Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi – Hallo kawan! Pada kesempatan kali ini Admin akan sedikit membagikan tips bagi Anda yang mengalami sedikit masalah yaitu tombol power hp xiaomi tidak berfungsi, kenapa ini bisa terjadi? Tentunya karena beberapa sebab dan jika tombol power rusak maka Anda tidak akan bisa menyalakan atau menghidupkan hp xiaomi, tetapi sebenarnya ada cara menghidupkan xiaomi tanpa tombol power, namun Admin akan membahas bagaimana cara memperbaikinya saja, jika tidak bisa di perbaiki, baru Anda bisa mencari cara yang lainnya.

Memperbaiki Tombol Power Hp Xiaomi

Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan kerusakan pada tombol power hp kesayangan Anda, yang paling sering terjadi biasanya karena terlalu sering di tekan, terlalu sering di matikan dan hidupkan yang membuat umur tombol menjadi lebih pendek dan lebih cepat rusak, selain itu, bisa juga karena kerusakan sistem, bisa disebabkan biasanya setelah melakukan flashing atau update ke sistem yang terbaru, jadi ada dua penyebab, yaitu karena masalah Hardware ( perangkat keras ) dan Software ( perangkat lunak ).
Selain tombol power rusak, ada juga yang lainnya seperti volume dan layar sentuh bagian Home yang tidak berfungsi saat di tekan dan disentuh, tentunya ini menjadi masalah yang cukup serius yang harus segera di atasi, kita akan kesulitan jika menghidupkan hp xiaomi tanpa tombol power, kecuali Anda sudah tahu bagaimana caranya, nah di Artikel yang kali ini, Admin akan mencoba memberikan tutorial mengatasi tombol power hp xiaomi yang rusak dan tidak berfungsi, yuk simak tutorialnya bawah ini :

Part 1: Memperbaiki Tombol Power Xiaomi

Ini adalah cara pertama yang bisa Anda praktekan dirumah dengan mengikuti langkah langkah yang akan Admin buat dibawah ini.
  1. Pertama, pastikan keluhannya pada saat ditekan terasa Keras dan tidak ada bunyi ketika di tekan.
  2. Masalah seperti itu bisa disebabkan karena terlalu sering ditekan.
  3. Untuk memperbaikinya Anda bisa menggunakan kertas atau benda lainnya yang digunakan agar saat menekan tombol power lebih kuat dengan cara mengganjalnya dengan kertas, atau benda kecil lainnya, biasanya masalah itu disebabkan karena tombol plastiknya sudah patah dan tidak dapat menekan secara sempurna, oleh karena itu harus diganjal.

Part 2: Membersihkan Konektor Tombol Power Xiaomi

Untuk trik yang kedua ini, Anda harus paham setidaknya mengenai rangkaian hp dan harus tahu bagaimana cara membuka Casingnya. Jika tidak bisa maka jangan ikuti cara yang ini.
Pertama, buka seluruh baut casing hp kesayangan Anda.
  1. Lepaskan casingnya dan buka flexibel tombol power dari konektornya, lakukan dengan hati hati karena kabel flexibel sangat mudah sobek.
  2. Jika sudah, coba Anda perhatikan kuningannya, apakah kotor atau tidak, jika kotor Anda bisa membersihkannya dengan cairan tenner atau penghapus dengan cara menghapus satu arah secara perlahan lahan.
  3. Pasang kembali kabel flesibelnya ke konektor, dan coba pasang baterai lalu nyalakan, jika belum bisa juga, coba Anda pastikan bahwa kabel flexibel benar benar terhubung dengan konektor, jika longgar, Anda bisa mengganjalnya dengan kertas agar tidak goyang.

Part 3: Factory Reset

Selain karena kerusakan hardware ( perangkat keras ) hal ini juga bisa disebabkan karena kerusakan software ( perangkat lunak ) bisa karena virus atau karena Anda menginstal aplikasi yang tidak kompatibel.
  1. Pertama, pastikan hp xiaomi Anda dalam kondisi menyala.
  2. Kedua, buka menu dan klik ” Setting ( pengaturan ) “
  3. Selanjutnya opsi ” Buat Cadangan & Setel Ulang “
  4. Lalu klik ” kembalikan ke setelan pabrik > Setel ulang telepon ” jika ponsel Anda di pola, akan disuruh untuk memasukan pola terlebih dahulu.
  5. Hp akan reboot sendiri dan ditandai gambar robot hijau tunggu sampai hp booting ke menu dan coba untuk menekan tombol power, jika berfungsi berarti cara ini berhasil.

Jika cara diatas tidak berhasil juga, Anda bisa mencoba untuk melakukan flash ulang, yaitu menginstal sistem baru pada hp Anda, bisa jadi dikarenakan sistem yang sudah error.

Tambahan: Menghidupkan Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power

Bagi Anda yang belum tahu trik ini, Admin akan coba membongkar rahasinya dan sebenarnya triknya sangatlah mudah dan simple, mau tahu? Makannya kunjungi terus Tengku Tutorials.
Trik yang Pertama sangat sederhana dan simple, yaitu dengan mencolokan hp Anda ke charger, powerbank, laptop dengan menggunakan Kabel USB dan biasanya hp akan menyala tanpa disentuhnya tombol, mudah bukan?
Trik yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi pengganti tombol yang rusak, sistemnya adalah memindahkan fungsi power ke volume, jadi Anda bisa menyalakan hp xiaomi dengan hanya menggunakan tombol power, unik bukan?
Anda bisa menggunakan aplikasi power button to volume button yang bisa Anda downlpad secara gratis di play store atau di google. Untuk cara penggunaannya sangatlah mudah, jadi Anda hanya perlu mengaktifkannya agar bisa menyalakan hp xiaomi dengan tombol volume, cara ini memang unik tetapi ampuh.
Demikianlah artikel tutorial singkat mengenai cara memperbaiki tombol power xiaomi, semoga artikel ini membantu Anda dan jangan sampai ketinggalan update update artikel menarik dan terbaru dari Tengku Tutorials dengan cara berlangganan via email ( gratis ) dan dapatkan update artikel terbaru setiap harinya! Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *