Apa Itu Busybox? – Pengertian Dan Kegunaan Busybox

Apa Itu Busybox? – Pengertian Dan Kegunaan BusyboxHallo kawan! Tidak berhenti berhentinya Tengku Tutorials selalu membuat artikel terbaru dan sangat bermanfaat untuk Anda. Yang akan dibahas sekarang ini adalah pengertian aplikasi busybox Android, banyak yang belum mengetahui dan banyak yang menanyakan Apa Itu Busybox? Apakah penting untuk Android? Nah untuk mengetahui lebih jelasnya maka akan Admin bahas disini, mulai dari pengertian dan kegunaan Busybox.
Banyak yang belum tahu kegunaan dari aplikasi Android yang satu ini, tapi banyak juga yang sudah menginstal di ponselnya, ntah karena ingin melakukan sesuatu yang membutuhkan aplikasi busybox atau karena saran dari teman dan Anda langsung mendownloadnya tetapi tidak tahu apa kegunaannya untuk Android? Jika Anda tidak tahu, lalu bagaimana jika ingin menggunakannya? Nah disini Admin sudah membuat panduan mengenai aplikasi Busybox.
Sebenarnya banyak sekali asalan kenapa Android harus dilengkapi dengan aplikasi yang satu ini, khususnya bagi Anda yang senang memodifikasi sistem Android maka sangat wajib untuk menginstallnya karena ini sudah tidak asing lagi bagi orang yang senang memodifikasi Android, bagi Anda yang baru ingin belajar, maka Admin sudah membuat artikel mengenai Apa Itu Busybox dan kegunannya.

Apa Itu Busybox? – Pengertian Dan Kegunaannya

Sebenarnya ada beberapa pengertian dari beberapa ahli, namun Admin rangkum menjadi beberapa paragraf saja dan langsung mengambil ke intinya biar nggak terlalu panjang dan mudah untuk dimengerti.
Busybox memungkinkan kita atau program sistem untuk melakukan sebuah aktivitas pada perangkat ponsel Android yang melewati perintah Linux ( ditambah dari Unix ) pada intinya, Android adalah sebuah Operating System ( OS ) Linux khusus dengan Java dalvik ( kompatibel ) yang berguna untuk menjalankan sebuah program yang sudah diperintahkan. Kernel Android adalah terbentuk dari hasil modifikasi kernel linux ( ini menjadi salah satu penyebab kenapa kernel Android harus selalu Open Source ), pada dasarnya Busybox memberikan fungsi ke ponsel Android Anda yang tidak memiliki itu.
Jadi kesimpulannya adalah perintah yang sudah kita masukan sebelumnya maka akan diakses oleh aplikasi yang membutuhkannya agar bisa lebih bekerja secara maksimal lagi, nah aplikasi ini bisa di instal di Android yang sudah mendapatkan hak akses root ataupun yang belum diroot tetapi berbeda developernya.

Cara Install Aplikasi Busybox di Android

Setelah mengetahui pengertiannya, sebaiknya kita juga mengetahui bagaimana cara pemasangannya, sebenarnya sangatlah mudah dan sudah Admin berikan langkah langkahnya dibawah ini :
1. Pertama, Download aplikasi Busybox untuk Android, Link downloadnya sudah Admin sediakan dibawah ini:
2. Jika sudah terdownload, maka instal dan buka aplikasi Busybox.
3. Pada saat dibuka maka akan ada 2 pilihan, yaitu ” Install ” dan ” Uninstall ” maka Anda harus klik ” Install “
Apa Itu Busybox
4. Tunggu proses pemasangannya sampai selesai.
Bagaimana cara pemasangannya? Sangat mudah dan simple bukan? Nah sebenarnya jika ingin menggunakan aplikasi ini maka Anda harus membutuhkan aplikasi tambahan lainnya untuk mengecek semua perintah yang sudah ditambahkan dengan menggunakan aplikasi terminal emulator yang bisa Anda download secara gratis di Playstore.
Untuk mengecek apakah aplikasi busybox sudah benar benar terinstal di Android Anda, maka bisa di cek melalui aplikasi yang sudah Admin sebutkan tadi, yaitu Terminal Emulator For Android, berikut cara mengeceknya:

Cara Memastikan Apakah Aplikasi Busybox Sudah Terinstal Dengan Benar Atau Belum

1. Pertama, Download aplikasi Terminal Emulator. Link downloadnya sudah Admin sediakan dibawah ini:
2. Kedua, install dan buka aplikasi Terminal Emulator.
3. Lalu ketik perintah dengan tulisan ” su ” ( huruf kecil ) lalu klik ” Enter “
4. Lalu masukkan lagi perintah dengan tulisan ” busybox ” ( huruf kecil ) lalu klik ” Enter “
5. Jika benar benar sudah terinstal, maka akan ada list program seperti gambar dibawah ini :
Apa Itu Busybox
Cuman-android.blogspot.com

Note : Jika muncul pesan ” sh: busybox : not found ” itu berarti belum benar benar terinstal dan coba ulangi cara pemasangannya seperti tutorial yang Admin berikan sebelumnya.

Admin rasa sudah cukup artikel mengenai Apa Itu Busybox?- Pengertian Dan Kegunaan Busybox, jadi intinya aplikasi ini bisa sangat penting dan bisa juga nggal penting, ini tergantung kebutuhan Anda. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di Blog Tengku Tutorials! Dan terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *