Belajar Rumus Excel Dasar Sederhana

Belajar Rumus ExcelHallo kawan! Selamat datang di Tengku Tutorials! Kali ini Tengku akan membahas artikel mengenai cara dan kumpulan rumus excel yang akan kita pelajari, nah Excel adalah salah satu software Spreadsheet, Software ini adalah salah satu software yang paling banyak digunakan diseluruh dunia, didalam Excel bisa belajar berbagai rumus mulai dari penjumlahan, persentasi dan lain lain, Tengku akan coba membuat artikel mengenai rumus dasar excel yang akan dipelajari diartikel ini, Yuk simak artikel berikut.

Microsoft Excel memiliki fungsi dan fungsi utamanya adalah untuk menghitung dan menjumlahkan angka angka yang kita masukkan kedalam sebuah kolom yang terdapat pada Excel, untuk menjumlahkan, Mengurangi, Pertambahan, Pembagian semuanya memiliki rumus yang berbeda beda, jadi Anda harus Belajar rumus excel terlebih dahulu sebelum menggunakan software Spreadsheet ini.
Excel sangat memudahkan kita untuk menghitung angka dengan cepat dan praktis, biasanya software ini digunakan oleh guru Matematika, kasir dan lain lain, tetapi jika kita belum pernah sama sekali belajar mengenai rumus rumusnya maka bisa dipastikan kita tidak akan bisa menjumlahkan suatu angka menggunakan Excel, Tengku akan mencoba membahas mengenai rumus dasar excel yang akan dibahas diartikel ini, Yuk simak rumusnya sebagai berikut :

Belajar Rumus Excel Dasar Sederhana

Belajar Rumus Excel Dasar

1. SUM ( Menjumlahkan )

Rumus excel yang pertama yang wajib Anda ketahui adalah rumus untuk menjumlahkan angka atau data data yang Anda masukan pada Cell, dengan SUM Anda bisa menambahkan data dalam satu range ataupun per cell dalam beberapa cell atau range sekaligus lho! Rumus ini adalah rumus dasar yang harus Anda pelajari.

2. IF ( Menampilkan Nilai )

Rumus ini memiliki fungsi antara lain bis untuk menampilkan ataupun mengembalikan nilai , jika pernyataannya bernilai yang Benar, dan juga dapat menampilkan nilai yang lainnya jika pernyataannya adalah Salah, selain itu , IF juga memiliki fungsi lainnya seperti bisa digunakan untuk banyak kondisi.

3. LOOKUP ( Mencari Nilai )

Seperti diatas, Fungsi rumus Lookup adalah untuk mencari beberapa nilai dalam suatu Row ataupun kolom, Rumus ini termasuk rumus dasar pada Excel tetapi sekarang jarang digunakan, sekarang Lookup sudah diganti menjadi HLOOKUP dan VLOOKUP, jadi rumus ini sudah jarang digunakan lagi.

4. MATCH ( Mencari Nilai Pada Range )

Selain IF, SUM, LOOKUP, ada lagi rumus dasar Excel yaitu MATCH yang berfungsi untuk mencari suatu nilai tertentu yang tertera pada Range , tabel ataupun list, dan kemudian dapat mengembalikan posisi nilai yang relatif tersebut di Range, tabel atau List. Contohnya ada beberapa urutan nama hewan Kucing, Anjing, Sapi, maka otomatis posisi relatifnya atau urutan sapi ada di urutan ketiga.

5. CHOOSE ( Memilih Nilai )

Apakah Anda sudah pernah belajar menganai rumus ini? Choose berfungsi untuk memilih nilai oada khmpulan nilai yang satu list, untuk lebih mengetahui dan untuk lebih jelasnya Anda bisa Googling mengenai cara menggunakan Choose dan bagaimana cara penggunaannya.

6. DATE ( Menampilkan Nomer Seri )

Ada lagi nih yang harus Anda pelajari yaitu adalah Date yang berfungsi untuk menampilkan no seru yang mempersenkan suatu tanggal tertentu yang sudah diatur, kita bisa menemukan kondisi bulan tahun atau tanggal jika kita menggunakan Date, jadi ini salah satu rmus penting yang harus Anda pelajari.
Kesimpulannya adalah tentunya dari rumus diatas, masih banyak lagi rumus yang bisa kita terapkan dan pelajari di Excel, Tengku hanya memberikan beberapa hal yang sederhana saja , Anda bisa belajar dari artikel ini, karena menurut Tengku, Softwate Excel sangat penting diera teknologi seperti sekarang, jadi kita harus sama sama belajar biar gak kudet oke kawan!
Cukup sekian apa yang bisa Tengku bagikan mengenai Belajar Rumus Excel yang dibuat di blog Tengku Tutorials! Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya hanya disini, sekian dan terimakasih.

1 Komentar

  1. Pingback: Rekomendasi Situs Untuk Membantu Mengerjakan Skripsi Terpercaya - Inovatifku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *