Cara Mengatasi Bluetooth yang Tidak Terdeteksi di Laptop

bluetooth tidak terdeteksi di laptop

Tidak semua laptop sudah terpasang bluetooth secara default, nyatanya masih ada banyak laptop yang belum terpasang bluetooth sehingga kita harus memasangnya sendiri, selain itu mungkin Anda akan menemukan masalah lain, yaitu bluetooth tidak terdeteksi di laptop, tentunya Anda tidak akan bisa mengirim file melalui bluetooth jika masalah ini belum diselesaikan.

Bluetooth berfungsi sebagai media pengirim file jarak dekat tanpa kabel yang masih berperan penting dari dulu hingga sekarang, walaupun sudah ada cara lain, seperti menggunakan kabel data untuk memindahkan, mengatur dan menghapus file tertentu.

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya, barulah bisa segera untuk memperbaikinya, silakan simak langkah-langkah dibawah ini sampai selesai:

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk memperbaiki masalah ini, diantaranya adalah:

1. Update Driver Bluetooth

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memperbarui driver bluetooth yang terinstall, rutin melakukan update pada setiap driver adalah penting, karena dapat menghindari dari malfungsi seperti driver tidak berfungsi, sering terjadi crash dan permasalahan lainnya.

Untuk update driver bluetooth bisa dilakukan melalui device manager, bagaimana caranya? Tentunya harus masuk device manager terlebih dahulu, ada banyak cara untuk membuka device manager, diantanya adalah melalui kolom Search, Command Prompt, Power Shell dan melalui Windows Run, berikut langkah-langkah memperbarui driver bluetooth:

  • Pertama, buka device manager dengan cara Windows + R lalu ketik devmgmt.msc > Enter.
  • Setelah masuk Device Manager, silakan klik pada bagian bluetooth sampai muncul submenu bertuliskan “Wireless Bluetooth”.
  • Klik kanan pada Wireless Bluetooth, lalu pilih opsi ” Update Driver”
  • Pilih tulisan ” Search automatically for updated driver software “
  • Jika driver sudah dalam kondisi terbaru, maka akan ada keterangan ” The best drivers for your device are already installed “

Setelah selesai memperbarui driver tersebut, silakan coba kembali untuk mengirim file di laptop melalui bluetooth, jika masih belum terdeteksi, berarti Anda harus mencoba metode lainnuya:

2. Mengaktifkan Pengaturan Bluetooth

Metode kedua yang harus dicoba adalah dengan mengaktifkan bluetooth melalui menu pengaturan, jarang yang menyadari bahwa bluetooth masih dalam kondisi nonaktif sehingga tidak ada perangkat yang terdeteksi.

Sudah penasaran bagaimana caranya? simak langkah-langkah berikut ini:

  • Bagi pengguna Windows 10, silakan buka pengaturan.
  • Kemudian pilih menu Device.
  • Lalu aktifkan atau geser switch sampai dalam kondisi ON
bluetooth tidak terdeteksi dilaptop

3. Install Ulang Driver Bluetooth

Metode terakhir adalah dengan reinstall atau menginstall ulang driver bluetooth, hal ini bertujuan untuk merefresh driver yang kemungkinan sudah terdapat bugs sehingga ada beberapa fungsi yang terganggu.

Untuk menginstall ulang driver bluetooth caranya tidak jauh beda dengan update driver, yaitu melaui device manager, klik kanan pada Bluetooth lalu pilih Uninstall Bluetooth.

bluetooth tidak terdeteksi di laptop

Setelah itu silakan restart laptop Anda, lalu pasang driver bluetooth kembali, usahan sesuai dengan versi laptop Anda agar nantinya berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba jika mengalami masalah bluetooth tidak terdeteksi dilaptop, kami harap artikel ini membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang laptop Anda alami, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Inovatifku, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *