Cara Membuat Filter Instagram Sendiri | Paling Mudah

2 min read

cara membuat filter instagram

Ada kabar baik untuk pengguna Instagram, karena Facebook sudah menyediakan sebuah software khusus untuk membuat filter instagram sendiri sekalipun Anda tidak sama sekali paham terhadap bahasa pemprograman, software ini tergolong mudah untuk digunakan, termasuk untuk pemula.

Software yang memudahkan kita untuk menciptakan filter instagram sendiri diberi nama Spark AR Studio atau singkatan dari (Augmented Reality) yang bisa langsung diunduh dan dipasang pada komputer atau PC Anda tanpa harus membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Karena software pembuat filter instagram ini memiliki ukuran yang ringan, jadi tidak menuntut Anda untuk menginstallnya pada pc atau laptop dengan spek tinggi, software ini sudah tersedia untuk pengguna Windows maupun MacOS.

Dengan menggunakan Spark AR Anda bisa membuat filter keren dan canggih, bisa mengikuti pergerakan wajah layaknya filter-filter lain yang sudah tersedia, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat sendiri, siapa tahu ciptaan Anda menjadi populer dan banyak digunakan pengguna Instagram lainnya.

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri dengan Spark AR

Agar proses pembuatan filter lancar, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan gambar yang didukung oleh Spark AR dengan format PNG atau yang lainnya yang bisa digunakan tanpa background, Anda bisa menemukan gambar dengan format tersebut disitus penyedia gambar, atau langsung mengambilnya di google yang tanpa license.

Jika bahan tersebut sudah siap, sekarang lanjut ke tutorial pembuatannya, berikut ini pembahasan lengkapnya:

Pertama, silakan login ke Spark AR Studio menggunakan akun Facebook yang sudah terhubung dengan akun Instagram Anda.

Setelah gambar disiapkan, buka aplikasi Spark AR Studio yang sudah Anda instal, lalu klik opsi dengan tulisan Create Project.

Jika sudah mengklik Create Project, Anda akan melihat bagian Scene yang letaknya ada dibagian sebelah kiri layar, lalu klik tombol Object pada bagian tersebut, kemudian pilih opsi Face Tracker (dapat mendeteksi pergerakan wajah ketika filter digunakan)

cara membuat filter instagram 1

Setelah itu, klik Insert , Anda akan melihat Object baru bernama facetracker0 pada bagian Scene, lalu klik kanan pada objek tadi > Face Mesh (untuk menambah efek 3D pada filter yang dibuat)

cara membuat filter instagram 2

Nah, pada bagian ini Anda bisa menambahkan gambar yang sudah disiapkan sebelumnya sebagai bahan untuk membuat filter sendiri kedalam Face Mesh, caranya silakan klik kanan pada bagian faceMesh0 yang ada pada bagian Scene, kemudian beralih pada bagian Inspector (menu yang ada dibagian sebelah kanan layar.

Kemudian, cari menu Material pada bagian tersebut, lalu klik tombol Plus (+) yang ada disampingnya, maka akan muncul material0 dibagian Assets secara otomatis (letaknya ada dibagian bawah scene)

Baca juga: 3 Filter Instagram Story Paling Seru & Populer

Selanjutnya, silakan klik pada Asset tersebut, kemudian klik Shader Type lalu ubah menjadi Face Paint, selain itu juga jangan lupa untuk klik opsi Choose File dan pilih gambar atau bahan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

cara membuat filter instagram 3

Pada tahap ini Anda sudah berhasil membuat filter instagram sendiri, terakhir tinggal simpan filter tersebut dengan nama sesuai keinginan Anda, tetapi Anda juga bisa mencobanya terlebih dahulu dengan mengklik tombol Send, lalu pilih tulisan Send to App.

Lanjut untuk klik Send pada bagian opsi Instagram Camera, jika berhasil Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari akun Instagram yang sudah ada pada ponsel Anda.

cara membuat filter instagram 4

Jika notifikasi sudah ada, silakan klik notifikasi tersebut, maka secara otomatis akan langsung dialihkan ke hasil filter yang Anda buat sendiri, mudah bukan?

Baca juga: Cara Mengatasi Komentar Instagram yang Diblokir

Agar filter hasil buatan Anda cepat populer, jangan lupa untuk melakukan promosi dan meminta teman-teman Anda untuk mencoba hasil karya tersebut. Jadi Spark AR Studio ini sangat membantu sekali pengguna Instagram untuk berkarya, bukan hanya sekedar menjadi pengguna saja.

Demikian artikel mengenai cara membuat filter Instagram sendiri dengan Spark AR Studio, tutorial sudah yang paling mudah, jadi tunggu apalagi? yuk coba membuat filter sekarang! Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Ampuh

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka – Hallo kawan! Selamat datang di Tengk Tutorial, Blg yang berisi artikel artikel bermanfaat, dan mudah dipahami, dibuat...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *