Cara Jitu Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Berbicara mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android, Admin akan coba untuk memberikan solusi tentang masalah ini untuk Anda, terkadang muncul masalah pada Android, salah satunya aplikasi tidak terpasang saat sedang di instal, lalu apa hal yang menyebabkan aplikasi tidak dapat diinstal di Android? Yuk simak pembahasan dan solusinya di artikel ini.
Sudah bukan menjadi rahasia lagi, ponsel smartphone Android adalah salah satu ponsel cerdas yang sudah bisa memasang berbagai macam aplikasi didalamnya, untuk Android, toko aplikasi paling terkenal dan sudah menjadi aplikasi bawaan adalah produk Google yaitu Playstore, ini adalah salah satu tempat kumpulan berbagai macam aplikasi untuk perangkat Android, seperti game, sosial media, film dan lain sebagainya.
Tetapi tidak hanya playstore juga, sekarang sudah banyak bermunculan situs situs penyedia aplikasi untuk berbagai smartphone, seperti Android dan IOS, tetapi pernahkah Anda ketika sudah mengunduh aplikasi dan ketika proses pemasangannya lama dan akhirnya muncul notifikasi “Aplikasi Tidak Terpasang” ? Kenapa bisa begitu, ini adalah salah satu masalah pada Android yang sering terjadi dan cukup membuat kita berkeringat karena setiap mencoba ulang selalu tidak dapat dipasang.
Mengenal sedikit mengenai Android, disetiap perangkat seperti ini pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing, kekurangan pada hal ini sering disebut Bug yaitu masalah yang terjadi pada sistem ponsel tersebut dan terjadi kesalahan fungsi yang menyebabkan beberapa sistem tidak berfungsi dengan semestinya, ponsel samsung, xiaomi, oppo, vivo, Advan dan lainnya pun tidak luput dari yang namanya Bug, tetapi developer selalu memberikan Update sistem yang bertujuan untuk memperbaiki Bug yang ada sebelumnya.
Kenali apa penyebab ini bisa terjadi pada ponsel Anda, sebelum itu Admin akan memberitahu beberapa penyebab kenapa aplikasi error ketika diinstal dan tidak bisa dipasang, setelah membahas apa penyebabnya baru Admin akan langsung memberikan tips mengatasinya yang dijamin ampuh.

Mengenal Penyebab Kenapa Aplikasi Tidak Terpasang

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang
  • Yang pertama adalah karena aplikasi tersebut memang tidak cocok atau tidak kompatibel dengan versi perangkat Anda, memang ada beberapa aplikasi yang hanya mendukung versi tertentu saja, misalkan Android Anda versi Osnya adalah Kitkat, sedangkan Anda menginstal aplikasi yang hanya mendukung sistem operasi diatas Kitkat, maka jika terjadi kegagalan itu adalah hal yang wajar, jadi sebelum mengunduh aplikasi, Anda bisa melihat versi Android apa sajakah dan berapa sajakah yang didukung untuk menginstal aplikasi tersebut.
  • Lalu selain itu, penyebab pasti yang sering terjadi namun jarang disadari adalah karena penyimpanan ponsel penuh, seperti yang kita ketahui, penyimpanan setiap ponsel mempunyai batasan masing masing dan kapasitas yang berbeda beda, jika kapasitas sudah terlalu penuh dan Anda mencoba menambah aplikasi lain maka proses pemasangan tidak akan berhasil, karena tidak ada lagi ruang untuk menampung aplikasi tersebut, jadi lebih baik Anda cek terlebih dahulu apakah kapasitas memori masih tersedia atau tidak, jika tidak, coba untuk menghapus beberapa file sampai tersedia ruang kosong.
  • Salah satu penyebab yang jarang diketahui oleh pengguna Android adalah karena file apk yang didownload sudah rusak, ada beberapa penyebab file aplikasi rusak sehingga tidak bisa diinstal, salah satunya karena jaringan yang tidak stabil ketika mendownload aplikasi sehingga tidak semua file didalamnya dimuat dan menyebabkan aplikasi menjadi Corrupt. Solusinya adalah biasakan untuk mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya, seperti playstore.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jaringan Android Tidak Stabil Dari A-Z!

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

1. Copot Beberapa Aplikasi

Anda bisa mencoba uninstal beberapa aplikasi yang menurut Anda tidak terlalu berguna, hal ini bertujuan untuk memberikan ruang lebih jika penyimpanan ponsel sudah terlalu penuh, seperti penyebab diatas, penyimpanan yang penuh dapat menghambat proses pemasangan aplikasi,
Selain itu coba Anda pastikan bahwa Anda tidak memasang aplikasi yang sudah dipasang sebelumnya, maksudnya, Android tidak bisa memasang dua aplikasi yang sama dalam satu perangkat, misalkan Anda memasang aplikasi instagram dan memasangnya lagi padahal aplikasi sebelumnya masih terinstal walaupun berbeda versi namun tetap, tidak bisa memasang aplikasi yang sama dalam satu perangkat.

2. Reboot Ponsel

Reboot atau memulai ulang Android adalah pilihan yang terbaik karena dengan caara ini biasanya masalah malfungsi sistem bisa dengan cepat diatasi, fitur reboot atau restart ini memiliki fungsi yang lumayan bermanfaat karena dapat meniningkatkan kinerja ponsel dan memperbaiki kesalahan fungsi pada sistem
Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu restart dan reboot, sebenarnya kedua ini tidaklah berbeda, namun biasanya untuk Android yang sering dijumpai adalah Restart bukan reboot, setelah Android dinyalakan ulang, coba untuk memasang aplikasinya kembali, masih tetap tidak terpasang atau berhasil terpasang.

3. Mengubah Penyimpanan Aplikasi

Dibeberapa Android kita bisa mengatur tempat penyimpanan aplikasi yang ingin diinstal, bisa dipenyimpanan ponsel (internal stroge) atau dipenyimpanan lainnya seperti Kartu Memori (Eksternal stroge).
Hal ini bisa Anda manfaatkan jika salah satu penyimpanan sudah terlalu penuh, namun cara mengubah lokasi penyimpanan disetiap Android berbeda beda caranya, coba silakan Anda cari sesuai merek dan versi Android Anda untuk masalah yang satu ini.

Baca Juga: Cara Cepat Menyimpan File Whatsapp Ke Kartu Memori

4. Mengunduh Ulang Aplikasi

Ketika proses pengunduhan pastikan koneksi internet lancar apalagi file apk yang diunduh memiliki ukuran yang besar, jika kecepatan internet sedang tidak stabil dan Anda mengunduh apk yang memiliki ukuran besar sangat rawan sekali terjadi yang namanya Corrupt atau pengunduhan yang tidak sempurna sehingga aplikasi tidak dapat di instal di Android Anda.
Untuk memastikan apakah aplikasi benar benar corrupt atau tidak Anda bisa mencoba memasang diponsel yang berbeda dan memiliki versi yang tidak jauh beda dengan ponsel sebelumnya, apakah bisa terpasang atau tidak, jika tetap tidak bisa berarti memang file aplikasi yang bermasalah, bukan perangkatnya.

5. Pilih Aplikasi Yang Kompatibel Dengan Perangkat Anda

Banyak yang tidak menyadari dan tidak memperhatikan versi apa saja yang didukung oleh aplikasi tersebut dan kebanyakan orang langsung saja mengunduh tanpa membandingkan versii yang didukung dengan versi perangkat mereka, seperti yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi yang tidak kompatibel tidak akan bisa dipasang, kecuali Anda mengunduh versi lama yang masih mendukung versi Android Anda.
Anda juga bisa mencoba untuk update OS perangkat ke versi yang terbaru, namun Admin tidak menjamin cara ini 100% berhasil, karena biasanya akan ada beberapa masalah yang akan dihadapi ketika Anda memperbarui versi Android ke yang lebih tinggi, untuk hal ini bisa Anda serahkan kepada yang ahlinya agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.
Kesimpulannya, ada berbagai usaha yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini, Anda bisa mencoba langkah langkah diatas yang sudah Admin bagikan dalam bentuk artikel seperti ini, dijamin cara diatas dapat mengatasi aplikasi tidak terpasang di android, jadi jangan ragu ragu untuk memperaktekan cara ditas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *