Cara Edit SystemUI Kitkat Keren!

Cara Edit SystemUI Kitkat.
Ada banyak orang yang hobi Mengedit SystemUI pada Android, karena kita bisa mengganti tampilan System susuka hati asalkan paham bagaimana cara mengeditnya. salah satunya cara edit systemui kitkat . ada banyak jenis SytemUI Android, yaitu Ice Cream Sandwitch, Jelly Bean, Kitkat, Lolipop, Marsmellow, Nougat dan yang terbaru adalah Android Versi P, saya belum tahu apa kepanjangan Huruf itu, yang jelas SystemUI tersebut baru dirilis. Nah untuk dapat mengedit smartphone sesuka hati biasanya butuh akses Root , gunakan aplikasi Root yang bisa kalian dapat di google, ada juga dengan cara Tanpa Root, tetapi kurang bebas, biasanya Root sangat diperlukan bagi orang yang suka membuat Mod SystemUI, Editannya pun tidak hanya satu, yaitu bisa mengubah menjadi Transparan dan masih banyak lainnya, Aplikasi Edit Android terbaik diantaranya Root Exploper, Xposed dan Apktool. yang akan saya bahas adalah Cara edit SystemUI Kitkat dengan Root Exploper.
Sebelumnya saya sudah membuat artikel tutorial Edit SystemUI Lollipop,caranyapun hampir sama, hanya beberapa step saja yang berbeda dengan Android Kitkat.
Nah banyak yang sudah menyediakan SystemUI android hasil edit, Ada yang tampilannya Transparan, diubah dengan icon icon keren dan masih banyak lagi. tetapi jika mendownload yang sudah tinggal pakai menurut saya kurang keren karena terkadang tidak sesuai kemauan kita.
Ada banyak aplikasi yang berserakan yang difungsikan khusus untuk merombak System Android, bukan hanya SystemUI saja, ada lagi yaitu Build Prop, Framework dan lain lain, aplikasi yang populer untuk mengedit semua itu adalah ApkTool, XPosed, Root Exploper dan masih banyak lainnya.
Semua aplikasi diatas sama fungsinya, hanya saja berbeda cara penggunaannya, menurut saya aplikasi yang bagus untuk dipakai Eit SystemUI adalah Xposed, ApkTool, dan Root Exploper. semua aplikasi diatas membutuhkan Akses Root.
Bagaimana Cara Root Android Dengan Mudah?

Root adalah cara untuk mendapatkan hak akses sebebas bebasnya pada Smartphone, jadi sebelum mengedit SystemUi khususnya Kitkat, Anda harua Me- Root Android dulu, Lalu bagaimana caranya? Caranya cukup mudah , simak cara cara berikut ini:
Bahan yang diperlukan untuk Root:
•Aplikasi Cloud Root, Silakan download di google.
•Perangkat Android.
•Doa.
Langkah langkahnya:
saya tidak Cantumkan gambar untuk ini, karena stepnya tidak terlalu sulit.
1.Install dan buka aplikasi Cloud Root.
2.Setelah dibuka, Klik tulisan “Root” tunggu loadingnya selesai, jika Ada tulisan Merah bahasa china, Klik saja tulisan tersebut.
3.Jika sudah selesai Loadingnya, untuk memastikan bahwa perangkat Anda sudah Rooted, maka keluar dari aplikasi tadi, lalu cari aplikasi “Super Su” jika Ada, berarti Anda berhasil Meroot Android.
Caranya mudah bukan? nah yang tema utamanya adalah Cara Edit SystemUI Kitkat. bagaimana caranya? apakah mudah seperti cara Root Android? tentunya ini agak sulit, butuh kesabaran dan Keteletian, ikuti langkahnya baik baik.

Cara Edit SystemUI Kitkat

Sebelum mengedit ini, sara sarankan Backup terlebih dahulu semua data yang ada di Android anda, karena mencegah jika Terjadi kegagalan. tetapi tenang, insyaallah cara ini berhasil.
Bahan yang diperlukan :
•Root Exploper.
•Android Sudah kondisi ROOT.
•Bahan untuk Edit SysytemUInya.
•Kesabaran ketelitian.
•Secangkir kopi hangat.
Ikuti langkah langkah berikut ini:
1. Install dan buka aplikasi Root Exploper.
2.Buka folder bertuliskan System>App dan cari tulisan SystemUI.Apk, lalu klik tahan dan pilih tulisah “Copy” silakan anda copy ke Sdcard.
Cara edit systemUI menjadi transparan
3.Cari SystemUI.apk hasil copy tadi, lalu klik tahan dan pilih tulisan “Ekstrak” tunggu proses ekstraknya selesai,lalu pilih ” Go To Ekstraked”

4.Anda akan dibawa kefolder hasil Ekstrak SystemUI.apk tadi, nah silakan Anda buka folder nya lalu edit sesuai kemauan Anda, jika sudah di edit, tandau semua folder yang ada didalam Folder SystemUI, lalu pilih tulisan “Compress” lihat gambar berikut:

cara edit systemUI dengan apktool
Copyright: AndroidArea48

5.Jika sudah selesai di Compress, kembali ke folder SystemUI, lalu klik tahan folder tersebut dan pilih tulisan “Zip This Folder” nah tunggu prosesnya selesai, Anda akan dibawa ke file zip systemUI yang bertuliskan “SystemUI.zip”  tekan dan tahan Zip nya lali pilih tulisan “Rename” ganti namanya yang tadinya ” SystemUI.zip ” menjadi ” SystemUI.Apk” bisa dilihat gambarnya :

6.Lalu pindahkan SystemUI.apk tersebut ke folder Utama saat Anda pertama kali buka Aplikasi Root Exploper, nama foldernya “System” nah untuk memindahkannya, klik SystemUI.apk ,lalu pilih tulisan “Move” dan pindahkan ke folder utama seperti yang saya katakan.

7.Jika sudah dalam folder Utama (System) maka klik tahan lagi SystemUI.apk yang di pindahkan tadi, lalu pilih tulisan ” Permissions” Setting permisionsnya seperti gambar dibawah ini:

Cara edit systemui dengan Xposed

8..Jika permissionnya sudah sama seperti digambar, klik “Yes” dan pindahkan file SystemUI.apk yang diganti permissionnya tadi ke Folder System>App nah pindahkan kesitu. jika ada Tulisan “Overwrite” klik saja “Yes”

9..Saat Anda memindahkan SystemUI Kitkat hasil Edit tadi biasanya Android akan restar sendiri guna untuk merefresh menjadi tampilan  seperti yang Anda edit. Selamat Anda berhasil mengedit SystemUI Kitkat.

Jika terjadi Bootlop berarti ada kesalahan saat proses pengeditan, usahakan Android Anda sudah terpasang Cwm, Twrp, agar bisa Mengembalikan file hasil backup sebelumnya, untuk mencegah kegagalan.

Tetapi jika Anda mengeditnya denhan teliti, dijamin tidak akan ada masalah. jika Anda merasa kesulitan mengedit aplikasi dengan Root Exploper, maka Anda bisa mengganti aplikasinya seperti XPosed dan ApkTool,tetapi menurut saya lebih simple menggunakan Root Exploper karna saya sudah terbiasa.

Sudah saya sarankan sebelumnya yaitu biasakan Backup data sebelum mengedit system pada Android, karna jika salah sedikit saja, Android anda akan mengalami kerusakan system dan tidak bisa direset ulang.

Jadi intinya dalam melakukan percobaan seperti ini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, tentunya harus siap menerima resiko yang akan dihapi, Jangan Coba Coba Cara Ini jika Anda tidak berani menanggung resiko.

Itulah Artikel singkat mengenai bagaimana Cara Edit SystemUI Kitkat yang semoga bermanfaat Untuk Anda. jadikan kesalahan menjadi pelajaran, karna pengalaman Adalah guru utama. sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *