Cara memasukan kode remote TV dengan mudah

Cara memasukan kode remote TV – Remote TV universal sangat memudahkan sobat untuk mengontrol televisi serta dapat digunakan sebagai pengganti dari remote bawaan yang rusak ataupun hilang. sobat dapat memasukan kode remote TV menggunakan remote multi merk Joker, Chunghop atau yang lainnya. Namun sebelum itu, pastikan sobat memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

  1. sudah memasang baterai ke remote TV universal
  2. Memastikan remote berfungsi dengan baik supaya dapat terhubung ke televisi.

Setelah dipastikan baterai sudah terpasang serta remote TV masih berfungsi dengan baik, sekarang saatnya untuk mengatur kode remote TV. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 3 cara memasukan kode remote untuk semua merk TV, termasuk Sharp, Polytron, Samsung, Panasonic serta lain-lain.

Cara Memasukan Kode Remote TV Manual

Cara paling mudah untuk setting kode remote TV universal adalah dengan memasukan kode sesuai dengan merk TV yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan sudah mencatat kode remote untuk merk serta model TV sobat. Untuk melihat daftar kodenya, sobat dapat membaca artikel tentang “kumpulan kode remote TV universal”.

Baca juga : Setting dan Kode Remote TV Universal Semua Tipe

Apabila sudah menemukan kode yang sesuai, langsung saja simak langkah dibawah ini untuk memasukan kode tersebut ke remote universal:

  • Pertama, hidupkan televisi sobat.
  • Klik serta tahan tombol [SET] pada remote TV beberapa detik hingga lampu indikator berwarna merah menyala.
  • Atau, tahan tombol [SET] sambil menekan tombol [Power] hingga lampu indikator berwarna merah menyala.
  • Setelah itu, masukan kode remot sesuai merk TV sobat. Biasanya terdiri dari 3-5 digit angka.
  • Maka otomatis lampu indikator pada remote akan mati setelah sobat selesai memasukan kode remote TV.
  • Namun apabila tidak, sobat perlu menekan tombol [Power] supaya lampu indikator remote mati.

Cara Memasukan Kode Remote TV Otomatis

Pencarian kode otomatis dapat dicoba apabila tidak menemukan kode remote yang sesuai untuk merk TV sobat. Dengan menggunakan metode berikut, secara otomatis remote universal akan mencari daftar kode yang paling cocok dengan TV yang ingin dihubungkan.

Silakan simak langkah-langkah dibawah ini untuk mengaturnya:

  • Pertama, hidupkan televisi sobat.
  • Klik serta tahan tombol [SET] pada remote TV beberapa detik hingga lampu indikator berwarna merah menyala.
  • Atau, tahan tombol [SET] sambil menekan tombol [Power] serta tunggu hingga lampu indikator berwarna merah menyala.
  • Arahkan remote ke TV lalu klik tombol [Vol + / Vol -] pada remote hingga TV merespon.
  • Apabila ada respon seperti volume yang naik atau turun sendiri, berarti remote berhasil terhubung.
  • Klik tombol [Power] untuk menghentikan pencarian kode otomatis.

Cara Setting Remote TV Universal dengan IR Learning

Pernahkah sobat mendengar remote yang dilengkapi dengan teknologi IR learning? Ini merupakan fitur canggih yang sudah ada di beberapa merk remote universal yang berfungsi untuk mengkloning fungsi dari remote TV bawaan. Jadi sobat tidak perlu lagi memasukan kode remote.

Baca juga : Cara Menyalakan Tv Standby Tanpa Remote Terbaru!

Sebelum mengsimak tutorial dibawah ini, pastikan remote universal yang sobat gunakan memang sudah mendukung IR learning. Salah satu merk smart remote yang dilengkapi dengan fitur ini ialah Chunghop.

  • klik tombol [TV] pada smart remote.
  • Kemudian, aktifkan mode [Learning] pada smart remote. apabila tidak ada tombol Learning di remote, sobat dapat membaca buku panduan untuk mengetahui tombol mana yang dapat menjalankan fungsi ini. Karena tidak semua remote universal yang ada sudah mendukung opsi ini.
  • Setelah itu, hadapkan remote TV bawaan dengan smart remote IR learning (seperti gambar diatas). Lalu klik setiap tombol pada remote bawaan, seperti Volume, Channel, Setting, dll.
  • Secara otomatis remote IR learning akan mengkloning fungsi dari remote bawaan tersebut.
  • Terakhir, coba hubungkan remote IR learning ke TV sobat. apabila ada respon, berarti cara ini berhasil.

Metode ini memang lebih rumit dibandingkan yang sebelumnya, namun IR Learning sangat memudahkan sobat apabila tidak ada satupun kode remote yang cocok. apabila tidak berhasil, sobat harus mengulangi langkah diatas dengan lebih teliti lagi.

Kenapa Remote TV Universal Tidak Berfungsi?

Perlu diketahui, tutorial diatas memang tidak selalu berhasil, oleh karena itu, sobat perlu mencatat beberapa poin dibawah ini:

  • Tidak semua remote universal mendukung semua merk TV.
  • Remote TV universal bukan sepenuhnya pengganti dari remote TV bawaan. Karena terkasertag hanya ada beberapa tombol saja yang berfungsi. Seperti volume, channel, pengaturan atau mode. Sesertagkan yang lainnya tidak.
  • Setiap remote universal dilengkapi kapasitas memori yang berbeda. Sehingga sobat sangat direkomendasikan untuk membeli remote universal berkualitas baik yang dapat menyimpan banyak data & kode remote.

Penutup

Mungkin itulah alasannya kenapa remote TV universal sobat tidak merespon sama sekali atau hanya beberapa tombol saja yang berfungsi. Kesimpulannya, cara memasukan kode remote TV dapat dilakukan dengan banyak cara serta tentunya harus menggunakan remote multifungsi.

Tinggalkan komentar