Cara Memindahkan Penyimpanan File Media Whatsapp Ke SD Card

Cara Memindahkan Penyimpanan File Media Whatsapp Ke SD Card atau kartu memori memang banyak dicari oleh orang orang termasuk Anda, karena sekarang hampir semua orang menggunakan Aplikasi Whasapp.Aplikasi ini sekarang sedang populer, tetapi jika ada file yang dikirim dari Whasapp biasanya tidak langsung tersimpan ke Sd card atau kartu memori, biasanya otomatis tersimpan ke penyimpanan internal, lalu bagaimana cara whatsapp otomatis ke penyimpanan kartu memori?

Banyak kendala karena masalah ini, seperti memori internal sudah penuh dan tidak bisa menerima file whatsapp yang dikirim oleh rekan Anda, salah satu cirinya adalah tidak bisa mengunduh media seperti gambar, video, audio dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Status Whatsapp Error Tidak Bisa Dibuka

Cara paling ampuh untuk mengatasi masalah itu adalah memindahkan penyimpanan file yang sudah tersimpan sebelumnya di memori internal ke sd card atau kartu memori eksternal, agar ruang di internal stroge kosong dan bisa menerima file kembali.

Biasanya file yang dikirim via whatsapp itu berbentuk media berupa Gambar, Audio, Video, Text, Gif dan masih banyak yang lainnya. Tentunya Anda akan kesulitan jika tidak bisa menerima file tersebut.

Melihat permasalahan tersebut, Admin akan coba memberi trik agar penyimpanan whatsapp ke sd card dengan cara memindahkan media dari penyimpanan internal ke eksternal, jadi ini bukan otomatis ya, Anda harus terus memindahkan ruang penyimpanan file yang baru terkirim.

Artikel Lainnya: Cara Backup Kontak Whatsapp Untuk Antisipasi Jika Kontak Whatsapp Hilang

Sebelum membahas triknya, lebih baik kita memahami apa sih sebenarnya Whatsapp itu, bagaimana cara menginstall whatsapp yang benar ke smartphone, lalu terakhir adalah tutorial memindahkan data whatsapp ke kartu memori.Berikut tutorialnya cara memindahkan penyimpanan file whatsapp ke kartu sd atau sd card :

Apa Itu Whatsapp?

Cara Memindahkan Penyimpanan Whatsapp ke Sd Card


Menurut Wikipedia WhatsApp merupakan Aplikasi messenger atau perpesanan seperti sms, dan aplikasi messenger lainnya yang memungkinkan kita betukar pesan tanpa biaya sms ( Pulsa) whatsapp menggunakan Kuota internet yang tentunya lebih hemat dibanding menggunakan pembayaran Pulsa.

Selain mengirim dan bertukar pesan, whatsApp juga bisa digunakan untuk telepon, voice note, dan video call yang memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain.   (Sumber Wikipedia dan sedikit ditambah oleh saya)

Bagaimana Cara Menginstall WhatsApp Ke SmartPhone?


Jika Anda belum pernah memasang aplikasi WhatsApp ke handphone Anda tentunya Anda juga bisa memasang sendiri, di smartphone sudah tersedia toko penjualan Aplikasi mobile, seperti Playstore, Appstore, dan mobomarket sesuai fitur yang disediakan di smartphone Anda.

Selain mendownload, Bisa juga meminta Aplikasi WhatsApp ke teman Anda yang sudah punya, dengan cara dikirim via Bluetooth ataupun Aplikasi ShareIt ,Disarankan menggunakan Shareit untuk mengirim file berukuran besar karena prosesnya cepat.

Baca Juga: Cara Instan Membuka Whatsapp Yang Diblokir Tanpa Mengganti Nomer Ponsel

WhatsApp juga cara penggunaannya mudah, bukan menggunakan Akun google atau gmail, tetapi menggunakan No handphone yang sangat memudhkan Anda, jadi tidak perlu daftar Email dulu.

Tentunya WhatsApp juga memiliki kekurangan dan kelebihan, berikut Adalah kelebihan dari Aplikasi WhatsApp :

  • Bisa Mendacadangkan Data Percakapan sebelumnya.
  • Menyimpan percakapan dalam bentuk text atau tulisan.
  • Kontak bisa diblokir.
  • Menghentikan Download yang berjalan otomatis.
  • Merubah huruf menjadi miring, tebal, dan underline.
Kekurangan Aplikasi WhatsApp:

  • Volume data yang lumayan besar.
  • Harus sering diperbaharui/Update
  • Emoticon yang kurang menarik.
Setelah melihat kekurangan dan kelebihannya, anda bisa menentukan dan menilai sendiri, Apakah aplikasi itu cocok atau Anda atau tidak. Nah yang sekarang akan saya bahas dan permasalahan utamanya adalah Cara memindahkan file WhatsApp Ke Sd Card / kartu memori. Berikut dibawah ini cara dan gambarnya:

Cara Memindahkan Penyimpanan Whatsapp Ke Kartu Memori

  • Pastikan ada file yang ingin dipindahkan
  • buka aplikasi file manager di Android atau Ios Anda dan pilih Internal Stroge ( penyimpanan internal ) berikut gambar yang diambil dari Smartphone Os Lolipop :
  • Selanjutnya cari folder yang bertuliskan WhatsApp, biasanya ada dipaling bawah, jika ketemu maka selanjutnya adalah klik folder WhatsApp Tersebut. Jika sudah maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini :
cara memindahkan penyimpanan whatsapp ke sd card
  • Nah lalu pilih folder yang bertuliskan “Media” ,seperti gambar diatas, jika sudah di klik maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini :
cara memindahkan penyimpanan media whatsapp ke kartu sd
  • Ada banyak folder yang beriai file difolder media,berupa gambar, video, dokumen audio dan banyak lagi, silakan Anda pilih jenis file yang ingin dipindahkan ke sd card, sebagai contoh saya memilih semua folder, seperti gambar berikut :
Cara Memindahkan Penyimpanan Whatsapp Ke SD CARD
  • Nah saya sudah tandai semua File yang akan dipindahkan ke sd card, jika sudah ditandai semuanya. Maka selanjutnya pilih Salin Atau Pindah sesuai kepentingan Anda, sebagai contoh saya akan Salin file tersebut seperti gambar dibawah :
Cara Media Whatsapp Pindah KE SD CARD
  • Nah saya akan menyalin file yang tadi sudah ditandai ke Sd card atau kartu memori, maka klik tulisan Penyimpanan Eksternal (Sdcard) seperti gambar diatas. Jika sudah di klik maka tampilannya kurang lebih akan seperti dibawah ini :
cara pindah penyimpanan whatsapp ke sd card
  • Jika sudah langkab selanjutnya adalah klik tulisa. Tempel.  Selesai. Cara diatas adalah contoh untuk menyalin file. Jika anda ingin pindahkan maka pilih tulisan pindah/Move bukan Salin.
Diatas kurang lebih adalah cara memindahkan penyimpanan media WhatsApp ke sd card. Saya harap setelah Anda membaca artikel ini jadi bertambah ilmunya dan bermanfaat untuk diri anda maupun orang lain. Itulah artikel dengan Tema WhatsApp. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih…

1 Komentar

  1. Pingback: 3 Cara Menyembunyikan Status Sedang Mengetik di Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *