Cara Cek Mosfet – Mengukur Mosfet Dengan Multitester

Cara Cek Mosfet – Mengukur Mosfet Menggunakan Multitester – Hallo kawan ! selamat datang di Tengku Tutorials, blog yang isinya artikel menarik dan bermanfaat lho! artikelnya disajikan khusus dan dibuat khusus untuk Anda sebagai pembaca, salah satu artikelnya adalah yang satu ini mengenai elektronik yaitu cara mengukur Mosfet atau FET ( Field Efect Transistor ) transistor mosfet pada dasarnya hampir mirip dengan transistor yang bernama Bipolar atau transistor biasa, bipolar dan mosfet adalah salah satu bagian terpenting dalam dunia elektronik dan menjadi bagian hardware dari mesin Televisi atau mesin lainnya yang membutuhkan mosfet, cara mengukur dan cek mosfet sedikit berbeda tidak seperti mengukur transistor lain, oleh karena itu Tengku Tutorials akan membagikan artikel mengenai Cara Cek Mosfet.
Pada dasarnya Mosfet atau FET hanyalah membutuhkan Drive tegangan saja dan hampir sama sekali tidak membutuhkan arus drive untuk Gatenya, Seperti yang Tengku katakan sebelumnya bahwa Mosfet dengan bipolar hampir sama dan memiliki bwberapa persamaan yang biaa kita lihat dari persamaan PINnya , apa itu persamaannya? berikut persamaannya sebagai berikut :
cara cek mosfet
#1). Drain ( D ) «» Emitor ( E )
#2). Source ( S ) «» Colektor ( C )
#3) Gate ( G ) «» Basis ( B )
Diatas adalah persamaan Mosfet dengan Bipolar berdasarkan PINnya , tetapi untuk cek atau mengkur Mosfet berbeda dengan Transistor atau diode lainnya, oleh karena itu banyak orang yang kebingunagan bagaimana caranya mengukur mosfet menggunakan multitester manual maupun digital, lalu bagaimana cara mengukurnya? berikut cara mengukur mosfet :

Cara Mudah Cek / Mengukur Mosfet ( FET ) Positif + ( P- Channel )

  1. Pertama Anda harus menyiapkan multitester , Lalu ambil OHM – Meter lalu setting pada posisi 10x.
  2. Lalu ambik ujung logam probe berwarna merah ( Positif ) lalu tempelkan logam probe mweah pada kaki ( D ) mosfet.
  3. Selanjutnya pegang Probe Hitam ( – ) menggunakan tangan kiri Anda tapi tangan jangan sampai menyentuh ujung probe , Anda hanya perlu menyentuh plastiknya saja agar saat mengukurnya menjadi akurat.
  4. Yang harus Anda ketahui adalah saat menempelka Probe hitam pada kaki ( G ) jangan terlalu lama, jadi tempelkan lalu cabut dengan cepat, ingat tempelkan sesaat saja pada kaki G.
  5. Selanjutnya segera tempelkan probe hitam ke kaki ( S ) , maka seharusnya jarum bergerak kearah kanan. jika jarum tidak diam saja tidak bergerak sama sekali maka bisa dipastikan Mosfet ( Fet ) tidak mendapatkan arus N sebagai faktor penguatnya.
  6. Selanjutnya sentuh kaki Gate ( G ) mnggunakan jari tangan Anda, seharusnya jarum tidak akan bergerak sama sekali jika kabel probe – ( Hitam ) ditempelkan kekaki ( S ) Source.
  7. Jika jarum di multitester bergerak menyimpang maka bisa dipastikan bahwa Mosfet atau FET bocor atau rusak yang berarti harus diganti.

Cara Mudah Mengukur / Cek Mosfet Bagian Negatif ( N- Channel )

cara cek mosfet

  1. Seperti yang cara pertama, arahkan multitester dengan ukuran 10K.
  2. Lalu sambungkan ujung tester negatif pada bagian Drain / Negatif Mosfet.
  3. Selanjutnya sambungkan ujung probe multitester berwarna merah atau positif kekaki S ( Source )
  4. Ketika sudah dalam posisi langkah 1 dan langkah 2 maka selanjutnya adalah sentuh secara bersamaan kaki Drain dan Gate menggunakan jari Anda, jika normal maka jarum di multitester akan bergerak 50% atau ditengah tengah.
Jika Anda sudah mengerti bagaimana cara cek dan mengukur mosfet menggunakan multitester dengan mengikuti cara diatas, maka ada cara lagi untuk menghilangkan efek arus listrik statis pada FET ( Mosfet )

Tips Menghilangkan Arus Listrik Statis Mosfet

  1. Pertama Tempelkan probe tester negatif yang berwarna hitam kekaki D atau Drain.
  2. Lalu selanjutnya tempelkan probe positif yang berwarna merah ke kaki G atau Gate.
  3. Ketika sudah dalam posisi langkah 1 dan langkah 2 maka yang harus Anda lakukan adalah sentuh kaki G / Gate dengan jari tangan Anda, dengan melakuka  ini maka efek arus listrik statis akan hilang, Anda bisa mencoba dengan menempelkan ujung probe pada multi tester yang berwarna merah ke kaki ( S ) Source , jika berhasil maka ditandai dengan jarum meter yang tidak bergerak.
cara cek mosfet
Yang harus Anda ketahui, Pengetesan untuk menghilangkan arus listrik statis pada Mosfet diatas tadi adalah berlaku untuk Mosfet Channel, biasanya sudah umum dan sudah tersebar dipasaran seperti IRFP460, IRL3025, IRF630 dan masih banyak yang lainnya, jika tidak ada arus statis pada mosfet maka bisa di pastikan tidak ada kerusakan pada Mosfet tersebut.
Tengku rasa setelah Anda membaca dan menyimak tutorial diatas Anda sudah paham bagaimana caranya mengukur mosfet dengan multitester, Nah Anda harus melakukan cara diatas secara teliti ya kawan! Agar tidak ada kesalahan, jika Anda salah mengukur maka Anda bisa mengira Mosfet yang rusak padahal mosfet tersebut normal, karena Anda salah mengukur, jadi untuk cek mosfet ini agak berbeda dengan cara cek transistor atau diode yang lainnya.
Sekian artikel singkat yang bisa Tengku bagikan untuk Anda sebagai salah satu pembaca di blog Tengku Tutorials, jika Artikel ini bermanfaat maka jangan lupa bagikan artikel ini kesosial media Anda ya kawan! karena berbagai adalah peduli, Jangan lupa baca artikel lainnya hanya di Tengku Tutorials, Gudangnya artikel tutorial bermanfaat yang bisa menambah wawasan Anda, Terimakasih sudah mengunjungi Tengku Tutorials dan sudah membaca artikel mengenai cara cek mosfet dengan multitester.

1 Komentar

  1. Pingback: Cara Mudah Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Tetapi Gambar Ada - Inovatifku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *