Cara Melacak Kehadiran Karyawan Menggunakan Aplikasi Absensi

Bagi setiap perusahaan, mengetahui data kehadiran karyawan secara akurat jadi hal penting yang tak boleh diabaikan. Sebab, data tersebut sangat penting untuk kebutuhan proses payroll hingga menghitung cuti tahunan karyawan.

Maka dari itu, perusahaan harus bisa melacak absensi karyawan agar dapat memperhitungkan jumlah waktu dan mempermudah perhitungan ROI secara efektif. Disamping itu, alasan perusahaan melakukan pelacakan untuk menyiasati kecurangan yang sering dilakukan karyawan.

Meskipun di perusahaan Anda sudah menggunakan aplikasi absensi online berbasis GPS sekalipun, tetap ada saja tingkah karyawan nakal yang berusaha memberikan informasi palsu terkait kehadirannya di tempat kerja.

Untuk itu, di dalam artikel ini LinovHR akan membahas cara melacak kehadiran karyawan yang efektif agar tidak ada lagi fraud terkait masalah absensi.

Cara Melacak Kehadiran Karyawan

Memonitor kehadiran karyawan memang jadi pekerjaan rumah perusahaan terutama staff HR yang merepotkan. Apalagi saat karyawan harus bekerja dari rumah atau di luar kantor, akan sangat sulit memantau apakah mereka benar-benar bekerja atau tidak.

Baca Juga : Pakai Aplikasi Membuat Curriculum Vitae Gratis

Berikut ini ada beberapa metode yang bisa dilakukan perusahaan dalam melacak kehadiran karyawan.

1. Penggunaan Sistem GPS

Metode yang saat ini banyak digunakan perusahaan dalam memonitor absensi karyawan salah satunya dengan menggunakan sistem GPS. Penggunaan GPS dapat membantu divisi HR mengumpulkan jam kerja karyawan dan mencatat kehadiran karyawan di lokasi zero touch.

Dari penggunaan GPS perusahaan mendapatkan informasi lokasi dan peringatan aktivitas karyawan secara real time. Selain itu, pada aplikasi pelacakan GPS biasanya sudah dilengkapi fitur tambahan seperti panggilan push to talk atau olah pesan.

2. Sistem Biometrik

Pada awal-awal kemunculan absensi digital, sistem biometrik jadi pelopor mesin absensi modern yang memiliki keunggulan dari segi keamanan dan pelacakan kehadiran karyawan. Data kehadirannya akan sangat sulit dipalsukan karena tidak mungkin untuk menyalin sidik jari. Sehingga sistem ini akan membantu perusahaan memastikan bahwa karyawan benar-benar hadir di tempat kerja.

Teknologi biometrik tidak hanya sebatas pada penggunaan sidik jari saja, tetapi ada beberapa teknologi yang punya kemampuan memindai retina mata seseorang agar dapat dikenali.

3. Face Recognition

Selain menggunakan sidik jari, adapun teknologi lain yang bisa mencegah buddy punching yaitu dengan face recognition atau pemindaian wajah. Melalui antarmuka yang sederhana, Anda bisa mencetak laporan kehadiran dengan perangkat tablet dengan cepat. Pihak manajemen atau atasan bisa melacak jam kerja karyawan secara diam-diam. Dengan teknologi ini proses penggajian pun jadi lebih simpel.

4. Sistem HRIS

Selanjutnya ada sistem HRIS (Human Resource Information System) yang membantu manajemen perusahaan dalam membuat laporan kehadiran karyawan secara otomatis. Sistem ini akan membuat perusahaan mengelola sumber daya manusia lebih efektif dan efisien, sehingga berpengaruh terhadap pengambilan keputusan manajemen.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)

Apalagi sistemnya yang terintegrasi dengan payroll akan memudahkan perusahaan dalam menghitung penggajian. Tentu ini adalah sebuah solusi yang memberikan dampak positif baik dari sisi perusahaan dan juga untuk karyawan. Salah satu rekomendasi terbaiknya adalah dengan menggunakan aplikasi LinovHR.

Sistem dalam aplikasi LinovHR mampu memangkas waktu kerja HR, sehingga sisa waktu yang ada dapat dialokasikan untuk hal-hal yang jadi tujuan dan prioritas perusahaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kehadiran karyawan kini bisa dengan mudah dilacak terutama saat mengharuskan untuk kerja dari rumah. Adanya perangkat lunak absensi online, para pemilik bisa lebih mengoptimalkan bisnisnya karena segala proses administrasi yang berurusan dengan karyawan bisa diselesaikan lebih cepat.

Dalam hal ini software LinovHR memiliki semua yang dibutuhkan perusahaan dalam mengatur dan memonitor jam kerja karyawan. Tak hanya itu, perangkat lunak LinovHR hitung proses penggajian, rekrutmen, mengevaluasi kinerja karyawan, hingga bantu mengetahui kompetensi karyawan.

Penutup

Dengan demikian, pemilik bisnis dapat mengalokasikan sumber dayanya secara optimal dan efisien. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar