Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri Di Android

TengkuTutorials – Artikel ini berisi tentang cara mengatasi bluetooth hidup sendiri di android.  Apakah Anda pernah mengalami masalah bluetooth, wifi yang error di android? Error disini bisa jadi aktif sendiri, mati sendiri bahkan tidak bisa di aktifkan.
Admin pernah mengalami hal ini di ponsel samsung j series, nah lalu bagaimana cara mengatasi error di bluetooth atau wifi ? mari kita simak !
Pada sebuah android sudah dilengkapi fitur untuk mengirim file jarak dekat sesama pengguna #Android atau smartphone lainnya, bukan hanya di smartphone, di pc dan komputer juga ternyata bisa dipasang yang namanya Bluetooth.
Fitur ini sudah lama dan sangat berguna walaupun sekarang sudah banyak aplikasi yang diciptakan oleh para developer app yang digunakan untuk mengirim file lebih optimal, seperti Share It.
nah ada yang mengeluhkan terkadang Bluetooth tidak bisa aktif, menyala sendiri, dan tidak bisa dimatikan, sebenarnya bukan hanya bluetooth, wifi juga error dan banyak yang mencari cara mengatasi wifi android tidak berfungsi, Admin akan membahas solusi mengenai cara mengatasi bluetooth hidup sendiri di android.

Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri Di Android

Cara Mengatasi Bluetooth hidup sendiri
Anda bisa mempraktekan beberapa cara yang akan Admin jabarkan dibawah ini, jadi pastikan Anda benar benar menyimak apa yang Admin berikan :

1. Restart Android

 
Yang pertama kali wajib Anda lakukan adalah dengan menyalakan ulang perangkat yang bermasalah, fungsi restart pada sebuah perangkat sangat berperan penting, selain bisa menyegarkan sistem perangkat Android atau smartphone lainnya, restart juga bisa lho menjadi solusi jika ada masalah pada android anda, salah satunya adalah masala bluetooth yang error, jadi jangan lupa pertama kali untuk menyalakan ulang smartphone Anda dan coba matikan bluetoothnya.

2. On/Off Bluetooth

 
Kalo cara yang pertama masih belum berhasil, Anda bisa mencoba cara yang kedua dengan menyalakan dan mematikan bluetooth secara berulang ulang, alasannya kenapa harus di on / off karena terkadang bluetooth butuh di refresh atau disegarkan, nah untuk menyegarkannya dengan cara ini, mudah bukan?

3. Hapus Data Bluetooth

 
Bluetooth adalah aplikasi bawaan pada sebuah smartphone baik android ataupun smartphone lainnya seperti iOS, aplikasi ini bisa diaktifkan saja dan tidak ada didaftar menu aplikasi pada umumnya, jika bermasalah muncul error tidak bisa dimatikan atau hidup sendiri, maka Anda harus mencoba untuk menghapus datanya, karena aplikasi yang terlalu banyak menyimpan data biasanya akan cepat error, caranya ada dimanager aplikasi dan cari aplikasi yang bermasalah untuk dibersihkan datanya.

4. Paksa Berhenti Bluetooth

 
Pada android sudah disediakan untuk memaksa berhenti aplikasi yang berjalan dilatar belakang, baik aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi yang Anda download di playstore ataupun aplikasi sistem ( Bawaan pabrik ), jika aplikasi bermasalah, bisa juga diatasi dengan cara Paksa Berhenti, cara ini bukan hanya untuk bluetooth yang error saja, wifi yang error seperti tidak bisa dialtifkan juga bisa kok diatasi dengan cara ini.

5. Download Aplikasi Bluetooth

 
Sekarang sudah banyak para pembuat aplikasi yang menciptakan aplikasi dengan berbagai fungsi, seperti pengirim file, sosial media, game dan masih banyak lainnya, di playstore sudah tersedia banyak aplikasi bluetooth yang bisa Anda download secara gratis, gunakan aplikasi ini untuk memancing agar bluetooth tidak hidup sendiri lagi.

6. Reset Ulang Android

 
Ini adalah cara yang harus dilakukan terakhir, kenapa harus terakhir? Karena ini termasuk cara yang lumayan hard apalagi Anda tidak begitu paham dengan sistem Android. Reset ulang atau factory reset ( pengaturan pabrik ) adalah untuk menghapus seluruh data agar kem
bali seperti pertama kali Anda beli, sebelum melakukan ini, jangan lupa Cadangkan seluruh data yang tersimpan di android Anda, agar tidak terhapus.

7. Flashing Android

 
Menurut Admin, ini adalah solusi yang paling ampuh dari solusi-solusi sebelumnya, karena flashing berarti menginstal ulang sistem android dengan sistem yang fresh ( baru ) bisa jadi kerusakan pada bluetooth disebabkan karena sistem sudah terlalu banyak menyimpan Bug, jangan lupa cadangkan seluruh data sebelum melakukan ini.
Sekian artikel mengenai cara mengatasi bluetooth hidup sendiri di android, semoga apa yang Admin bagikan bermanfaat untuk Anda, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya disini, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *