Cara Melakukan Overclock Graphics Card Dengan Mudah

cara mudah overclock graphic card

Cara Overclock Graphics Card. Tidak banyak orang tahu cara melakukan overclock graphics card mereka, dan banyak orang lain hanya takut karena akan mengacaukan komputer mereka jika tidak dilakukan dengan benar.

Overclocking graphics card pada umumnya merupakan proses yang aman dan tidak akan ada masalah jika kalian mengikuti langkah-langkah dengan tepat.

Sebelum itu bacalah seluruh panduan untuk mempelajari detail penting tentang overclocking, temukan perangkat lunak yang kalian butuhkan, dan untuk mengetahui langkah-langkah apa yang diperlukan untuk melakukan overclock kartu grafis kalian hingga potensi maksimalnya.

VGA merupakan komponen yang sangat menunjuang jika kalian menjadi para pencari bitcoin

Jadi anda jangan kawatir, karena saya sudah mencoba untuk melakukan overclock graphics card, maka ikuti turorial ini dengan benar, supaya maksimal hasilnya.

Cara Untuk Melakukan Overlocking Graphics Card

1. Software Untuk Overclocking

Untuk melakukan overclock graphics card, kalian akan membutuhkan dua buah software.

  • Pertama, kalian membutuhkan software yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan baru untuk GPU kalian.
  • Kedua, kalian akan membutuhkan program yang dapat menguji sistem kalian untuk memastikan pengaturan yang kalian gunakan stabil.


Kalian mungkin juga ingin mengunduh program ketiga opsional yang dapat memantau suhu GPU kalian. Kami menyarankan software overclocking di bawah ini:

  • Untuk software overclocking, kalian harus mengunduh MSI Afterburner dari MSI.com.
  • Untuk perangkat lunak pengujian, kalian harus mengunduh Heaven Benchmark.
  • Terakhir, jika kalian ingin monitor suhu dan tegangan ekstra, kalian dapat mengunduh GPU temp.

2. Memahami Apa yang Dilakukan Overclocking pada GPU

Sebelum kita masuk ke proses overclocking, mari kita bicara tentang apa yang sebenarnya dilakukan overclocking GPU. Pada dasarnya, overclocking GPU meningkatkan kinerjanya dengan meningkatkan kecepatan kinerja prosesor grafis.

Cara mudah overlocking graphics card dengan mudah dan terjamin jadi

Semua GPU diatur untuk berjalan pada kecepatan tertentu, yang disebut clock dasar, tetapi graphics card yang berbeda biasanya memiliki potensi untuk melampaui kecepatan yang ditetapkan oleh pabrikan.

Dengan kecepatan overclocking, GPU kalian akan meningkat suhu dan itu akan menarik lebih banyak daya. Penting untuk menemukan keseimbangan yang baik antara kinerja dan suhu yang stabil untuk graphics card.

Jika kalian mencoba untuk mendorong GPU kalian terlalu keras dengan overclocking MSI Afterburner munkin beberapa masalah akan muncul seperti kartu grafis akan menunjukkan gangguan grafis, atau PC Anda akan macet.

Namun jangan khawatir kalian hanya perlu memutar kembali kecepatan GPU kalian ke tingkat yang aman jika ini terjadi.

3. Memulai Overclocking

Sekarang kita telah membahas dasar-dasarnya, mari kita lihat bagaimana kalian dapat mulai melakukan overclock GPU.

  1. Pertama, buka MSI Afterburner. Kalaian harus memahami perangkat lunak ini saat menguji GPU.
  2. Sekarang saatnya untuk membuka perangkat lunak pengujian stres UNiGiNE Heaven. Setelah terbuka, kalian harus menjalankan tes dasar untuk melihat bagaimana kinerja graphics card kalian pada pengaturan clock default.
  3. Instal perangkat lunak UNiGiNE Heaven dan kemudian jalankan Heaven Benchmark 4.0 dari menu Start kalian.
  4. Setelah kalian berada di perangkat lunak UNiGiNE Heaven, klik RUN
  5. Di Heaven, kalian akan melihat adegan 3D dirender dan beberapa tombol di bagian atas. Klik tombol Benchmark di kiri atas untuk memulai proses pembandingan.
  6. Heaven akan menjalankan serangkaian tes.Selama pengujian, kalian akan bisa melihat suhu, frames, graphics clock, dan memory clock.
  7. Biarkan tes berjalan melalui semua 26 adegan. Ini bisa memakan waktu sekitar 10 menit. Selama tes, perhatikan statistik di kanan atas layar.

Setelah selesai kalian akan diberi skor dan statistik FPS rata-rata. Pastikan untuk menyimpan hasilnya.

Anda harus mencatat hal-hal berikut:
• Suhu selama pengujian
• FPS di akhir tes
• Skor di akhir tes.
GTX40 Overclock dengan mudah

4. Mempersiapkan Kartu Grafis untuk Overclocking

Sekarang setelah kalian menguji perangkat lunak, mendapatkan skor dasar kalian, dan memahami cara kerjanya, saatnya untuk melakukan overclock GPU kalian.

  1. Kembali ke MSI Afterburner dan klik ikon Pengaturan.
  2. Selanjutnya, klik pada tab General di Afterburner dan centang Unlock Voltage Control, Unlock Voltage Monitoring, dan Force Constant Voltage.
  3. Setelah menerapkan pengaturan di atas, klik OK. kalian akan diminta untuk me-restart pc kalian Klik OK.
  4. Setelah kembali dari restart, buka MSI Afterburner dan Unigine Heaven lagi.
  5. Kali ini, geser batas suhu Anda ke 87 derajat Celcius.
  6. Kalian harus memperhatikan bahwa slider batas daya (%) kalian juga naik.
  7. Letakkan slider voltase inti (%) sampai ke kanan. Persentase yang kaliam peroleh akan tergantung pada kartu grafis kalian.
  8. Terakhir, klik tombol Periksa di bawah bilah geser.

5. Menguji Graphics Card Stress

Sekarang setelah kalian memiliki pengaturan Afterburner MSI yang optimal, mulailah dengan menggerakkan slider core clock (MHz) ke kanan. Tambahkan +23 ke nomor tersebut dan klik tombol centang.

6. Langkah Terakhir untuk Overclocking GPU

Setelah selesai dengan overclocking, klik ikon Simpan di MSI device.Kalian sekarang dapat secara otomatis memuat pengaturan ini setiap kali kalian ingin overclock dan memiliki kinerja yang lebih baik saat memainkan game favorit kalian.

Tes terakhir adalah mencoba graphics card overclock kalian ke game favorit. Seharusnya kinerja akan ditingkatkan.

Namun pada beberapa game mungkin tidak berfungsi dengan baik dengan pengaturan overclock, jadi jika kalian melihat gangguan grafis atau game kalian crash, cukup klik tombol reset untuk kembali ke pengaturan default Try Other Relevant Tools.

Mungkin cuma itu tentang cara melakukan overclock dengan mudah, semoaga artikel ini dapat membantu semua yang membaca dan sesuai harapan si pembaca, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *