Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi di Android

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi di Android – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials, kali ini Tengku akan membahas artikel mengenai masalah pada Touchscreen atau layar sentuh pada Android yang error, tidak berfungsi sama sekali, tidak bisa disentuh, tidak merespon atau layar sentuh yang error padahal keadaan Touchscreen tidak retak, lalu kenapa bisa error? Ada beberapa sebab kenapa masalah ini terjadi, Tengku Tutorials aka membahas cara mengatasi atau memperbaiki masalah pada Layar Sentuh di Android, Bagaimanq caranya? Yuk simak artikel ini.
Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi di Android
Banyak orang yang sudah memiliki hp yang sudah dilengkapi dengan teknologi layar sentuh, atau Touchscreen yang bisa membekan antara Tap dan Klik. Smartphone yang sudah dilengkapi layar sentuh salah satunya adalah Smartphone Android, Tetapi terkadang ada Kendala pada layar sentuh tersebut, seperti layar sentuh yang tidak berfungsi padahal sebelumnya baik baik saja.
Manfaat teknologi layar sentuh memang sudah semakin canggih dan membuat kegiatan manusia lebih mudah dan praktis lagi, sekarang Anda tidak perlu menekan Keypad , karena sekarang sudah ada layar sentuh, tidak perlu menekan terlalu keras, hanya dengan sentuhan saja, praktis bukan?
Ternyata tidak hanya layar sentuh lho , ada juga teknologi bayangan, apa itu? Hanya dengan bayangan, Anda sudah bisa menggerakan dan mengendalikan Smartphone, Tetapi kekurangan dari teknologi ini adalah sentuhan dan respon yang tidak akurat.
Nah bagi Anda yang menggunakan Android layar sentuh, dan mengalami masalah pada layar sentuh yang tidak berfungsi, Anda kebingungan bagaimana cara memperbaikinya? tenang saja kawan, karena Tengku Tutorials akan coba membagikan Tips memperbaiki Layar sentuh error.
Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali, cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh, cara memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali, cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon, cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh, touchscreen tidak berfungsi sebagian.
Diatas adalah beberapa kata kunci yang paling banyak orang cari di Google, dengan melihat kata kunci diatas, Anda bisa menyimpulkan bahwa ada banyak orang yang layar sentuh Androidnya error, dan banyak juga yang mencari cara memperbaikinya, Yuk simak cara memperbaikinya dibawah ini :

Cara Mudah Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi/ Error

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah tersebut, simak ya kawan!

1. Cabut Baterai Smartphone

Jika Anda sedang bermain hp tetapi tiba tiba layar sentuh tidak merespon sama sekali, Anda bisa mencoba cara ini, yaitu dengan cara mencabut baterai Android Anda.
Kenapa harus dicabut? Karena jika touchscreen tiba tiba tidak merespon bisa disebabkan karena kesalahan operasi sistem pada Android Anda, bisanya karena terlalu lama dimainkan, terlalu sering disentuh, dimainkan sambil di charger, dengan mencabut baterainya, otomatis sistem akan memulai ulang.
Lalu bagaimana jika baterai tanam? Kan tidak bisa dicabut? Untuk Anda yang menggunakan Android baterai tanam, memang benar tidak bisa dicabut, Tetapi ada caranya, bagaimana caranya? Yaitu dengan menahan tombol power selama 15 detik, maka Android Anda akan restart sendiri, jika restart selesai dan layar sentuh berfungsi kembali, berarti cara ini berhasil.

2. Tekan Tombol Power ( Mode Tidur )

Apa itu mode tidur? Mode tidur adalah mode dimana anda menekan tombol power sampai laya gelap, bukan Power Off, Coba Anda tekan tombol power sampai layar gelap, lalu tekan lagi sampai layar menyala, biasanya cara ini berhasil. Silakan dicoba.

3. Layar Sentuh Error? Atur Kalibrasi Aja

Jika layar sentuh error, baik itu error sebagian, atau bergerak sendiri, Anda bisa mencoba Kalibrasi, biasanya ada di Pengaturan > Layar > Kalibrasi.
Jika menggunakan hp samsung, Anda tinggal menekan *#0*# , itu adalah Kode Hp samsung, Anda akan masuk mode Test, baik itu test kamera, sensor, LCD, dan layar sentuh.
Jika tidak ada pengaturan kalibrasi di Android Anda, ada kok cara lainnya, yaitu mendownload aplikasi kalibrasi layar , aplikasi ini berfungsi test dan memperbaiki layar sentuh yang error dan tidak sensitif atau terlalu sensitif, Anda bisa download aplikasi ini di Google atau di Google Play Store.

4. Periksa Konektor Touchscreen

Layar sentuh memiliki konektor sebagai penghubung Flexibel atau kabel dari komponen Touchscreen ke komponen Hardware ( Mesin Hp ) Jika layar sentuh tidak berfungsi karena hp Anda jatoh, maka ada kemungkinan konektornya yang lepas yang menyebabkan Touchscreen tidak merespon.
Bagaimana cara cek konektor layar sentuh? Untuk melakukan cara ini Anda harus membuka dulu hp Anda , lihat mesinnya, cek seluruh bagiannya apakah ada yang copot, longgar atau patah, jangan lupa cek bagian konektor touchscreennya. jika Anda tidak mengerti, Anda bisa minta tolong periksa keorang yang mengerti soal ini.

5. Factory Reset

Jika cara diatas belum ada yang berhasil, Anda bisa melakulan cara ini yaitu Factory Reset atau pengaturan pabrik. Bisa jadi masalah ini terjadi karena ada virus dismartphone Anda yang menyebabkan kerusakan pada layar sentuh.
Ingat ! Sebelum melakukan factory reset, biasakan Backup atau cadangkan seluruh data yang tersimpan pada Android Anda, karena dengan melakukan cara ini, Maka seluruh data yang tersimpan di penyimpanan internal akan terhapus.

6. Flashing

Flashing tidak jauh beda dengan Pengaturan Pabrik, tetapi Flashing lebih ampuh, dengan melukan flashing maka Anda menginstal ulang seluruh sistem Android Anda dengan sistem yang baru ( Fresh ) biasanya melakukan Flashing harus menggunakan PC atau Laptop, Anda bisa pergi kekonter servis hp untuk mencoba Flashing Android Anda, biasanya dikenakan biaya 50 ribu. untuk tahu harga flash hp terbaru, silakan baca artikel sebelumnya.

Sekian artikel yang bisa Tengku bagikan keteman teman, cara diatas sudah terbukti berhasil dibeberapa smartphone dengan kasus yang sesuai dengan judul artikel ini, jika cara diatas belum berhasil, kemungkinan besar Touchscreen rusak dan harus diganti. terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di Tengku Tutorials.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *