Cara Backup Kontak Whatsapp Android

Cara Backup Kontak Whatsapp sekarang ini sedang banyak yang mencari bagaimana sih langkah langkahnya, nah sebenarnya ada beberapa cara untuk mencadangkan dan memindahkan kontak whatsapp ke hp yang baru, bisa menggunakan akun Gmail atau bisa juga dicadangkan dengan menyimpannya kepenyimpanan eksternal ( Sd Card ) langkahnya sangatlah mudah, nggak sampai 5 menit semua kontak bisa dicadangkan, bisa dipraktekan untuk pengguna Android.
Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang sekarang sudah memiliki jutaan pengguna aktif tiap bulannya, seperti informasi yang didapat, whatsapp ternyata salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh, bagaimana tidak laris, aplikasi chatting yang satu ini bisa dibilang canggih dan kekinian, bukan hanya chatting saja, kita bisa telepon, video call, voice call, mengirim file berupa gambar, video, gift dan mengirim lokasi terkini dengan kontak yang sama sama menggunakan whatsapp messenger.
Cara Backup Kontak Whatsapp Android
Banyak yang menanyakan bagaimana jika kita ingin mengganti hp baru tetapi kontak masih tersimpan di hp lama? Nah ini menjadi permasalahan bagi beberapa orang, sebenarnya gampang sekali untuk memindahkan kontak whatsapp ke hp baru, yaitu dengan cara dicadangkan atau di backup dan nantinya bisa kita restore lagi, tapi bagaimana caranya dan apakah ampuh?
Jika Anda bertanya bagaimana caranya apakah sulit atau mudah? Jawabannya sangatlah mudah dan nggak ribet, dengan beberapa langkah saja Anda sudah bisa backup kontak whatsapp dengan cepat,
Ada beberapa cara untuk mencadangkan kontak whatsapp pada ponsel Android Anda, bisa dengan memanfaatkan fitur yang ada diwhatsapp langsung atau bisa menggunakan phonebook.
Kenapa banyak yang mencari cara untuk mencadangkan kontak whatsapp? Karena kebanyakan adalah saat mereka ingin mengganti hp baru tetapi keadaan kontak masih tersimpan di penyimpanan hp yang lama, mending sih kalo tersimpannya di simcard tinggal pindahin saja simcardnya ke hp baru, nah kalo dipenyimpanan telepon gimana? Cara yang paling ampuhnya adalah dengan mencadangkan dan dipindahkan ke hp yang baru.

Cara Backup Kontak Kontak Whatsapp Android

Ada beberapa langkah saja yang harus Anda ikuti dan dijamin sangatlah mudah, nah disini ada 2 cara, yang pertama adalah mencadangkan penyimpanan gmail yang sudah disediakan google, dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi backuper pihak ketiga, berikut cara pertama yaitu mencadangkan kontak whatsapp ke gmail:
1. Pertama pastikan Anda mempunyai akun Gmail ( Google Mail )
2. Buka aplikasi Whatsapp Anda.
3. Klik Icon titik 3 vertikal di pojok kanan atas menu Whatsapp.
4. Lalu pilih Pengaturan > Chatting > Cadangkan Chat dan tunggu prosesnya selesai.
5. Jika selesai maka Anda berhasil mencadangkan chat, kenapa chat? Nah jika Anda menginstal whatsapp baru di hp baru, dan ketika mendaftar maka akan ada pilihan ” Pulihkan Chat ” dan pilih ” Pulihkan ” maka chat yang lama akan kembali lagi dan Anda tinggal memberi nama pada setiap kontak yang pernah chatting di whatsapp.
Cara ini terlalu ribet ya? Ada cara lain gak? Tentunya ada, berikut trik yang kedua:

Cara Mencadangkan Kontak Whatsapp Lewat Menu Kontak

1. Pertama, buka menu kontak pada hp Android Anda.
2. Klik 3 titik vertikal dipojok kanan atas, atau bisa klik menu di Android dan pilih tulisan ” Ekspor ke… ” nah pilih penyimpanan eksternal ( Sd Card ).
3. Tunggu prosesnya selesai, jika selesai maka semua kontak sudah tersimpan di penyimpanan yang Anda pilih.
4. Untuk mengecek apakah sudah ter backup atau belum, Anda bisa lihat di File Manager dan pilih penyimpanan yang tadi Anda pilih pada saat ekspor kontak, nah file backupnya berekstensi ” VCF ” lihat contoh dibawah ini :
5. Untuk memulihkannya kembali, tinggal klik file tersebut maka otomatis kontak akan direstore sendiri.

Backup Kontak Whatsapp Menggunakan Aplikasi Backup Contact

1. Pertama download aplikasi Backup Contact, untuk download, Anda bisa klik link dibawah ini.
2. Buka aplikasinya, lalu akan ada 2 pilihan Ekspor atau Restore , Nah untuk mencadangkan maka pilih Ekspor dan pilih kontak yang ingin di backup, jika ingin semuanya maka klik ” All ” dan tunggu prosesnya selesai.
3. File backup akan tersimpan dipenyimpanan hp Anda, dan tinggal direstore di hp baru nanti.

Cara Backup Kontak Whatsapp ke Gmail

1. Pertama buka menu pengaturan pada hp Android Anda.
2. Lalu pilih ” Sinkronisasi Akun ” atau ” Google Account “
3. Selanjutnya adalah dengan klik opsi ” Sync Contacts “
4. Maka semua kontak akan tersimpan di Gmail Anda, bisa dilihat kapanpun dan dimanapun.
5. Untuk restorenya tinggal membuka gmail dan menyimpan kontaknya, atau cara lebih cepatnya adalah dengan memilih opsi ” Sync Contact ” di hp baru yang sudah login gmail, maka otomatis kontak akan tersimpan di hp baru.
Gimana gan? Mudah bukan?

Akhir Kata

Admin rasa 3 trik diatas sudah cukup membantu bagi Anda yang belum tahu cara backup kontak whatsapp di android, cara diatas bisa diikuti oleh siapa saja karena sangat mudah sekali, nah jangan lupa ya baca artikel menarik lainnya hanya di Tengku Tutorials! Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *