Cara Mengatasi “Application Not Installed” di Android

Cara Mengatasi Application Not Installed Android – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan Tengku bahas adalah mengenai masalah aplikasi yang diinstal di Android, banyak sekali para developer App menciptakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan dan instal baik itu di Android, iOS ataupun perangkat lainnya seperti PC, namun Terkadang ada beberapa masalah saat proses instalisasinya, yang sering terjadi adalah muncul pesan error yang bertuliskan “App Not Installed” atau bahasa indonesia adalah aplikasi tidak dapat diinstal. Tentunya ini menjadi masalah tersendiri bagi kita bukan? Nah untuk masalah error seperti ini, Tengku sudah memberikan solusi memperbaikinya diartikel ini, mari kita simak baik baik.
Aplikasi Android pada dasarnya adalah hanya dapat dijalankan di Android saja, kenapa Tengku mangatakan sekarang banyak para pembuat app menciptakan app yang paling banyak adalah untuk smartphone Android? Ya karena Anda tahu sendiri, sekarang ini hampir semua orang menggunakan perangkat canggih ini bukan? Alasannya karena kecanggihannya, kulitasnya apalagi yang membuat adalah brand terkenal seperti samsung yang sudah banyak memproduksi alat elektronik salah satunya adalah smartphone Android, namun terkadang ada masalah pada beberapa Android yang tidak bisa atau gagal instal aplikasi tertentu, lalu bagaimana cara mengatasinya?
Cara Mengatasi Application Not Installed Android
Android
Tentunya masalah ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, Anda harus segera mencari penyebab kenapa selalu gagal instal aplikasi di Android, sebenarnya banyak sekaki faktor faktor yang menyebabkan masalah ini terjadi, Tengku sendiri sering menemui masalah ini pada beberapa smartphone khususnya Android, namun Tengku selalu mencari solusi sampai benar benar masalahnya tuntas, hal yang paling sering adalah karena aplikasi tidak cocok untuk perangkat smartphone yang Anda miliki, jadi minimal OS untuk sekarang ini adalah versi 5.0 atau lollipop, ada lagi versi terbarunya yaitu Pie yang baru baru ini dirilis.
Apa sih kelebihan dari OS Android itu? Apakah Anda tahu apa itu OS? Os adalah versi perangkat pada setiap smartphone memiliki OS yang berbeda beda, jika untuk Android mulai dari Gingerbread, Hamburger, Ice Cream Sandwich, Jellybean, Kitkat, Lollipop, Marsmellow, Nougat dan yang paling terbaru adalah PIE, semakin tinggi versi maka akan semakin canggih lagi lho, maksudnya canggih gimana? Nah maksudnya jika versi semakin tinggi maka fitur akan ditambah, misalkan untuk versi jellybean belum ada fitur faceunlock, tetapi untuk kitkat sudah tersedia, nah ini sebabnya kenapa semakin tinggi semakin bagus juga.
Yang harus Anda perhatikan adalah sebelum menginstal aplikasi biasakan untuk melihat deskripsinya terlebih dahulu, mendukung versi apa nih, jika Android Anda versi lollipop tetapi aplikasi yang Anda ingin download hanya mendukung versi marsmellow + maka Anda tidak akan bisa menginstal aplikasi tersebut karena versi tidak mendukung atau terlalu rendah, nah ini penyebab kenapa selalu muncul pesan error ” application not installed” saat Anda menginstal aplikasi tertentu. Lalu apalagi penyebabnya? Masih ada lagi penyebab dan cara mengatasinya, berikut ulasannya:

Cara Mengatasi “Application Not Installed” Android Dengan Sangat Mudah

Tengku sudah merangkum beberapa cara ampuh untuk mengatasi pesan error atau gagal instal aplikasi di Android, Anda hanya perlu menyimak dan mempraktekan cara yang Tengku buat ini sampai dengan tuntas ya kawan, yuk lanjut bacanya sampai selesai.

1. Restart Android Anda

Sebelum melakukan cara lain maka biasakan untuk restart atau menyalakan ulang Android yang Anda miliki, tips dari Tengku, jika Android Anda error seperti status bar tidak bisa ditarik kebawah, atau hilang maka cara yang pertama adalah dengan merestartnya, untuk masalah instal aplikasi gagal juga sama kok, yang pertama Anda harus coba adalah dengan memanfaatkan fitur restart atau reboot yang pada dasarnya sudah ada pada setiap perangkat smartphone.
Lalu bagaimana jika di Android tidak ada pilihan Restart? Nah memang benar ada beberapa smartphone yang tidak ada pilihan fitur restartnya, namun jangan khawatir, masih ada cara lain kok seperti mencabut baterai lalu memasangnya kembali, atau dengan menekan tombol power selama 10Detik maka biasanya Android akan otomatis restart sendiri.
Tengku akan bagikan cara yang unik lho, yaitu merestart Android dengan perintah ketikan saja, namun sebelumnya Anda harus sudah instal aplikasi yang bernama Terminal Emulator untuk Android agar bisa restart hanya dengan tulisan saja, keren bukan? Tetapi jika sudah ada fitur restart maka nggak usah coba yang ini, karena memang agak sedikit ribet hehe…

2. Periksa Aplikasi

Nih ini nih yang sering orang lain abaikan, jangan salahkan hp dulu kalo gagal instal sebuah aplikasi, tapi Anda juga harus curiga pada aplikasi yang not installed itu, biasanya ini disebabkan karena aplikasi yang Corrupt atau pada saat didownload belum selesai yang mengakibatkan aplikasi tidak sempurna struktur datanya dan akhirnya tidak bisa dinstal di Android manapun. Selain itu, jika Anda merasa sudah mendownload sampai selesai tapi aplikasi masih error juga, maka tempat downloadnya yang bermasalah, jadi aplikasi itu sudah error dari asalnya, tips dari Tengku, jika Anda ingin download aplikasi dengan benar dan aman, maka disarankan download di Apkpure.com atau di Google Play Store.

3. Ruang Penyimpanan Penuh

Penyebab yang ketiga adalah karena ruang penyimpanan Android Anda sudah terlalu penuh, nah pada setiap Android sudah disediakan penyimpanan internal yang minimal paling kecil sekarang adalah 2GB dan itupun bisa ditambah dengan memori eksternal (sdcard) yang kapasitas maksimalnya sudah ditentukan, ada yang hanya sampai 32GB saja, dan yang terbesar adalah 256GB Untuk Android, kenapa App Not Installed? Ya penyebab nya karena bisa disebabkan penyimpanan memori yang sudah penuh.
Perhatikan penyimpanan di Android Anda, apakah sudah penuh atau penuh, jika penuh maka Anda hanya perlu menghapus file yang sudah tidak penting atau tidak dipakai lagi, nah jika Anda terlalu banyak menginstal aplikasi, maka bisa menyebabkan penyimpanan akan lebih cepat terkuras apalagi aplikasi yang diinstal memiliki ukuran yang lumayan besar, saran dari Tengku sendiri adalah jangan menyimpan aplikasi yang tidak penting.
Ingat! Terlalu banyak menyimpan file di penyimpanan internal itu tidaklah dianjurkan! Kenapa? Karena dampaknya fatal, biasanya Android yang kelebihan muatan akan mengurang kinerjanya, ditandai dengan seringnya Android menjadi slow respon, blank tiba tiba, ngelag atau kadang ketika sedang menjalankan aplikasi akan sering force close atau keluar sendiri secara paksa, dan juga bisa menyebabkan gagal instal aplikasi di Android, jadi jangan terlalu banyak menyimpan file ya, sisakan ruang sedikit, jangan sampai terlalu penuh jika Anda tidak ingin kinerja Android menjadi berkurang.

4. OS Android Tidak Mendukung

Cara mengatasi “application not installed” di Android yang selanjutnya adalah dengan cara meng-Update atau meningkatkan versi Android ke yang lebih tinggi lagi, nah ini yang Tengku katakan diawal, karena sekarang banyak sekali aplikasi yang hanya mendukung OS versi tinggi saja, untuk versi rendah biasanya hanya bisa instal aplikasi yang lawas dan tidak dapat diperbarui lagi karena tidak mendukung, jadi gini, jika Android Anda adalah memiliki OS Jellybean tetapi Anda menginstal aplikasi yang mendukung OS Minimal Lollipop, maka dipastikan aplikasi tidak akan bisa terinstal dan akan gagal terus.
Jika Anda memang benar masih menggunakan Android lawas, maka Tengku sarankan carilah aplikasi yang serupa namun yang mendukung versi OS seperti yang ada di Android Anda, namun biasanya ada juga nih smartphone Android yang menyediakan file update OS lho! 
Biasanya jika Update tersedia akan ada notifikasi di status bar pada Android Anda,  namun jika tidak ada, Anda bisa upgrade sendiri dengan cara mencari file upgrade os yang sesuai dan cocok untuk Android Anda, namun sebelum melakukan ini, jangan lupa untuk mencadangkan data, karena biasanya file yang sebelummya tersimpan akan terhapus, lalu jangan lupa Backup Sistem untuk menjaga hal hal yang tidak diinginkan saat proses Upgrade OS berlangsung.

5. Salah Penyimpanan Aplikasi

Apakah Anda sudah tahu bahwa aplikasi yang diinstal bisa tersimpan di internal ataupun eksternal? Biasanya ada pengaturan dimana kita bisa mengatur tempat penyimpanan aplikasi yang nantinya akan terinstal, bisa dipenyimpanan internal atau dieksternal, nah jika penyimpanan internal dirasa sudah terlalu penuh dan tidak dapat menampung aplikasi lagi, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan mengubah tempat penyimpanan menjadi ke SdCard atau eksternal stroge, namun jika itu penuh juga, solusi terbaiknya hapus file yang tidak penting sampai ada ruang kosong yang tersedia.
Seperti yang Tengku katakan, banyak sekali aplikasi yang sudah dibuat untuk di instal di Android, baik itu berbentuk game atau aplikasi yang bermamfaat lainnya, Tips dari Tengku untuk menghemat penyimpanan Android agar lebih bersih lagi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang bernama Cleaner atau pembersih file file sampah yang ada di Android Anda, tentunya ini suatu tindakan yang bagus, karena semakin luas penyimpanan maka kinerja smartphone akan semakin baik lagi, nah ini salah satu usaha agar pesan Application Not Installed tidak muncul lagi, mudah bukan?

6. Kesalahan Aplikasi

Ini yang sering terjadi dan masih banyak orang yang belum menyadarinya, jadi apakah masalah application not installed di Android Anda karena anda menginstal aplikaso yang sebelumnya masih terinstal versi lamanya? Nah jika iya maka bisa juga ini menjadi penyebabnya, jadi begini, contohnya di Android sudah terinstal aplikasi Facebook Lite Versi 1, nah lalu Anda menginstal lagi Facebook Lite Versi 2 maka ini bisa menjadi penyebab kenapa aplikasi gagal dinstal, walaupun aplikasinya sama, namun biasanya Tanda Tangannya yang berbeda yang menyebabkan aplikasi konflik, solusi amannya adalah Anda harus mencopot aplikasi yang lama, lalu diinstal aplikasi yang baru agar tidak saling menindih.

7. Periksa SDCARD

Jika Anda memilih penyimpanan sdcard berarti aplikasi akan tersimpan di kartu memori bukan di penyimpanan Android, namun terkadang memori seketika tidak terbaca atau terdeteksi yang menyebabkan aplikasi tidak bisa diinstal karena penyimpanan Sdcardnya pun tidak terdeteksi, nah tanda Kartu memori tidak terdeksi biasanya muncul pesan di status bar ” SdCard Dicabut ” . ini biasanya terjadi kesalahan dan solusi paling amannya adalah dengan restart Android. Namun agar lebih maksimal lagi Anda bisa memeriksa kuningan yang ada pada sdcard, biasanya penyebab sdcard tidak terdeteksi adalah karena kuningannya yang terhalangan oleh debu halus, cara membersihkannya mudah, Anda hanya perlu menggunakan penghapus pencil dan gosok kekuningan secara satu arah, selesai deh.

Baca Juga :

Demikianlah Artikel tentang masalah aplikasi yang selalu error saat diinstal, semoga cara mengatasi “Application Not Installed” di Android bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalah aplikasi pada Android Anda, jadi kesimpulannya Tengku sudah memberikan 7 solusi mengatasi aplikasi error saat di instal, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di blog Tengku Tutorials! Sekian dan terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *