Cara Flash TV Led Toshiba Cuma 5 Menit!

CaraFlashTVLedToshibaCuma 5 Menit– Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials! Nah kali ini Tengku akan membahas bagaimana cara flash atau update firmware tv led toshiba hanya 5 menit dan menggunakan cara yang sangat simpel yaitu menggunakan flashdisk USB, nah sebenarnya banyak cara untuk memperbarui firmware sebuah tv led dan lcd, namun yang paling gampang adalah hanya dengan menggunakan USB saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama.  

Banyak alasan yang membuat orang mencari cara bagaimana cara instal ulang firmware tv dengan mudah, nah kenapa banyak yang cari? Karena kerusakan tv sekarang baik LED atau LCD yang lebih sering adalah kerusakan pada sistem di IC Memori, biasanya ditandai dengan layar yang hitam tetapi lampu standby menyala, kerusakan ini biasanya bisa diatasi hanya dengan flashing firmware saja, banyak TV LED yang sering mengalami kerusakan ini, seperti toshiba, samsung, LG, Sharp dan masih banyak yang lainnya.  

Berbagi sedikit pengalaman, Tengku juga dulu pernah mempunyai tv lcd sharp aquos 24 Inci kalo nggak salah, nah awalnya sih normal normal aja nggak ada kendala, tapi kenapa pas dinyalain hanya lampu standbynya saja yang menyala, namun layar lcd dan backlight tidak menyala, setelah Tengku cari cari kenapa dan apa penyebabnya, ternyata ini harus diatasi dengan update firmaware dengan yang baru, dan sudah banyak yang menyediakan firmware tv led, lcd berbagai merek dan tipe yang berbeda beda.  

Setelah Admin cari firmware yang cocok untuk tv lcd sharp aquos dan akhirnya ketemu, nah lalu kalo udah ketemu gimanain lagi? Ya kalo udah ketemy berarti harus didownload dulu, ukuran filenya berbeda beda, ada yang 12MB dan ada yang kurang dari 10MB,  setelah mengikuti tutorial yang ada di google, akhirnya tv sharp aquos kembali menyala dengan normal setelah di flashing, nah lalu bagaimana cara flash firmware tv led toshiba? Tenang saja, dari trial and error yang Tengku alami, sebenarnya caranya tidak jauh beda kok, dan bisa menggunakan USB yang sudah terisi firmware Toshiba dengan tiper tertentu.  

Sebelumnya pastikan Anda sudah mencari dulu nih firmware upgrade yang cocok untuk tipe tv led toshiba yang ingin Anda flash, nah Anda bisa mencari digoogle karena sudah banyak kumpulan firimware tv led dan lcd yang tersedia disana, namun memang ada beberapa tipe tv yang tidak atau belum keluar file updatenya, biasanya TV terbaru.  

Selain TV Sharp Aquos, Admin juga pernah flash tv LG dan lagi lagi hanya menggunakan USB saja lho, namun untuk kasus yang satu ini  tidak semudah dengan yang pertama, karena Tengku kesulitan mencari firmware tv lg dengan tipe yang emang langka, sempat terbengkalai itu tv beberapa minggu, dan akhirnya ketemu firmwarenya, langsung cuss di flash dan akhirnya tv lg kembali menyala dengan normal xixixi…  

Yang harus Anda ketahui, gejala tv hanya menyala lampu standbynya saja bukan berarti harus selalu di flash, namun terkadang ada kerusakan lain yaitu kerusakan pada IC EEPROM atau IC Memori yang harus Anda ganti, kerusakan ic memori biasanya ketika di update firmaware tidak akan mempan, nah kerusakan ini sudah parah dan bukan kerusakan software lagi, tapi sudah mengenai perangkat hardwarenya.  

Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada tv led ataupun lcd merek toshiba, nah lebih baik Anda tahu dulu kerusakan yang sering banget terjadi di tv toshiba, berikut kerusakannya:  

  • Suara Normal Tetapi Gambar Blank Hitam
  • TV Lambat Merespon
  • Gambar Klise
  • Gambar TV Terbalik
  • Layar Blank Tetapi Lampu Standby Menyala

Nah untuk memperbaiki kerusakan tv diatas, Anda bisa mencoba dengan update software menggunakan flashdisk atau sdcard yang sudah dimasukan ke Cardreader, nah jika Anda bertanya berapa harga cardreader, Tengku akan beritahu bahwa harga Cardreader adalah sekitar 20K atau RP 20 RBan aja…  

Cara Flash TV Led Toshiba Hanya 5 Menit Menggunakan USB Flashdisk

Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti dengan baik, jangan sampai ada langkah yang tertinggal ya kawan.  

  1. Pertama siapkan Flashdisk yang masih bisa digunakan, usahakan isi flashdisk kosong, nah disarankan untuk memformat flashdisk terlebih dahulu sebelum lanjut kelangkah yang berikutnya.  
  2. Siapkan file update firmware tv toshiba sesuai merek tv yang Anda punya. Anda bisa mencari di google.  
  3. Jika sudah ketemu filenya, maka ekstrack file tersebut dan jangan didalam folder, tapi diluar folder.  
  4. Pastikan kabel tv sudah dicabut, dan masukan flashdisk ke port usb yang sudah tersedia di tv, biasanya ada dibelakang.  
  5. Tekan dan tahan tombol power pada tv ( Sambil mencolokkan kabel tv ke listrik )  
  6. Lalu lepaskan tombol power jika lampu indikator sudah berwarna orange.  
  7. Sampai disini, proses flashing akan berjalan, nah saat proses ini dilarang keras untuk mematikan tv atau mencabut flashdisk, biarkan saja sampai proses update berlangsung.  
Cara Flash TV Led Toshiba Dengan Flashdisk
cara flash tv led

8. Jika proses upgrade sudah selesai, maka akan ditandai dengan lampu indikator yang berubah menjadi warna hijau.  

9. Langkah selanjutnya adalah cabut kabel tv dan flashdisk lalu nyalakan ulang tv.  

10. Jika tv menyala berarti proses update firmaware berhasil, namun jika gagal coba ulangi seperti langkah langkah diatas.  

Nah diatas adalah langkah bagaimana untuk update software tv led toshiba, namun tidak semua orang berhasil mencoba cara ini, ada beberapa yang gagal dan tentunya ada penyebab kenapa gagal, berikut penyebabnya…  

Penyebab Flash TV Gagal

#1. Flashdisk Rusak

Jika Anda menggunakan flashdisk yang rusak maka dipastikan tv tidak akan bisa di flash karena file tidak akan bisa terbaca, lalu bagaimana cara mengetahui flashdisk rusak atau tidak? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencoba di laptop atau di tv lain, jika terbaca berarti flashdisl tidak rusak.  

#2. Kesalahan Firmware

Ini kasus yang sering terjadi, banyak orang yang gagal upgrade tv toshiba karena salah memasukan file software ke flashdisk, seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak sekali tipe tv toshiba dan tentunya berbeda beda setiap tipenya, jika tv nya adalah 500 tetapi Anda menggunakan firmaware tv 600 maka tidak akan bisa, sekalipun bisa berarti itu adalah persamaannya. Jadi pastikan Anda sudah memilih file update yang cocok.  

#3. Firmaware Ada Didalam Folder

Tengku sudah mengingatkan ketika Anda mengekstrak filenya jangan lupa untuk disimpan diluar folder jangan didalam folder, karena jika didalam folder tv tidak akan bisa menemukan file updatenya dan hasilnya flashing jadi gagal.  

#4. Port USB Longgar

Sebelum memulai flash, pastikan port usb pada tv led toshiba Anda tidak longgar, tidak terselip kotoran dan tidak berkarat, karena jika longgar bisa jadi flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi di tv.   D

emikianlah cara flash tv led toshiba menggunakan flashdisk, semoga tutorial ini membantu Anda untuk memperbaiki tb led yang rusak, nah jangan lupa ikuti langkah langkahnya dengan benar ya agar tidak gagal nantinya, jika Anda ingin selalu update artikel terbaru dari Tengku Tutorials, jangan lupa berlangganan dengan memasukan email Anda dibawah ini… Sekian dan terimakasih.

9 Komentar

  1. Thahyono Balas

    Kalau tv nya di belakangnya pakai hdmi colok flasdisnya dimana bang,,,mohon jawabanya mksh…

    • Yoga Perdana Saputra PenulisBalas

      tukang service bang, saya palah bingung kalo tv led tidak ada USB flasdisk nya, soalnya flasdisk komponen yang penting untuk melakukan flashing terhadap tv itu

  2. darwis Balas

    selamat malam mas, misal ni mas dalam proses updating terjadi error file #12 error loader ,
    pada kasus ini apa boleh kita matikan kabel powernya, memang sih tulisan atasnya masih melarang jangan di cabut powernya,
    terus saya ulangi proses dari awal, dan yang muncul langsung #12 error loader, maksudnya gimana mas, mohon pencerahannya

  3. Pingback: Cara Membuka Kunci TV Cina (Child Lock) - Inovatifku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *