Cara Melaporkan Penipuan Lewat DANA agar Saldo Kembali

Mengalami penipuan merupakan salah satu hal paling menjengkelkan. Bagaimana tidak, uang yang sudah kita kumpulkan dengan susah payah akhirnya hilang begitu saja karena direnggut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya ialah penipuan lewat akun DANA yang kian marak terjadi akhir-akhir ini. Bagaimanakah cara melaporkan penipuan lewat DANA semacam ini?

Cara Melaporkan Penipuan Lewat DANA yang Terjamin Efektif

Apabila kalian mengalami penipuan, maka segera laporkan ke pihak Customer Care resmi DANA di beberapa kontak berikut:

1.      Call Center 24 Jam

Untuk tindak lanjut yang lebih cepat, kalian dapat menghubungi pihak CS dana melalui call Center di nomor 1500445. Layanan panggilan telepon ini tersedia 24 jam penuh sehingga kalian Sia menghubungi kapanpun dibutuhkan.

Layanan pelanggan melalui nomor telepon ini bisa kalian akses langsung via panggilan seluler maupun via panggilan telepon rumah. Namun, karena nomor tersebut nomor premium, jadi biaya telepon akan lebih mahal daripada biasanya.

2.      WhatsApp

Jika kalian tidak ingin repot-repot mengeluarkan puasa atau biaya telepon langganan untuk menelepon call Center, maka silakan gunakan layanan via Whatsapp di nomor 0819 1150 0445 via ponsel kalian masing-masing.

Layanan via Whatsapp hanya tersedia di jam kerja, jadi apabila kalian menghubungi di luar jam kerja maka respons akan sedikit lebih lambat dari semestinya.

3.      Email

Saat customer service membutuhkan data tambahan, umumnya mereka akan meminta kalian untuk mengirimkan dokumen yang diperlukan melalui email resminya di help@dana.id

Silakan siapkan segala dokumen yang diperlukan untuk keperluan pelaporan penipuan agar akun penipu segera dibekukan serta saldo akun kita dapat dikembalikan secepatnya.

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan untuk Laporan Penipuan

Selain harus melaporkan segala hal yang berkaitan dengan kejadian penipuan, kalian juga harus menyiapkan beragam jenis dokumen penting seperti berikut ini:

  • Bukti transaksi penipuan
  • Screenshot akun DANA
  • Screenshot mutasi rekening
  • Nomor rekening penipu
  • Akun DANA penipu
  • Profil penipu
  • Chat log (riwayat chat di sosmed / WA)
  • Phone call log
  • Bukti lain jika ada

Semakin lengkap dokumen yang kalian lampirkan, maka akan semakin kuat pula laporan yang kalian kirimkan sehingga proses pengajuan laporan akan segera diproses.

Cara Agar Terhindar dari Penipuan Lewat DANA

Nah, agar kalian tidak mengalami penipuan di lain waktu, maka ada baiknya untuk melakukan tindakan pencegahan berikut ini:

a)      Rutin Ganti PIN

Banyak pihak yang memanfaatkan celah keamanan PIN akun DANA melalui brute force agar bisa masuk ke akun seseorang tanpa diketahui pemilik akun.

Untuk mengatasi hal ini, maka saya sarankan untuk melakukan tips – tips berikut:

  • Jangan beri tahu PIN ke pihak lain: pihak DANA tidak akan meminta para penggunanya untuk memberikan nomor PIN, jadi bila kalian diminta untuk memasukan PIN, maka itu adalah penipuan.
  • Gunakan PIN yang kuat: jangan pakai PIN yang mudah ditebak oleh orang lain seperti dibuat dari tanggal lahir, nomor HP, angka yang berurutan, ataupun angka yang mudah ditebak lainnya.
  • Rajin ganti PIN: usahakan untuk mengganti PIN minimal 3 bulan sekali agar tidak mudah dicuri dan disalah gunakan oleh orang lain.
  • Jangan gunakan PIN akun lain: hindari penggunaan PIN akun DANA yang sama dengan PIN lock HP kalian, PIN internet banking, PIN aplikasi e-wallet lain, serta PIN akun lainnya.
  • Waspada saat memasukan PIN: jangan sampai teman, saudara, atau bahkan sahabat kita sendiri tahu PIN DANA kita karena hal itu rawan sekali disalahgunakan.

Baca juga: Cara Melaporkan Nomor GoPay Penipu agar 100% Saldo Kembali

b)      Jaga Kerahasiaan OTP

Saat akan masuk ke dalam akun DANA ataupun saat akan ganti data berupa email, nomor HP, ataupun password, sistem pasti akan meminta kode OTP sebagai salah satu tindakan keamanan yang wajib dilakukan.

OTP (One Time Password), ini sangatlah berisi rangkaian 4 – 6 angka unik yang berlaku hanya selama beberapa menit. Nah, agar OTP aman, maka pastikan untuk melakukan beberapa tips berikut:

  • Jangan berikan OTP kepada pihak manapun, termasuk pihak yang meminta kode OTP yang mengatasnamakan pihak DANA sekalipun.
  • Segera masukan kode OTP apabila sudah diterima melalui SMS agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
  • Pastikan hanya memasukan kode OTP pada halaman aplikasi resmi, jangan masukan ke web apapun karena bisa dipastikan itu adalah phising.

c)      Hindari Phising Sebisa Mungkin

Salah satu modus penipuan yang paling sering digunakan oleh para pelaku peretasan dan penipuan akun DANA ialah dengan melakukan phising yang menggunakan website atau aplikasi palsu. Nantinya, jika kalian memasukan data seperti password dan username melalui aplikasi tersebut maka akun kalian akan langsung di bobol.

Ada beberapa cara yang dapat kalian coba untuk menghindari phising. Berikut di antaranya:

  • Gunakan aplikasi resmi DANA yang telah di unduh dari playstore, jangan instal aplikasi dari sumber lain karena bisa saja disisipi software berbahaya.
  • Hindari link-link yang meragukan yang dikirim melalui email, chat, sosial media, atau platform lainnya. Hiraukan saja apabila kalian dikirimi link mencurigakan.
  • Saat mengunjungi website, pastikan untuk mengunjungi website yang sudah menggunakan https secure pada domain yang digunakan.

Apakah Saldo DANA Saya bisa Kembali?

Saldo DANA yang telah ditipu apakah bisa kembali? Tenang, dengan adanya layanan “DANA Protection”, maka segala transaksi yang tidak wajar akan dikembalikan ke akun semula.

Selain itu, akun DANA yang digunakan untuk menipu maka akan segera diblokir oleh pihak DANA sehingga saldo mereka pun akan ikut dibekukan.

Demikianlah beragam cara melaporkan penipuan lewat DANA yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar