Cara Membuat Kipas Angin USB Sederhana

Cara Membuat Kipas Angin USB – Hallo kawanku! Selamat datang di Tengku Tutorials, blog yang berisi artikel yang bermanfaat untuk Anda dan sangat mudah untuk dipahami lho! salah satu artikel bermanfaat dan mudah dipahami adalah artikel mengenai tutorial cara membuat kipas angin USB sederhana. Nah zaman sekarang memang zaman yang canggih, banyak gedung gedung besar dan rumah kaca, karena banyaknya rumah kaca yang tersebar diindonesia membuat udara menjadi lebih panas, atau sering disebut Global Warming atau pemanasan global, jadi tidak heran banyak orang yang memasang AC dirumahnya, dan ada juga yang hanya memasang kipas Angin. kelebihan kipas angin biasa yaitu lebih hemat listrik dibanding AC ( Air Conditioner ) , kipas angin pun banyak modelnya salah satunya kipas angin yang bisa disambungkan dengan kabel USB.
Banyak jenis kipas angin yang mungkin sudah Anda ketahui, mulai dari kipas angin manual dan otomatis, biasanya yang manual sering digunakan ibu ibu saat pergi kepasar dan dipakai ketika kepanasan, ada juga kipas manual yang terbuat dari bambu yang termasuk dalam seni kerajinan tangan dan biasanya digunakan oleh tukang sate. Namun banyak juga kipas angin yang otomatis yang sudah menggunalan Listrik.
Jika dulu kipas angin dari listrik berukuran besar dan sulit dibawa bawa kemana mana, sekarang sudah ada Lho kipas angin canggih ukurannya mini dan otomatis yaitu kipas Angin USB yang menggunakan Port USB dan bisa disambungkan dengan Power Bank lho kawan! semakin hari memang semakin canggih, teknologi yang semakin mempermudah segala kegiatan manusia termasuk kipas angin keren uang satu ini.
Kelebihan kipas angin USB adalah bisa dibawa kemana mana tanpa karena ukurannya kecil, bisa dicharger lho kawan! namun jika ukurannya kecil maka anginnyapun tidak akan besar tetapi tetap terasa sejuk kok kawan! 
Anda bisa membeli Angin seperti ini biasajya banyak tersedia di Toko Aksesoris HP, dan toko elektronik, jika membelinya tentu harganya lebih mahal dari pada membuat sendiri, Nah Tengku akan membagikan sebuah Artikel tutorials yang membahas mengenai cara membuat kipas angin USB yang tengku akan bagikan disini.
Selain Kipas Angin USB, ada juga kipas angin yang bisa Anda buat sendiri dirumah yaitu menggunakan Dinamo Motor , Anda bisa memanfaatkan dinamo mainan mobil mobilan anak anak biasanya mobil Tamiya, dan Anda juga bisa mengambil dinamo bekas DVD atau VCD rusak yang sudah tidak terpakai, jika menggunakan Dinamo tamiya maka suaranya akan berisik dan cukup mengganggu, tetapi jika menggunakan dinamo bekas VCD maka suaranya Halus dan putarannya kencang tetapi Anda cari saja dinamo bekas karena barang ini yang paling penting untuk membuat kipas Angin USB maupun Non USB sendiri.
Tengku Tutorials sudah membagikan tutorialnya diartikel yang Anda baca sekarang ini, Tengku akan membahas bagaimana cara membuat kipas Angin USB saja bukan yang lainnya karena kipas Angin USB lebih mudah dan praktis jika dipakai, untuk membuatnya tidaklah harus dengan uang yang banyak, karena bahan bahannyapun sederhana kok kawan! Anda bisa memanfaatkan benda yang sudah tidak terpakai. Lalu apa saja bahannya? berikut bahan bahan dan cara membuatnya.

Cara Membuat Kipas Angin USB Sederhana


Sebelum lanjut ketutorialnya. Anda harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu biar kipas Angin USBnya lancar tanpa kendala, apa saja bahannya? berikut bahannya.


Bahan Bahan


• Dinamo Bekas, Anda bisa menggunakan dinamo motor mainan anak anak seperti tamiya dan mobil mobil remote yang sudah tidak terpakai.
• 1 buah kabel USB , usahakan kabel normal tidak putus, Anda bisa mrnggunakan kabel USB dsri Charger yang sudsh tidak terpakai.
• 2 Buah Kaset VCD atau DVD bekas yang sudah tidak terpakai ( Untuk baling baling )
• Gabus, Lilin, Obeng, Terminal kabel, Selongsong Pipa atau apa saja yang mirip seperti itu.
Jika bahan bahannya sudah lengkap semua, baru deh Anda boleh lanjut ketutorial utamanya, berikut dibawah ini Tengku akan membahas langkah langkahnya .

Langkah Langkah


• Yang pertama adalah siapkan satu buah kaset dan pulpen lalu buat 8 pola garis di kaset dengan pilpen dan panaskan lalu bentuk seperti lengkungan baling baling kipas Angin, ( Jangan terlalu lama karena nanti kaset akan keras lagi dengan sendirinya.
• Yang kedua adalah siapkan tutup botol  dan kawat, lalu lubangi tutuo botol menggunakan kawat.
• Selanjutnya potong kabel berwarna putih dan warna hijau sampai hqnya kabel hitam dan merah saja ang tersisa.
• Jika sudah maka selanjutnya adalah pasang kabel yang tadi yaitu merah dan putih ke terminal kabel.
• Lalu jangqn lupa masukan terminal kabel ke bqhan yang sudah disebutkan tadi yaitu  memasukan terminal kabel ke slongsong pipa atau apa saja yang Anda punya asalkan memungkinkan.
• Lalu sambungkan kabel dengan dinamo yang sudah Anda siapkan sebelumnya, Kabel merah berarti ( + ) dan kabel berwarna hitam berarti ( – ) .
• Lalu beri lubang pada tutup botol dengan cara dilubangi menggunakan kawat, selanjutnya silakan masukan tutup botol yang sebelumnya sudah dibuat oleh Anda.
•  Selanuutnya kupas kabel USB , selanjutnya kabel putih dan hijau dipotong hingga hanya tersisa kabel merah dan hitam saja.
• Untuk lebih jelasnya Ada bisa lihat gambar dibawah ini :
cara membuat kipas angin usb

cara membuat kipas angin usb

cara membuat kipas angin usb

kipas angin usb

 kipas angin usb

cara membuat kipas angin usb

cara membuat kipas angin usb

cara membuat kipas angin usb

cara membuat kipas angin usb

cara membuat kipas angin usb

Sebenarnya sangat mudah membuat kipas angin menggunakan USB, Saya jamin Anda akan berhasil jika benar benar mengikuti langkah langkah diatas, Nah kipas angin USB sangat bermanfaat, sederhana dan mudah dibawa kemana mana , kipas ini tanpa baterai jadi jika ingin dinyalakan berarti harus menyambungkan USB ke Charger ataupun power bank, Selamat mencoba.
Demikian tutorial singkat yang bisa Tengku bagikan keteman teman, semoga artikel ini yaitu artikel dengan judul Cara Membuat Kipas Angin USB sederhana bermanfaat untuk Anda, jangan lupa bagikan artikel ini jika tutorialnya berhasil, jangan ketinggalan artikel menarik lainnya di Tengku Tutorials selamat beraktivitas kembali kawan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *