Cara Ampuh Mengatasi Autentikasi Google Play Store

1 min read

Autentikasi Google Play Store

Mungkin beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan masalah Autentikasi google play store, dimana jika masalah ini tidak segera diatasi maka Anda akan kesulitan untuk mengakses dan mendownload aplikasi atau game yang ada di playstore.

Autentikasi singkatnya tidak jauh berbeda dengan verifikasi, sudah menjadi rahasia umum bahwa akun google memiliki tingkat keamanan yang cukup ketat, sehingga ketika ingin login pun terkadang dibutuhkan beberapa verifikasi sebagai bukti bahwa Anda memang benar pemilik akun tersebut.

Masalah autentikasi google playstore biasanya terjadi ketika Anda ingin mendownload game atau aplikasi, sebelum masalah ini diatasi maka sementara waktu layanan google play store tidak bisa digunakan, untuk mengatasi masalah itu kami sudah memberikan tips dan triknya dibawah ini:

Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mengatasi masalah ini, kami sudah memberikan beberapa tips yang wajib dicoba, jadi silakan simak sampai selesai ya!

1. Clear Cache Google Play Store

Tips pertama yang wajib dicoba adalah dengan menghapus cache aplikasi google play yang terinstall di HP Anda, cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan notifikasi Autentikasi ketika ingin mendownload di google play store, tenang saja, cara ini tidak akan menghapus semua data yang ada di HP Anda kok!

Berikut ini cara menghapus cache google play store di Android:

  • Pertama, buka pengaturan Android.
  • Kedua, pilih opsi Apps, atau aplikasi, intinya pilih opsi yang ada tulisan Aplikasinya, kami yakin Anda sudah paham untuk langkah yang kedua ini.
  • Kemudian akan ada berbagai macam aplikasi yang terinstall disana, fokus saja ke google play, klik aplikasi tersebut lalu pilih tulisan Hapus Cache atau Clear Cache.

Setelah mengikuti tips ini sesuai langkah-langkah diatas, sekarang silakan restart HP Anda, lalu coba untuk masuk google play store, jika tidak diminta autentikasi lagi berarti tips yang pertama ini sukses. Ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu sebagai berikut:

2. Clear Data Google Play

Ini adalah solusi kedua yang tidak jauh berbeda dengan yang pertama, yaitu menghapus data aplikasi google playstore, tips ini mungkin akan membuat playstore Anda seperti baru, dan Anda harus login kembali, untuk langkah-langkahnya juga tidak jauh berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu pengaturan Android.
  • Kedua, pilih opsi Aplikasi, seperti langkah kedua pada tips pertama.
  • Kemudian cari dan pilih aplikasi Google Play Store.
  • Terakhir klik Clear data atau Hapus data.

Setelah mengikuti tips ini, maka pembaruan play store yang sebelumnya sudah terinstall akan terhapus, jadi mungkin Anda harus memperbarui ulang, selain itu juga akun yang sebelumnya sudah login akan hilang (harus login lagi).

3. Menggunakan Data Seluler

Bisa saja masalah Autentikasi google play store disebabkan karena Anda menggunakan jaringan Wifi, kasus seperti ini memang jarang disadari banyak orang, tidak ada salahnya Anda mengubah jaringan wifi menjadi data seluler lalu mencoba download aplikasi di play store, jika notifikasi autentikasi hilang, berarti tips yang terakhir ini berhasil.

Selain itu juga Anda bisa mencoba untuk relogin (login ulang) semua akun google yang ada disana. Demikian artikel singkat mengenai cara mengatasi autentikasi google play store, jangan lupa untuk membaca berbagai artikel keren dan menarik hanya di Inovatifku.com, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *