Cara Agar Video Youtube Ada Dihalaman Pertama Youtube Dan Google

INOVATIFKU.COM | Saat ini banyak yang berlomba lomba membuat video terbaik di youtube, kenapa begitu? selain karena ingin dikenal banyak orang, mereka juga ikut tergiur melihat seorang youtubers yang sudah berpenghasilan besar, karena jika video sudah dihalaman pertama maka akan dilihat banyak orang dan bisa menjadi rekomendasi video, lalu bagaimana cara agar video youtube ada dihalaman pertama youtube da google?

Mesin pencari terbesar saat ini yang paling banyak digunakan adalah Google dan Youtube, keduanya sama sama memiliki pengguna yang banyak dan pengguna google adalah pengguna youtube juga, selain melihat tutorial yang ada di mesin pencarian tersebut, kita juga bisa ikut membuat tutorial dan mendaftarkan artikel atau video kita ke google dan youtube, tetapi untuk merangkak ke halaman pertama pencarian bisa dibilang sulit, kecuali Anda mengikuti langkah langkah yang akan Admin bagikan.

Sudah banyak orang yang membuat video dengan berbagai topik dan didaftarkan ke youtube agar di tonton banyak orang ataupun hanya sekedar menyimpan kenangan agar tidak terhapus, walaupun begitu terkadang kita tidak menyangka bahwa video kita sudah ada dihalaman pertama dan sudah ditonton ribuan orang bahkan sampai jutaan orang setiap harinya.

Selain itu banyak juga youtuber pemula seperti Admin yang membuat video tetapi tidak kunjung di tonton oleh banyak orang, kenapa bisa begitu? penyebabnya tidak sedikit, bisa karena video yang di upload adalah video orang lain, tidak original, video semacam inilah yang mungkin sulit mendapatkan rank 1 di youtube ataupun google.

Cara agar video youtube ada di mesin pencari

Admin lebih awal mengenal google dibandingkan youtube, dan admin coba membuat blog dengan tutorial yang bermanfaat seperti sekarang ini, sudah sekitar 1 tahun Admin menggeluti dunia blogger dan sekarang ingin mencoba dunia youtube, walaupun subscribers belum banyak tetapi ada 1 video dari jumlah total 3 video yang mendapatkan view cukup banyak, nanti akan Admin berikan triknya.

Menjadi seorang youtubers tidak lah semudah yang kita lihat, karena kita tidak sedang bersaing dengan satu atau dua orang, tetapi kita bersaing dengaan jutaan orang dari berbagai daerah, jadi kita harus pandai memilih video yang ingin di upload dan tentunya jika masih pemula tidak memilih persaingan yang terlalu berat.

Selain ada dihalaman 1 youtube, tidak sedikit orang yang ingin videonya juga ada di halaman 1 google, seperti Admin, tetapi biasanya jika video Anda sudah ada di peringkat 1 youtube maka di google juga akan ada di peringkat pertama, begitu kirakira.

Cara Agar Video Youtube Ada Dihalaman Pertama Mesin Pencari Youtube Dan Ditonton Banyak Orang

1. Tentukan Tema Yang Ingin Anda Bahas

Tema bisa dibilang penting bisa juga dibilang tidak penting / opsional, Admin sendiri membuat video youtube dengan tema tutorial yang artinya tutorial apa saja yang penting bermanfaat, tetapi jika sesuai keahlian tentunya akan menjadi lebih baik.

Contohnya adalah jika keahlian Anda dibidang otomotif maka bisa memilih pembahasan video dengan Tema Otomotif, yang nantinya isi video masih berhubungan dengan otomotif dan tidak ke topik yang lainnya, seperti ini lebih bagus, tetapi jika ingin memilih topik umum (campuran) juga tidak apa apa.

Sebenarnya ini tidak terlalu berpengaruh ke video Anda apakah akan cepat ada dihalaman pertama atau tidak, namun lebih ke mendapatkan penonton yang lebib banyak, karena jika ada penonton yang nyaman dengan topik youtube Anda maka mereka akan menunggu video selanjutnya dan membagikan ke sosial media mereka.

2. Mencari Judul Yang Tepat Dan Dicari Banyak Orang

Dalam membuat dan menentukan judul tidaklah asal asalan, karena judul atau kata kunci sangat berpengaruh cepat lambatnya peringkat naik dan mendapatkan penonton, untuk yang kedua ini Admin hanya menyarankan Anda harus mencari judul yang banyak dicari orang sehingga mudah mendapatkan viewers.

Sebagai contoh Anda bisa memilih judul tutorial yang bermanfaat dan sesuai keahlian Anda, seperti contoh Resep Membuat Dadar Gulung ., bukan Tutorial Bernafas, Berjalan dan semacamnya, karena itu adalah video tidak bermanfaat.

3. Membuat Video Dengan Durasi Panjang.

Tidak sedikit youtuber pemula yang asal asalan membuat video dengan durasi yang sangat singkat bahkan tidak sampai 1 menit, bayangkan tidak sampai 1 menit apa saja yang mereka bahas? video yang terlalu pendek justru tidak akan mengundang pengunjung dan cukup sulit mencapai peringkat pertama.

Admin sendiri membuat video tidak pernah kurang dari 3 menit, karena yang Admin rasakan video berdurasi pendek agak sedikit lama merangkak ke peringkat 1, karena algoritma youtube juga menganggap video yang berdurasi pendek penjelasannya tidak lengkap.

Bukan berarti Anda harus membuat video dengan durasi panjang tetapi isinya hanya basabasi saja, Admin menyarankan usahakan membuat video lebih dari 3 menit, dan penjelasannya yang lengkap lebih baik lagi Anda memberikan tips atau trik tambahan lainnya didalam satu video tersebut.

Anda bisa melihat contoh channel youtube yang sudah mendapatkan subscriber dan viewers jutaan, seperti Calon Sarjana dan YtCrash, perhatikan apakah videonya berdurasi panjang? mereka membuat video yang tidak asal asalan, tetapi terencana dan tersusun baik, yang menjadi salah satu faktor kesuksesan video yang di upload.

Baca Juga: Cara Mengatasi Youtube Selalu Terhenti di Android

4. Memberi Nama Video Sesuai Judul Video Atau Kata Kunci Yang Dibidik

Yang keempat tidak boleh dilewatkan oleh Anda, sebelum mengupload video jangan lupa untuk memberi nama file video sesuai judul video tersebut atau sesuai kata kunci yang Anda bidik agar lebih SEO dan mudah untuk meningkat ranknya.

Bagaimana yang dimaksud memberi nama pada video? contohnya begini, jika Anda membuat video dengan judul Cara Edit Foto Di Picsart maka Anda harus memberi nama video tersebut dengan nama Cara-Edit-Video-Di-Picsart.mp4 sebelum video tersebut diunggah.

Berikut dalah contoh video dengan nama sesuai judul atau kata kunci yang dibidik:

cara agar video youtube ada dihalaman pertama

Sudah pahamkan? kalau sudah paham jangan lupa terapkan cara ini, karena ini sangat penting!

5. Menyisipkan Kata Kunci Pada Deskripsi Video

Kata Kunci adalah hal yang paling penting, menambahkan kata kunci ditempat tempat berbeda memberikan peluang video Anda untuk tampil di rank satu, salah satu trik yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan menambahkan Kata Kunci di deskripsi video Anda, bisa di awal kalimat, pertengahan atau akhir, jangan lupa juga memberikan kata kunci turunan (persamaan dari kata kunci utama).

cara agar video youtube ada di peringkat 1

Diatas adalah contoh cara menyisipkan kata kunci di deskripsi Video youtube Anda, penjelasan gambar diatas sebagai berikut:

  • Merah: Warna merah yang paling atas adalah Judul video, sedangkan yang dibawahnya adalah ata kunci sesuai judul video yang disisipkan di Deskripsi video.
  • Hijau: Warna hijau adalah kata kunci turunan dari kata kunci utama, atau persamaan kata kunci pertama, hal ini penting dan tidak boleh dilewatkan.
  • Kuning: Ini adalah opsional, artinya boleh iya boleh tidak, warna kuning adalah link yang menuju ke artikel dengan judul dan pembahasan sama seperti video, jika Anda memiliki blog disarankan untuk membuat tutorial yang sama seperti yang Anda buat di Youtube agar lebih SEO dan Anda juga bisa mendapatkan trafik blog dari youtube.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Youtube Buffering Atau Pause Sendiri

Admin rasa penjelasan dari warna gambar diatas sudah cukup jelas, jadi Anda harus menyisipkan kata kunci utama pada deskripsi video, bisa di awal, tengah ataupun akhir, tapi Admin menyarankan untuk meletakkan kata kunci utama ditengah, sedangkan kata kunci turunannya bisa Anda sebar.

Penting! bukan berarti meletakkan banyak kata kunci pada deskripsi bisa membuat video Anda cepat tampil dihalaman pertama, awas jangan terlalu over dalam meletakkan keyword, karena video Anda bisa terkena Pinalty oleh youtube dan sulit untuk ditemukan.

Dimana saya bisa menambahkan Deskripsi pada video? mungkin Anda belum tahu bagaimana menambahkan deskripsi pada video yang ingin diunggah, tenang saja, Admin akan memberikan langkah langkahnya, pertama Anda harus menggunakan Youtube Studio, Youtube sudah menyediakan fitur YT Studio.

Cara Agar Video Youtube Banyak ditonton


Diatas adalah bagaimana cara menggunakan youtube studio, jadi Anda hanya harus mengklik Icon Foto profil dan nanti akan ada banyak opsi, Anda harus memilih Youtube Studio (Beta) mudah bukan?

Baca Juga: Cara Menyimpan Video Youtube Ke Galeri Tanpa Aplikasi

6. Menambahkan Tag Pada Video

Tag pada video yang ingin diunggah sangat penting untuk membantu mendongrak video Anda agar mudah dicari dan mudah naik peringkatnya, menambahkan Tag tidak jauh beda dengan menambahkan deskripsi yaitu harus menyisipkan kata kunci utama dan turunan, untuk menambahkan Tag Anda bisa menggunakan youtube studio.

cara agar video youtube dihalaman pertama

Diatas adalah tag video dengan kata kunci utama dan turunan, Anda bisa membuat Tag Youtube secara manual atau menggunakan situs Tag Generator yang bisa Anda temukan di google, jadi saran dari Admin intinya Anda harus menyisipkan kata kunci utama dan turunan, jangan terlalu berlebihan dan gambar diatas bisa menjadi contoh untuk Anda terapkan.

Contohnya, video dengan judul Cara Membuat Blog, Anda bisa menambahkan Tag Cara Membuat Blog, Cara Membuat Artikel Di Blog, Cara Daftar Blog, Cara, Membuat, Blog dan seterusnya

7. Jangan Lupa Promosikan Video Dan Channel Youtube Anda

Yang terakhir adalah jangan melupakan untuk mempromosikan channel dan video yang Anda buat, promosi sangat bermanfaat dan penting, karena channel Anda akan mudah dikenal banyak orang dan jika video itu menarik akan mengundang orang untuk menonton video Anda, dan jika mereka nyaman akan terus berlangganan dan membagikan video Anda kembali, begitu seterusnya.

Strategi promosi ini bisa dengan memanfaatkan sosial media dan bisa juga dengan membuat iklan di facebook, instagram atau penyedia iklan lainnya, jadi Anda juga harus memperhatikan strategi yang penting seperti ini, biasanya Admin membagikan video difacebook dan di whatsapp.

Diatas adalah beberapa tips agar video kita ada dihalaman pertama mesin pencari youtube dan Google, terakhir, Anda harus mempraktekan cara diatas dan terus konsisten untuk menggunggah video yang bermanfaat dan mengundang banyak penonton, jangan membuat video Click Bait yaitu video yang tidak sesuai dengan judul, sekian dan terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *