Cara Memperbaiki Bluetooth Error Tidak Bisa Aktif di Android

Bluetooth adalah salah satu fitur yang ada pada smartphone seperti Android dan fitur ini sudah ada sejak lama, walaupun sudah banyak aplikasi pengirim file lainnya, tetap saja bluetooth masih berperan penting, oleh karena itu ketika bluetooth error banyak yang mencari cara memperbaiki blutooth tidak bisa aktif di android.

cara memperbaiki bluetooth tidak bisa menyala

Kendala yang sering terjadi ketika kita ingin mengaktifkan fitur bluetooth adalah terkadang tidak bisa menyala dan tidak bisa dimatikan kembali, masalah ini menghambat kita jika ingin mengirim file melalui bluetooth, tidak sedikit pengguna hp Android yang mengalami masalah bluetooth rusak.

Kerusakan pada bluetooth bisa disebabkan karena beberapa hal yang berbeda beda, penyebab umumnya adalah karena terjadi kesalahan fungsi pada sistem Android yang menyebabkan beberapa fitur tidak bisa berfungsi seperti semestinya, malfungsi atau kesalahan fungsi seperti itu bisa juga diatasi.

Bluetooth masih tetap menjadi fitur yang wajib tersedia diperangkat Android terbaru zaman sekarang, karena fungsinya yang bermanfaat yaitu mengirim file dari ponsel satu ke ponsel yang lainnya, jika dahulu terasa lama saat mengirim file via bluetooth, sekarang sudah dikembangkan agar kecepatan mengirimnya lebih baik lagi.

Pada kesempatan sekarang ini, Admin akan mencoba berbagi pengalaman mengenai cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa dinyalakan, Admin akan memberikan beberapa tips berbeda dan dijelaskan secara rinci, agar bluetooth android Anda tidak error lagi dan bisa mengirim file, mendeteksi bluetooth lainnya dengan mudah.

Cara Mengatasi Bluetooth Yang Tidak Bisa Aktif di HP Android

1. Mode Pesawat

Mode pesawat sebenarnya memiliki fungsi utama yaitu digunakan saat kita berada didalam pesawat yang bertujuan untuk menonaktifkan sinyal pada ponsel agar tidak mengganggu penerbangan pesawat.

Mungkin kita belum mengetahui fungsi dan manfaat tersembunyi dari Airplane Mode, diantaranya adalah bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan sinyal dan jaringan ponsel yang sedang ada gangguan atau lambat dengan cara mengaktifkan mode pesawat beberapa detik lalu menonaktifkannya kembali.

Selain untuk menyegarkan jaringan ponsel, dengan menyalakan airplane mode juga berpengaruh pada bluetooth lho! terkadang bluetooth yang tidak bisa menyala bisa diatasi dengan cepat menggunakan mode pesawat, caranya sama, yaitu mengaktifkan airplane mode beberapa detik lalu menonaktifkannya kembali dan coba untuk aktifkan bluetooth.

2. Memulai Ulang Android

Android terasa lambat? atau aplikasi dan sistem ada yang error? coba atasi semua masalah itu dengan memulai ulang perangkat atau yang paling sering didengar adalah Restart, ya benar! restart memiliki fungsi utama yaitu untuk menormalkan dan memaksimalkan kinerja android yang biasanya sudah digunakan terlalu lama.

Ponsel yang digunakan terlalu lama terus menerus biasanya performa akan menurun ditandai dengan rasa lambat atau lag pada Android dan juga aplikasi yang error, baik itu aplikasi pihak ketika atau aplikasi sistem termasuk bluetooth.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Bluetooth Tidak Bisa Mendeteksi/Pairing

Jika Anda tidak bisa menyalakan bluetooth, pertama kali cobalah untuk menyalakan ulang Android (restart/reboot) atau mencabut baterai lalu memasangnya kembali, coba menyalakan Android dan mengaktifkan bluetooth kembali, jika menyala berarti tips yang satu ini berhasil!

3. Membersihkan Cache Bluetooth

Pada dasarnya setiap aplikasi baik itu bawaan ataupun pihak ketiga (hasil download sendiri) pasti akan menyimpan banyak atau sedikitnya file sampah yang diberi nama Cache, ketika file tersebut sudah terlalu banyak biasanya akan berpengaruh pada aplikasi tersebut.

Pengaruh cache yang sudah berlebih adalah dapat membuat aplikasi error ketika dijalankan, contohnya, whatsapp, jika terlalu banyak data yang tersimpan, ketika dibuka akan blank putih dan terasa lambat, namun tidak lambat lagi jika Anda menghapus file cache tersebut.

Bluetooth juga tidak tertinggal dari yang namanya cache, jadi tidak salah jika Anda membersihkan file tersebut untuk memperbaiki bluetooth bisa di aktifkan di android, caranya silakan buka pengaturan > aplikasi > bluetooth > bersihkan data, selesai, coba untuk menyalakan bluetooth kembali.

4. Upgrade Atau Downgrade Versi Android

Upgrade adalah meningkatkan versi perangkat smartphone Anda, biasanya akan ada notifikasi jika file update tersedia, seperti ponsel xiaomi yang selalu menyediakan file update yaitu MIUI, jika Anda masih menggunakan versi lama, disarankan untuk segera naik versi ke yang terbaru.

Sedangkan downgrade adalah kebalikan dari upgrade yaitu menurunkan versi, jika masalah bluetooth rusak dirasakan ketika Anda memperbarui versi, maka bisa jadi versi terbaru tersebut tidak cocok dengan ponsel Anda yang menyebabkan beberapa sistem tidak berfungsi baik.

Manfaat dari upgrade adalah untuk menghilangkan bug atau error pada versi sebelumnya, karena versi terbaru dibuat dengan tujuan untuk memperbaiki masalah yang ada pada versi sebelumnya, oleh karena itu Admin menyarankan Anda menggunakan versi terbaru jika belum pernah update.

Baca Juga: Cara Mengetahui Letak File APK Hasil Download di Playstore

Selain itu, downgrade juga memiliki manfaat sebaliknya, jika kesalahan atau malfungsi terjadi ketika Anda memperbarui versi padahal versi sebelumya tidak ada masalah, maka Anda diharuskan dan disarankan untuk menurunkan versi Android ke yang sebelumnya agar kembali normal lagi, untuk menurunkan versi bisa dilakukan dengan cara pengaturan pabrik, flashing, atau install file versi sebelumnya.

5. Menyalakan Bluetooth Melalui Aplikasi ShareIt

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi pengirim file android terbaik dan tercepat yaitu ShareIt, aplikasi ini sudah memiliki banyak pengguna termasuk saya sendiri dan mungkin Anda juga.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menggunakan konektivitas Wifi dan Hotspot portable namun tanpa internet, pengirim harus mengaktifkan wifi dan bluetooth, sedangkan penerima hanya harus mengaktifkan hotspot portable saja, pada versi terbaru, jika pengirim tidak terdeteksi, Anda bisa langsung Scan barcode si penerima agar file langsung bisa dikirim.

Untuk menerima pengirim dari shareit, si penerima harus menyalakan wifi dan bluetooh, nah Anda bisa menfaatkan shareit untuk mengaktifkan bluetooth Android Anda secara paksa, caranya Anda harus membuka Shareit dan mengirim file, bukan menerima file, saat mendeteksi penerima biasanya bluetooth akan menyala, ketika sudah menyala silakan keluar shareit dan mencoba mengirim menggunakan bluetooth yang sudah menyala tadi, mudah bukan?

Baca Juga: Cara Instan Mengetahui Baterai Headset Bluetooth Penuh

Admin sendiri sering memanfaatkan aplikasi shareit untuk memperbaiki bluetooth yang susah menyala, dan hasilnya memuaskan, bluetooth aktif dengan mudah hanya menggunakan aplikasi shareit, selamat mencoba.

Akhir Kata

Demikian artikel sesuai pengalaman yang bisa Admin bagikan untuk Anda, jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini dan tentunya GRATIS, dan jangan lupa juga untuk share artikel dari blog ini ya kawan! semoga bisa menjadi jalan bagi Anda untuk mengatasi bluetooth android tidak bisa Aktif, cukup sekian dan terimakasih.

1 Komentar

  1. Pingback: Ingin Beli Hp Bekas, Cek Kode Rahasia Agar Tidak Tertipu - Inovatifku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *