Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi

cara mengatasi data seluler yang tidak muncul pada xiomi

TINOFATIFKU.COM – Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi – Mantap! Tengku Tutorials selalu Update artikel yang sangat bermanfaat, dan sekarang Update artikel mengenai masalah pada Smartphone Xiaomi yaitu masalah data seluler tidak muncul di Xiaomi.

Sekarang banyak pengguna Xiaomi yang mengeluhkan data selulernya tidak bisa aktif , tidak bisa menyala yang mengakibatkan tidak bisa internetan , tidak bisa chatting karena data selulernya tidak mau muncul, biasanya masalah ini terjadi di Android Xiaomi 4X.

Banyak sekali smartphone yang canggih yang sekarang sudah banyak digunakan oleh berbagai Kalangan mulai dari anak anak sampai lansia, dan smartphone yang paling banyak digunakan oleh anak muda sekarang adalah Android Xiaomi , kenapa banyak digunakan?

Karena fiturnya yang lumayan canggih dan harganya terjangkau, dan ada yang sudah mendukung jaringan 4G LTE yang sekarang menjadi jaringan paling kencang diindonesia, namun kenapa banyak yang mengeluhkan data seluler tidak muncul di xiaomi ?

cara mengatasi data seluler tidak muncul di xiaomi

Xiaomi juga memiliki kamera yang jernih, penyimpanan memori yang lumayan besar , Anda bisa menyimpan ribuan foto disitu karena penyimpanan internal yang bisa mencapai 32 GB tanpa kartu memori lho kawan!

Segitu aja udah lumayan besar penyimpanannya , apalagi ditambah memori eksternal, Anda bisa menyimpan foto, video, lagu dengan jumlah banyak tetapi hanya dalam 1 Android saja lho!  

Terkadang ada beberapa orang yang mengeluhkan masalah pada Hp Xiaomi, seperti kamera xiaomi tidak bisa mengambil gambar dan data seluler yang susah untuk diaktifkan, sulit untuk diaktifkan dan lama tidak muncul muncul.

Tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika data seluler tidak bisa dinyalakan, bagaimana Anda ingin internetan? karena jika ingin internetan pasti menyalakan data seluler terlebih dahulu, Kecuali Anda menggunakan Hotspot atau Wifi.  

Sebenarnya data seluler yang tidak muncul bukan hanya du hp Xiaomi saja, banyak kasus sama seperti ini diberbagai merek Perangkat yang berbeda beda, tentunya data seluler yang sulit untuk diaktifkan disebabkan karena beberapa hal dan pasti bisa diatasi.

Karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya bukan?   Dari riset yang Tengku Tutorials Teliti bahwa cukup banyak orang yang mencari solusi untuk mengatasi data seluler tidak muncul / Hilang sendiri dan sulit di Aktifkan di Hp Xiaomi, Volume pencarian mengenai masalah ini sekitar 100rb orang dalam beberapa detik saja, berarti kerusakan ini pada Android Xiaomi lumayan banyak yang mengalami, mereka mencari cara mengatasinya di Google dengan jumlah orang yang tidak sedikit.  

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi data seluler tidak muncul di Hp Xiaomi, untuk mengatasinya gampang gampang susah, tapi Tengku yakin cara ini akan berhasil jikalau Anda juga memiliki niat untuk memperbaiki , mengatasi masalah kerusakan pada Xiaomi yang Anda miliki,

Tentunya jika data seluler kembali menyala, maka Anda akan bisa mengakses internet kembali dengan bebas tanpa batasan karena menggunakan data , kuota sendiri bukan Wifian dari orang lain.

Cara mengatasinya sudah Tengku Bagikan dibawah ini, Tengku Harap Anda menyimak artikel tutorial mengatasi masalah data seluler pada xiaomi dengan teliti.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi

Ada beberapa penyebab dan ada juga cara untuk mengatasinya yang sudah Tengku bagikan dibawah ini , Anda bisa memperaktekan di rumah, bagaimana caranya? Yuk simak artikelnya dibawah ini , berikut cara mengatasinya :  

1. Pastikan Tidak Gangguan Jaringan

Sinyal Error penyebab Data Seluler Tidak aktif

Ini penyebab yang masih banyak orang abaikan dan banyak juga yang tidak sadar, Gangguan jaringan bisa menjadi salah satu penyebab kenapa saat Anda menyalakan data seluler lama aktifnya dan tidak muncul muncul.

Gangguan jaringan biasanya pasti dialami oleh setiap provider secara bergantian, ntah karena sedang dalam perbaikan atau lain lain.   Biasanya gangguan jaringan ditandai dengan sinyal yang kadang naik turun, internet lemot bahkan sinyal kosong sama sekali, namun ada juga masalah yang diakibatkan dari gangguan sinyal yaitu Data seluler bermalasah.

Walaupun sinyal penuh tidak naik turun tetapi data seluler sulit diaktifkan, ini juga menandakan bahwa sedang ada gangguan jaringan , biasanya gangguan jaringan tidak berlangsung lama, tetapi ada yang sampai 1 minggu, seperti yang saya rasakan sekarang ini.  

Lalu bagaimana agar kita tahu bahwa sedang ada gangguan dengan provider yang kita gunakan? cara mengetahuinya cukup mudah, Anda bisa bertanya ketaman , saudara yang menggunakan Provider sama dengan yang Anda gunakan.

Apakah data selulernya tidak bisa menyala atau tidak, Jika sama tidak bisa menyala, berarti penyebab hp Xiaomi Anda tidak bisa menyalakan data seluler karena sedang Ada gangguan, Anda bisa menunggu sampai normal kembali.  

2. Kartu Belum Diregistrasi

Jika Anda membeli kartu baru yang belum diregistrasi maka Anda harus meregistrasi dulu baru bisa digunakan, sekarang pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan bahwa setiap Kartu Sim harus diregistrasi menggunakan NIK dan No KK ( Kartu Keluarga ).

Tujuannya agar tidak ada pihak yang menyalahgunakan kartu sim seperti digunakan untuk penipuan yang jelas jelas merugikan pihak tertentu.  

Jika belum melakukan resgistrasi maka aktvitas Simcard akan di Cekal ( Ditahan ) sampai kartu sudah diregistrasi, No NIK dan KK hanya bisa digunakan 3 kali untuk resgistrasi kartu , nah jadi usahakan jangan sering ganti kartu karena sekarang peraturannya sudah berubah, jika dulu tidak harus menggunakan No KK tetapi sekarang harus menggunakan itu.  

Data Seluler tidak muncul salah satu penyebabnya karena kartu belum diregistrasi, jadi pastikan bahwa Kartu yang Anda gunakan sudah benar benar diregistrasi ya kawan!  

3. Restart Xiaomi Anda

Rastart Xiomi jika sinyal data tidak muncul

Jika ada masalah data seluler tidak muncul pada hp Xiaomi Anda , maka coba untuk merestart ( Menyalakan Ulang ) Perangkat xiaomi Anda, karena jika Android lama digunakan dan waktu istirahatnya yang sangat sebentar apalagi kelamaan digunakan Aktifitas Online yang mengharuskan data seluler tetatp menyala.

Seperti bermain game online terlalu lama dan lain lain dapat menyebabkan kerusakan pada Xiaomi atau Android lainnya salah satunya masalah pada data seluler.  

Jika data seluler terus dinyalakan dalam waktu yang lama, ini juga tidak baik , karena ternyata ini menjadi salah satu penyebab data seluler tidak menyala , sulit diaktifkan atau tidak muncul pada hp xiaomi Anda.

Coba Anda fikirkan apakah benar sering menyalakan data seluler terlalu lama atau tidak, tapi Anda bisa mencoba Restart , karena fungsi restart ada merefresh atau menyegarkan Sistem Xiaomi Anda.

Jika sudah maka coba nyalakan data seluler apakah menyala atau tidak, jika menyala berarti itu penyebabnya.  

4. Mode Pesawat

Jika cara diatas belum bisa mengatasi masalah pada hp Xiaomi Anda, Bisa mencoba cara ini yaitu dengan menggunaan Opsi Mode Pesawat, Lalu apa fungsi dari mode pesawat?

Sebenarnya fungsi utamanya adalah digunakan pada saat Anda didalam pesawat, agar semua jaringan dimatikan demi kelancaran penerbangan.  

Namun ada kegunaan lain dari opsi mode pesawat lho kawan! yaitu dngan mode pesawat Ada bisa merefresh sinyal Xiaomi Anda ( Menyegarkan ) caranya cukup mudah, nyalakan Mode Pesawat kurang lebih 10 detik.

Lalu nonaktifkan lagi dan coba untuk menyalakan data seluler xiaomi Anda, Muncul atau tidak, jika muncul berarti masalahnya hanya perlu Merefresh sinyal saja.  

5. Kunci Jaringan ( 4G/H/H+ Only )

Kunci siyal jaringan di mode 4G untuk mengatasi sinyal data tidak berfungsi

Setiap Smartphone sudah tersedia settingan yang berhubungan dengan jaringan smartphone Anda, dan biasanya smartphone baru settingan jenis jaringannya masih otomatis.

Jadi jika Xiaomi Anda jaringan 4G tapi jenis jaringannya masih disetting otomatis, maka Xiaomi Anda akan menangkap sinyal paling kuat saja, jika yang paling kuat adalah sinyal Edge, maka Anda akan mendapat sinyal Edge walaupun Xiaomi yang Anda miliki sudah mendukung jaringan 4G.  

Fungsi dari mengunci jaringan tertentu adalah agar xiaomi Anda hanya menjangkau sinyal yang sudah Anda kunci, misalkan Anda mengunci jaringan 4G saja.

Maka otomatis Xiaomi Anda hanya akan menangkap sinyal 4G saja, jika Anda mengunci jaringan H+ maka xiaomi Anda akan menjangkau jaringan h+ saja ,begitu seterusnya.  

Jika jaringan belum dikunci maka jaringan akan berubah rubah ( Tidak konsisten ) yang dapat menyebabkan data seluler lama muncul atau sulit untuk diaktifkan, Anda bisa mencoba cara ini , bagaimana caranya?

Untuk mengunci jaringan caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klik Pengaturan > LainLain > Jaringan > JenisJaringan nah dijenis jaringan ada pilihan , contohnya WCDMAOnly – 2G Only – WCDMA Prepared – 4G Only nah jika Anda ingin mengunci jaringan 4G maka Anda harus memilih tulisan 4G Only, dan coba nyalakan data selulernya.  

6. Reset Ulang ( Pengaturan Pabrik )

Jika Anda sudah mencoba cara diatas tetapi belum bisa mengatasi masalah data seluler xiaomi Anda, maka Anda bisa mencoba cara ini yaitu dengan cara Reset Ulang ( Pengaturan Pabrik ) karena dengan pengaturan pabrik akan mengoptimalkan sistem Xiaomi Anda seperti baru lagi.

Bahkan bisa juga menghilangkan Virus ( Malware ) yang sudah tertanam di Xiaomi Anda. Yang Harus Anda ketahui Adalah jika Anda melakukan Reset Ulang maka semua data yang sebelumnya tersimpan di Hp Anda akan hilang.

Kecuali sebelum reset ulang Anda sudah membackup atau mencadangkan semua data di Xiaomi Anda ke Kartu Memori/Flashdisk/Pc, atau Anda bisa langsung Membackupnya di Android, namun tetap saja semua Akun yang sudah Login diperangkat Anda akan hilang.

Jadi sebelum melakukan reset ulang Anda harus ingat dulu password semua Akun Anda.   Dengan Pengaturan Pabrik maka akan bisa mengoptimalkan sistem perangkat Android Xiaomi Anda, akan menjadi lebih ringan dan kerjanya lebih optimal.

Dengan pengaturan Pabrik juga kemungkinan besar data seluler yang sebelumnya tidak muncul maka akan kembali muncul, Anda bisa mencoba ini, namun INGAT! Jangan lupa cadangkan semua datanya dulu ya kawan.  

7. Flashing

Apa Itu Flashing? pasti Anda pernah mendengar kata flashing bahkan mungkin sudah tahu artinya, maksud dari flashing adalah proses penginstallan Sistem suatu perangkat dengan sistem yang baru ( Firmware )

Dengan flashing juga maka semua data yang sebelumnya tersimpan di Xiaomi Anda maka akan hilang kecuali Anda mencadangkan semua datanya terlebih dahulu.   Namun Flashing dan Pengaturan Pabrik berbeda,

Pengaturan pabrik hanya menghapus data berupa Cache / Dalvik dan Data data lainnya yang tersimpan di Xiaomi Anda tepatnya di Penyimpanan Internal.

Namun jika flashing Adalah Menginstal Ulang Software ( Perangkat Lunak ) Xiaomi Anda, dalam artian adalah mengganti sistemnya dengan yang baru.  

Menurut saya cara ini cukup Ampuh untuk mengatasi data seluler tidak muncul, karena sesuai pengalaman, saya juga pernah mengalami data seluler yang sulit untuk diaktifkan, saya sudah mencoba semua cara yang saya cari di Google ,tetapi bisanya ketika saya melakukan Flashing ,dan data seluler kembali menyala.  

Melakukan flashing biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer / Laptop. namun lewat hpnya langsung juga sebenernya bisa Jika Android Anda sudah terinstal Custom Recovery seperti CWMdan TWRP sesuai tipe Android Anda,

Sudah banyak yang menyediakan file tersebut serta cara menginstalnya termasuk untuk Hp Xiaomi. Anda bisa mencoba Flashing untuk mengatasi data seluler tidak muncul di Xiaomi Anda.  

8. Kerusakan Hardware ( Perangkat Keras )

Jika cara cara diatas masih belum bisa work juga ,maka kemungkinan besar masalahnya bukan di Sistem Hp Anda tetapi ada di Perangkat Kerasnya yang berhubungan dengan data seluler,

Anda bisa mengecek langsung keahlinya, saya sarankan langsung ke Service Khusus Hp Xiaomi saja karena akan lebih maksimal lagi. Artikel Terkait :

Demikian Artikel singkat yang bisa INOVATIFKU bagikan ke Pembaca artikel ini salah satunya adalah Anda, Jika artikel mengenai cara mengatasi data seluler tidak muncul di xiaomi berhasil,

jangan lupa bagikan ya kawan! karena berbagi adalah peduli, terimakasih sudah mengunjungi Website Kami jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya disini! Selamat Beraktivitas kembali.

1 Komentar

  1. Pingback: Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Bisa Aktif di Android - Inovatifku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *