dalam pemrograman dasar

Alur Logika Pemrograman – Selamat datang di kelas RPL, kedepannya teman teman semua akan memahami banyak hal yang berkaitan dengan pemrograman, karena hal tersebut anda harus benar benar memahami alur dari pemrogramn komputer tersebut.

Di materi pertama Pemrograman Dasar teman teman akan menerima materi seperti judul diatas, sebelum masuk kesana teman teman harus tahu terlebih dahulu apa itu pemrograman dasar.

Pemrograman Dasar adalah materi yang mempelajari bahsa pemrograman yang sangat dasar, dengan logika yang mana sintak-sintaknya di bersifat universal dan lebih mengedepankan pembentukan pola pikir peserta didik tentang bagaimana membuat sebuah program yang efekti dan efisien.

Dengan menguasai dasarnya dari algoritma di harapkan pola pikir peserta didik tentang bagaimana menyelesaikan masalah nyata dalam bentuk rangkaian langkah-langkah algoritma dan menyajikannya dalam bentuk bahasa natural, pseudocode dan flowchart.

Dalam Pemrograman dasar teman teman juga dikenalkan struktur percabangan dan perulangan yang sering muncul dalam masalah pemrograman komputer.

Seperti yang sudah anda ketahui perkembangan teknologi saat ini berjalan sangat cepat, terutama teknologi informasi dan komunikasi. Kebutuhan akan akses dan pengolahan informasi menjadi satu kebutuhan masyarakat modern saat ini.

Sebagai contoh kita bisa melihat semua layanan yang di berikan pemerintah, swasta, perusahaan, toko dan sebagainya sudah memanfaatkan teknologi, baik dalam bentuk program aplikasi komputer, web, mobile dan sebagainya.

Program-program komputer ini sangat membantu baik penyedia layanan, maupun masyarakat sebagai pihak konsumen, karena pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah. Tentunya anda pasti merasakannya bukan.

Kalian bisa membayangkan, bagaimana jika sebuah supermarket tanpa dilengkapi dengan aplikasi kasir. Masih ingat dulu orang tua kamu belanja kemudian baca struk atau nota belanjanya pake kertas biasa, iya itu toko yang belum memakai teknologi modern.

Satu persatu barang harus dilengkapi harganya, kasir harus menghitung semua belanjannya dengan kalkulator, jika pelanggan membeli barang satu troli penuh, berapa lama waktu yang diperlukan untuk, melayani satu pembeli? Tentu ini akan menghabiskan tenaga dan waktu yang banyak.

Dengan adanya aplikasi kasir lengkap dengan barcode reader semua menjadi sangat mudah dan cepat. Pelanggan pun tidak perlu lama-lama menunggu dan mengantri.

Aplikasi komputer tersebut dibuat dengan software-softwrae pengembangan aplikasi seperti Java, Visual basic, Delphi, dan sebagainya.

Dalam pembuatan sebuah aplikasi, pengembang software harus terlebih dahulu mengenali permasalahan dan tujuan aplikasi, untuk kemudian menyusun solusi permasalahan dalam bentuk langkah-langkah yang disebut dengan algoritma, kemudian menuangkannya dalam kode-kode pemrograman sesuai dengan teknologi yang digunakan apakah Java, VB, Delphi atau yang lain.

Alur Logika Pemrograman

Dalam alur logika pemrograman juga kita akan belajar lebih komplek lagi, kita benar benar akan membahas tentang step by step bagaiaman cara menyelesaikan sesuatu dengan berfikir secara logika.

Ok sebagai permulaan mari kita simak langkah langkah dalam menyerahkan tugas di Google Classroom :

Menyerahkan tugas kuis Google Classroom

  1. Buka classroom.google.com, lalu klik Login. Login dengan Akun Google. …
  2. Klik kelas. Tugas Kelas.
  3. Klik tugas. Lihat tugas.
  4. Klik formulir dan jawab pertanyaannya.
  5. Klik Kirim. …
  6. Jika ada lagi yang harus dikerjakan untuk tugas tersebut, klik Buka tugas. Sumber : suport.google.com

Menghitung Volume Balok

  1. Masukan Panjang Balok
  2. Masukan Lebar Balok
  3. Masukan Tinggi Balok
  4. Menghitung volume balok dengan cara panjang x lebar x tinggi
  5. hasilnya

Dari 2 contoh diatas kita bisa menyimpulkan hal tersebut adalah sebuah algoritma, pahami terlebih dahulu ya langkah langkah tersebut.

Ok saya harap teman teman sudah memahami step by step dari contoh di atas, bisa disumpulkan Algoritma adalah sebuah kumpulan langkah langkah atau urutan untuk mencapai tujuan atau hasil yang di harapkan.

Langkah-langkah atau proses ini tentu harus dapat dituliskan dengan jelas dan urut sehingga siapapun yang mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar pasti hasilnya akan sama. Inilah inti dari apa yang disebut dengan ALGORITMA.

Berikut ini penjelasan secara detail mengenai apa itu algoritma dan bagimana strukturnya.

Definisi Algoritma

Dilihat dari istilahnya algoritma, berasal dari nama seorang matematikawan muslim bernama Abu Ja‟far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (780 M-850), yang oleh orang barat menyebut Al- Khuwarizm sebagai Algorism, yang diartikan proses menghitung dengan angka arab.

Abu Ja‟far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (780 M-850)

Salah satu karya beliau yang monumental adalah buku berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction), yang menjadi cikal bakal istilah “Aljabar” (Algebra) yang dipakai hingga sekarang ini.

Seiring dengan perkembangan jaman isitilah „Algorism‟ berubah menjadi algorithm yang kemudian diartikan sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma. Sumber : wikipedia

Menurut definisi, algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Dalam beberapa konteks, algoritma dapat diartikan urutan langkah-langkah yang spesifik (tertentu) untuk melakukan suatu pekerjaan. 

Stuktur Algoritma

Jadi inti dari algoritma adalah menemukan solusi dari suatu permasalahan.

Untuk menyelesaikan sebuah masalah, algoritma membutuhkan input atau masukan sesuai yang diperlukan, memprosesnnya melalui serangkaian langkah-langkah dan menghasilkan output sebagai solusi dari permsalahan.

Berikut gambar tentang Struktur Algoritma :

Mari simpulkan apa itu Algoritma :

Algoritma adalah urutan langkah langkah logi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.

Program adalah kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa softwere.

Algoritma Pemrograman merupakan langkah-langkah tersetruktur yang tepat dan terperinci yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam proses perancangan sebuah program komputer

Bahasa pemrograman yang  berarti  bahasa  yang digunakan dalam pembuatan program komputer. contoh bahasa pemrograman : C, C++, Pascal, Phyton, Qbasic, Visual Basic, Java, PHP. dll 

Baca Juga : Ini Dia Peluang Kerja Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Yang Harus Anda Ketahui

Contoh Algoritma :

Algoritma memasak mie instan prosesnya adalah : Memanaskan air, membuka pembungkus mie instant (tentunya), memasukkan mie ke dalam air, taruh bumbu di piring, angkat mie jika sudah masak, campurkan dengan bumbu yang sudah ada di piring dengan mie.

Bagaimana sudah bosan dalam membaca materi Alur Logika Pemrograman Pada Pemrograman Dasar.

Untuk menghilangkan penat, saya beri tugas ya !

Tugas !

Silahkan cari contoh tentang algoritma dalam kehidupan sehari hari ! (contoh : cara topup diamond di codashop, cara bermain game “Cacing”, dsb.

Jawaban tugas bisa di post di kolom komentar di artikel ini ya ! saya tunggu jawabannya

12 Replies to “Alur Logika Pemrograman Komputer Pada Pemrograman Dasar”

  1. Algoritma membuat es teh prosesnya adalah: masukan gula,lalu teh kedalam gelas, masukkan air, aduk aduk sampai larut dan masukkan es.

  2. Jawaban:_instal aplikasi melalui playstore,berobat kerumah sakit bagi peserta BPJS, menonton film di bioskop, mengambil uang tunai DIATM, memasak mei instan, memesan makanan pada layanan ojek online.

  3. Mengirim E-mail
    1.Login ke situs layanan email
    2.Pilih tulis email (pesan baru)
    3.Masukkan email tujuan,subjek
    dan isi email
    4.Klik tombol kirim

  4. Algoritma membuat telur mata sapi:
    1.Siapkan alat dan bahan(telur,garam,minyak goreng,spatula,wajan,kompor )
    2.letakan wajan diatas kompor
    3.Masukan minyak goreng kedalam wajan
    4.Nyalakan kompor
    5.Buka telur
    6.Masukan kedalam wajan
    7.Tambahkan garam secukupnya
    8.Jika sudah matang angkat dan tiriskan
    9.Telur mata sapi siap disajikan.

  5. Algoritma membuat nasi goreng prosesnya adalah:
    -Siapkan nasi,dan bumbu
    -Hakuskan bumbu
    -Hidupkan kompor dgn api yg sedang
    -Letakan wajan diatas kompor
    -Masukan minyak secukupnya
    -Masukan bumbu yg sudah dihaluskan tadi,tumis hingga harum
    -Masukan nasi,aduk hingga rata
    -Masukan toping sesuai selera misal,sosis,bakso,ayam dan yg lainya
    -Masukan saos,garam,dan kecap,Aduk hingga rata
    -Dicoba rasanyaa
    -Jika sudah pas,angkat dan tiriskan di piring

  6. Algoritma membuat akun instagram dari aplikasi :
    1. unduh aplikasi dari app store(iPhone) atau google play store(Android)
    2. setelah aplikasi terinstal,ketuk aplikasi untuk membukanya
    3. Ketuk daftar dengan email atau no telepon,buat akun baru. Lalu masukkan alamat email atau no telepon (kode konfirmasi) lalu ketuk berikutnya.
    4. Setelah selesai lengkapi akun profil agar teman mudah menemukan bahwa itu kamu.
    Dan jangan lupa follow temen yang kamu kenal.
    5. Sekian dan terimakasih
    .. mohon maaf bila kurang baik dan benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *