Mengatasi Android Selalu Masuk Recovery Mode? Solusinya

Mengatasi android yang selalu masuk ke recovery mode

Android selalu masuk recovery mode sering dialami oleh beberapa orang khususnya adalah pengguna ponsel canggih Android, fungsi dari recovery mode sendiri adalah tempat menginstal custom rom dan file berbentuk zip

Bukan cuma itu saja Recovery mode adalah untuk reboot, factory reset, bootloader dan masih banyak kegunaan lainnya, tapi banyak yang mengalami masalah ketika ponsel dinyalakan tetapi langsung masuk  ke recovery mode atau twrp.

Lalu bagaimana solusi dan cara mengatasinya?  

Menjadi masalah yang besar jika setiap Anda menghidupkan Android tetapi bukannya malah booting ke menu eh ini malah selelau masuk recovery mode padahal tidak ditekan apa apa selain tombol power,

Kenapa bisa dikatakan masalah besar? Jika Android selalu masuk twrp maka Anda tidak akan masuk ke menu utama dan tidak akan bisa menggunakan Android tersebut sebelum keluar dari recovery mode bukan?  

Android Selalu Masuk Recovery Mode
Mengatasi

Tidak hanya recovery mode bawaan saja  terkadang masalah lainnya adalah selalu masuk twrp atau Team Win Recovery Project hampir sama dengan cwm.

Baca : Ingin Beli Hp Bekas, Cek Kode Ini Agar Tidak Di Tipu

CWM atau Clock Word Mod, yang fungsinya tempat menginstal file zip seperti custom rom, atau yang lainnya serta bisa juga melakukan reset ulang melalui twrp dan cwm.

Namun untuk ini Anda harus menginstal custom recovery yang cocok untuk Android Anda.   Jika Anda menanyakan apa sih penyebab android selalu masuk recovery mode itu bisa terjadi?

Sebenarnya ada dua penyebab umum yang menjadi salah satu penyebab kenapa Android selalu masuk recovery mode penyebabnya sih gak disangka sangka dan mungkin Anda tidak menyadarinya.

Disini Admin akan memberitahu dua penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah Android ini, lalu apa sajakah itu? Yuk baca artikel ini sampai selesai.  

Android Selalu Masuk Recovery Mode? Ini Solusinya

  Ada beberapa penyebab dan solusi yang harus Anda ketahui agar Android bisa booting secara normal lagi tanpa ada masalah booting lainnya.  

1. Tombol Volume Error/Rusak

Tanpa disadari, penyebab utamanya adalah karena kerusakan pada tombol volume Android Anda, kenapa bisa rusak? Ada yang menyebabkan kenapa tombol volume rusak.

Seperti terkena air, terlalu sering digunakan sehingga tombol tidak dapat terhubung dengan sempurna, atau terlalu sering ditekan yang menyebabkan tombol terus terhubung dan dalam kondisi tertekan.  

Lalu apa hubungannya tombol volume rusak dengan android yang selalu masuk ke recovery mode? Tentunya ada hubungannya, apakah Anda tahu ketika ingin masuk menu recovery maka harus menggunakan tombol power dan volume yang ditekan secara bersamaan sehingga masuk  ke twrp atau cwm hp Android Anda.

Jika tombol error rusak, ketika Anda menyalakan Android maka otomatis masuk recovery mode karena tombol volumenya error.   Lalu bagaimana solusinya?  

Coba Anda periksa apakah benar ada kerusakan pada tombol volume atau tidak, salah satu tanda rusaknya tombol adalah ketika ditekan keras, yang menyebabkan kerusakan dan akhirnya tidak bisa berfungsi atau terus dalam keadaan ditekan walaupun tidak ditekan, lalu coba Anda periksa ke service center Android untuk memastikan apa penyebab utamanya.  

2. Firmware Android Error

Apakah Anda mengalami masalah ini setelah mengganti custom rom atau menginstal file zip tertentu via recovery mode? Jika iya, ini bisa jadi penyebab kerusakan firmware Android yang menyebabkan error pada saat proses booting berlangsung.  

Admin juga pernah dua kali mengalami masalah yang sama seperti ini, ketika dicek tombol volumenya dan ternyata baik baik saja ( tidak error ) Admin langsung curiga karena firmware yang rusak dan mencoba untuk Flashing Android dan akhirnya tidak lagi selalu masuk recovery mode.  

Jadi jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara yang ampuh ini yaitu dengan melakukan flashing ulang atau instal ulang software dengan yang baru, karena kemungkinan besar penyebabnya adalah karena software Android yang error, terkena virus atau yang lainnya.  

Ada banyak cara untuk flashing agar proses bootloading berjalan dengan sempurna, jika untuk Android samsung bisa menggunakan Tools yang bernama ODIN khusus untuk flashing berbagai merel hp samsung original.

Jika untuk Spreadrum bisa menggunakan  tools flashing yang khusus untuk spreadrum saja, dan untuk mediatek sudah banyal tools yang bisa Anda gunakan, caranya yang pasti via PC, dan jika Anda tidak punya pc bisa menggunakan jasa flashing orang lain dan pastinya bergaransi.   Baca Juga:

Demikianlah artikel yang Admin buat pada pagi hari dengan judul Android selalu masuk recovery mode dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar Android hanya website Inovatifku.com. Sekian dan Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *