Apa Itu Cloudflare? Apa Manfaat dan Fungsinya?

Pernah atau mungkin mendengar tentang Cloudflare? Jika anda pemula pasti bertanya-tanya apa itu Cloudflare. Saat menggunakan dan mengelola situs web tentunya keamanan dan kecepatan perlu diperhatikan. Cloudflare sendiri bisa digunakan untuk memenuhi dua kebutuhan tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam tentang Cloudflare sebaiknya terlebih dahulu jika memahami Content Delivery Network (CDN).

Apa itu Content Delivery Network (CDN)?

Content Delivery Network atau CDN merupakan sekumpulan server yang ditempatkan di berbagai wilayah dan negara. CDN bertanggung jawab untuk pengiriman konten dalam jaringan internet. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan CDN, misalnya saat belanja online, bermain media sosial, game online, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja CDN?

CDN ini menjadikan semua sisi di belahan dunia saling terhubung tanpa adanya jarak. CDN mempunyai lokasi penyimpanan berkas situs web. Saat Anda mengakses situs web maka lokasi penyimpanan terdekat akan mengirimkan konten.  Dengan menggunakan sistem peyebaran delivey ke berbagai wilayah membuat website lebih cepat diakses dan mengurangi loading pada halaman pengunjung situs web.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare merupakan CDN yang memiliki fitur lebih berkualitas dari dari CDN. Server Cloudflare tersebar di berbagai wilayah negara sehingga lebih cepat menghubungkan pengunjung dengan server website. Hal ini yang menjadikan Cloudflare diincar banyak pemilik situs.

Cloudflare sendiri sebagai penghubung antara pengunjung dengan website, jika sebuah website tidak memiliki penghubung maka akan rentan terhadap serangan pengunjung website. Dalam hal ini pengunjung website terbagi menjadi:

  1. Visitor, pengunjung berupa manusia.
  2. Perayap dan robot, pengunjung berupa program yang dapat memindai halaman website.
  3. Attackers, pengunjung dengan tujuan penyerangan terhadap website.

Dengan menggunakan Cloudflare website Anda dapat terlindungi dari berbagai serangan pengunjung wesite. Tidak hanya itu, jika dibangkan dengan CDN yang sudah umum layanan Cloudflare lebih bermanfaat dan berguna. Berikut beberapa fasilitas yang bisa didapat dari penggunaan Cloudflare, antara lain network gateaway antara protocol, analisis untuk semua request yang dibuat ke website, mitigasi serangan DDoS, instalasi sertifikat SSL yang lebih mudah.

Fungsi Cloudflare

Layanan Cloudflare akan memaksimalkan kinerja situs web. Selain itu masih banyak manfaat dan fungsinya, berikut fungsi lain dari apa itu Cloudflare:

Rekomendasi : Tips Jitu Agar Blog Atau Website Di Terima Google Adsense Dengan Mudah

  1. Mempercepat Kinerja

Semua aktifitas yang masuk ke website akan disaring oleh Cloudflare dan akan lebih cepat diakses, jika Anda menggunakan layanan Cloudflare. Hal ini disebabkan penggunaan Cloudflare pada website, namaserver secara otomatis akan mengikuti dari Cloudflare.

  • Mengarahkan Visitors ke Koneksi Tercepat

Clounflare akan mengarahkan visitors ke koneksi terdekat, sehingga visitors dapat mengakses situs web dengan koneksi dua kali lebih cepat. Tentunya visitors akan lebih menikmatinya jika dibandingkan tidak menggunakan layanan Cloudflare.

  • Mendeteksi Bahaya pada Website

Sebelum membuka website pengunjung akan diminta akses dan Cloudflare akan menganalisis IP, resource yang diakses, dan seberapa sering melakukan akses pada website Anda. Apabila terdeteksi sebuah ancaman Cloudflare akan memblokirnya.

  • Sebagai Cache Konten Statis

Cloudflare berfungsi sebagai berkas penyimpanan sementara konten statis website, misalnya JavaScript, gambar, CSS, dan lain-lain.

  • Browsing dengan Mode Offline

Saat hosting terganggu Cloudflare akan menyimpan halaman situs web dalam cache. Hal ini akan berlangsung sampai koneksi tersambung kembali.

  • Meminimalisir Website dari Spam

Ketika Anda mendapat spam komentar tak jarang sebagian orang akan merasa terganggu. Cloudflare memiliki solusi mengurangi spam komentar dengan memanfaatkan pihak ketiga.

  • Laporan Visitors

Layanan Cloudflare dapat menampilkan visitors pada website Anda. Pengunjung tersebut dapat berupa manusia, robot, atau ancaman.

  • Peringatan pada Visitors jika Komputer terkena Virus

Saat komputer visitors terkena virus Cloudflare akan memberikan peringatan dan menyarankan untuk membersihkannya. Visitors dapat mengakses website Anda kembali dengan mengisi CAPTCHA.

Bagaimana Cara Menggunakan apa itu cloudflare?

Setelah mempelajari dan mengetahui pengertian dan fungsi Cloudflare, mungkin Anda tertarik menggunakan layanannya pada website Anda. Jika Anda ingin menggunakan apa itu cloudflare alangkah baiknya, jika Anda mengetahui terlebih dahulu cara pengaturan penggunaannya. Langkah pengaturan pada Cloudflare sebagai berikut:

Rekomendasi anda : Cara Meningkatkan Penghasilan Google Adsense (Lengkap)

  1. Silakan kunjungi website resmi Cloudflare di www.cloudflare.com
  2. Untuk pendaftaran klik sign up, masukknya email dan password sesuai keinginan
  3. Selanjutnya klik continue
  4. Masukkan nama domain, kemudian klik Add website
  5. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk pengambilan DNS dan konten dari website. Pengambilan ini akan disertakan pada CDN milik Cloudflare. Silakan tunggu sampai prosesnya selesai.
  6. Setelah prosesnya selesai tampilan akan berubah. Kemudian klik continue untuk proses selanjutnya.
  7. Anda akan memasuki halaman pengaturan DNS dari domain yang sudah Anda buat. Pada laman terdapat 2 gambar awan berbeda warna, oranye dan abu-abu. Awan abu-abu berarti melewati server awal milik hosting domain yang didaftarkan, sedangkan awan oranye memiliki arti DNS dai domain yang didaftarkan akan melewati server CDN Cloudflare.
  8. Berikutnya akan muncul halaman pengaturan DNS. Jika ingin melalui layanan Cloudflare Anda dapat menambhkan DNS baru.
  9. Selanjutnya Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa memilih layanan gratis, biasanya pendaftar akan diberi saran memilih tingkat keamanan medium.
  10. Pada halaman berikutnya silakan Anda update nama server dari domain menjadi nama server dari Cloudflare.
  11. Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan maka pendaftaran layanan Cloudflare berhasil.

Anda sudah mempelajari apa itu Cloudflare, fungsi, serta cara penggunaannya, jika Anda merasa layanan Cloudflare sesuai dengan kebutuhan Anda yang memiliki situs web silakan mengikuti langkah di atas.

Layanan Integrasi Cloudflare

Cloudflare juga menyediakan layanan integrasi yang bertujuan untuk menyediakan layanan yang dapat meningkatkan keamanan dan kinerja system yang menggunakannya.

Setelah mengetahui informasi mengenai Cloudflare di atas sangat menarik bukan jika layanan Cloudflare diterapkan pada situs web Anda dan menjadi solusi permasalahan yang Anda alami selama ini. Dari penjelasan di atas Anda sudah memiliki gambaran berbagai manfaat dari layanan Cloundflare dan cara pemakaiannya pun tidak sulit.

Anda dapat membandingkan sebelum dan sesudah penggunaan layanan Cloudflare pada situs web Anda. Jika dirasa Anda tidak nyaman dan mengalami penurunan kinerja pada wesite, Anda dapat melepas penggunaan Cloudflare sewaktu-waktu. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mecoba menggunakan Cloudflare yang memiliki segudang manfaat serta kemudahan dalam pemakaiannya.

Bagi Anda yang membuhkan layanan hosting website dengan akses koneksi yang lebih cepat, apa itu cloudflare menyediakan layanan yang tidak tangung dengan kapasitas yang begitu besar.

Tinggalkan komentar