Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

1 min read

cara cek ubl xiaomi

Bagi Anda yang sering memodifikasi sistem Android, baik itu mengganti custom rom atau yang lainnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebutan Unlock Bootloader, pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu cara cek unlock bootloader pada xiaomi tanpa PC, tentunya ini memudahkan pengguna xiaomi yang ingin mengetahui status UBLnya.

Ketika Anda ingin melakukan perubahan sistem (software) pada HP xiaomi sebenarnya gampang-gampang susah, karena persyatannya yang bisa dibilang cukup rumit, dimana Anda harus root smartphone terlebih dahulu dan juga memasang TWRP, sebelum melakukan itu Anda harus unlock bootloader terlebih dahulu.

Yang harus diketahui, UBL hanyalah berlaku untuk smartphone keluaran terbaru saja, salah satunya adalah Xiaomi, berbeda lagi pada HP keluaran lama yang hanya perlu akses root dan custom recovery saja tanpa harus unlock bootloader dulu.

Ada banyak tools yang bisa dicoba untuk membuka bootloader HP Xiaomi, bagi Anda yang kurang yakin atau ingin mengetahui status bootloader apakah masih terkunci (lock) atau sudah terbuka, silakan simak artikel ini sampai selesai:

Cara Cek Unlock Bootloader Xiaomi Tanpa PC

Tutorial ini khusus bagi pembaca yang tidak ingin ribet dan tidak mempunyai PC atau Laptop, karena tutorial ini bisa dilakukan 100% tanpa PC, sudah penasaran bagaimana cara ceknya? berikut ini tutorial lengkapnya:

1. Cek UBL Xiaomi Melalui Pengaturan

Yaps betul sekali! Anda bisa mengetahui status bootloader xiaomi hanya dengan melalui menu pengaturan saja, namun sebelum itu Anda harus mengaktifkan opsi Developer Options, berikut ini caranya:

  • Pertama buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Kedua, pilih opsi About Phone / tentang ponsel lalu klik atau Tap sebanyak 7 kali pada bagian MIUI version, sampai muncul popup pemberihuan “you are developer now” yang artinya sekarang Anda sudah menjadi pengembang.
  • Selanjutnya keluar dari About Phone / tentang ponsel, lalu pilih Pengaturan Tambahan > Opsi Pengembang.
  • Pada menu Opsi Pengembang, pilih dan buka MIUI unlock status , maka akan ada keterangan “this device is locked” yang artinya bootloader masih terkunci, dan ada juga keterangan “this device is unlock” yang artinya bootloader sudah terbuka.
  • Pengalaman Admin, biasanya untuk HP xiaomi yang baru dibeli atau masih bawaan pabrik maka bootloader pasti masih terkunci, yang harus digarisbawahi, jika Anda melakukan unlock bootloader maka secara otomatis garansi yang masih berlaku akan hangus, keamanan sistem terbuka dan juga tidak akan mendapatkan Update seperti biasanya.

2. Cek UBL Xiaomi Pada Saat Booting

Cara terakhir yang paling simple adalah dengan memperhatikan keterangan saat HP xiaomi dinyalakan, yaps betul! jika masih dalam kondisi terkunci, maka akan ada tulisan “unlocked atau locked” dibagian bawah logo MI, untuk lebih jelasnya, yang kami maksud adalah seperti gambar dibawah ini:

Terlihat tulisan “unlocked” pada gambar diatas, yang artinya bootloader sudah terbuka dan siap di root, dipasang TWRP dan modifikasi lainnya, mudah bukan?

Itulah dua cara cek unlock bootloader xiaomi tanpa PC yang bisa Anda coba dirumah, tutorial ini hanya berlaku bagi pengguna smartphone Xiaomi saja, mungkin untuk pengguna lain tutorialnya sedikit berbeda, terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *