Cara Mengatasi Face Unlock Error Ampuh

Cara Mengatasi Face Unlock Error – Hallo kawan! Selamat datang di Tengku Tutorials, kali ini Tengku akan membahas mengenai masalah yang terjadi pada smartphone yaitu Face Unlock Error, apa itu Face Unlock? Ada salah satu fitur keamanan pada smartphone dengan membuka menggunakan Face atau muka, Face Unlock adalah fitur terbaru, jadi tidak semua smartphone memiliki fitur keamanan wajah ini.
Cara Mengatasi Face Unlock Error
Lalu bagaimana jika fitur Face Unlock Error? Seperti wajah tidak bisa terdeteksi, atau wajah terdeteksi namun Face Unclok tetap terkunci tidak terbuka, masalah masalah error ini dapat Anda atasi , sebenarnya cara mengatasinya sangat mudah, Jadi Anda jangan khawatir jika fitur Face Unlock pada Android Anda tidak berfungsi / Error.
Seperti yang Tengku katakan sebelumnya, bahwa tidak semua smartphone memiliki fitur Face Unlock , kenapa begitu? Karena fitur ini masih bisa dibilang fitur baru, jika Android, fitur ini hanya ada di Android yang sudah memiliki OS , Marsmellow ++, atau ada juga Os Jelly bean, namun tidak semua Android.
Oppo, samsung, Xiaomi sudah memiliki fitur face unlock, dengan fitur ini Anda bisa mengunci Android Anda dan membukanya dengan cara menampakan muka Anda dikamera, jadi orang lain sulit membuka Android Anda jika tidak ada diri Anda, karena untuk membuka face unlock harus dengan menggunakan wajah Anda, jika bukan, maka face unlock tidak akan berfungsi.
Lalu bagaimana jika Face Unclock Error / Rusak? Semua itu ada sebab dan ada cara mengatasiNya,  apakah Android Anda fitur face Unlocknya error? Kalo iya, berarti Anda beruntung mengunjungi situs Tengku Tutorials, karena kali ini Tengku akan membahas artikel mengenai cara mengatasi face unlock error.

Cara Mudah Mengatasi Face Unlock Error Paling Jitu

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba jika fitur face unclock pada Hp Anda tidak berfungsi atau error, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Yuk simak artikel ini baik baik :

1. Cocokkan Wajah Dengan Kamera


Cara yang pertama adalah dengan mencocokkan wajah Anda kekamera, ingat jangan asal menampilkan wajah saja, yang harus Anda tahu , fitur face unlock juga membutuhkan tampilan wajah yang pas , lengkap dan jelas, jangan setengah setengah, jadi pastikan wajah Anda tampil semua dikamera saat membuka Face Unclok.

2. Cahaya Kurang Terang


Penyebab kenapa Face Unlock error adalah salah satunya karena cahaya yang kurang terang sehingga kamera kurang jelas saat mendeteksi wajah Anda, fitur face unlock tidak bisa mendeteksi benar benar karena kurangnya cahaya.
Untuk mengatasinya , saat membuka face unlock Anda harus ada dalam ruangan yang cukup dengan cahaya, jika gelap atau pada malam hari, Anda bisa menggunakan senter sebagai penerang, intinya jangan sampai terlalu gelap ya kawan!

3. Bersihkan Lensa Kamera


Yang ketiga yang bisa Anda coba untuk mengatasi face unlock error adalah dengan cara membersihkan kamera, kenapa harus dibersihkan? Face Unlock error bisa jadi karena kamera kotor yang membuat tidak bisa mendeteksi wajah Anda dengan sempurna.
Pastikan kamera bersih jernih tidak terhalang oleh debu, untuk membersihkannya bisa dilakukan menggunakan lap yang sudah sedikit dibasahi oleh air dan diusap usap dikamera depan Smartphone Anda sampai kamera benar benar bisa menangkap wajah Anda dengan jelas.

4. Atur PIN Pemulihan


Kenapa Face Unlock tidak berfungsi? Bisa jadi masalah ini terjadi karena Anda belum mensetting PIN pemulihan, Fungsi PIN pemulihan adalah sebagai keamananan kedua setelah Face Unlock, jadi jika Face Unlock tidak berfungsi / Error, Anda bisa memasukkan PIN pemulihan yang sudah Anda atur sebelumnya di menu Pengaturan.

5. Restart Smartphone Anda


Jika cara cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah pada Face Unlock di Smartphone Anda, bisa jadi karena Smartphone error, kenapa error? Karena ada kesalahan sistem yang membuat sistem tidak bekerja secara sempurna, untuk mengatasinya yaitu dengan cara merestart Android / Smartphone Anda, lalu coba lagi, apakah Face Unlock masih Error atau sudah bisa.

6. Nonaktifkan / Aktifkan Face Unlock


Cara yang keenam Anda bisa menonaktifkan lalu mengaktifkan face Unlocknya lagi, cara ini sama dengan Anda merefresh fitur face unlock sampai Face Unlock nya tidak error, untuk menonaktifkan Face Unlock Anda bisa pergi kepengaturan > Kemanan> Face Unlock> Nonaktifkan.

7. Perbarui Os Smartphone


Salah satu penyebab kenapa face unlock tidak berfungsi di Smartphone Anda adalah karena Anda belum memperbarui OS perangkat yang Anda miliki, bisa jadi karena sudah lama belum di Upgrade banyak Bug Bug pada perangkat Anda, jadi disarankan perbarui OS perangkat Anda.

8. Pengaturan Pabrik


Jika cara cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah pada Face Unlock, Anda bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan memilih pengaturan pabrik, atau reset ulang perangkat Anda, dengan cara ini semua data yang tersimpan akan terhapus.

Saran Tengku, sebelum Anda melakukan Pengaturan pabrik, cadangkan seluruh data terlebih dahulu ke kartu memori, karena dengan melakukan pengaturan pabrik maka semua data yang tersimpan di Penyimpanan Internal Perangkat Anda akan terhapus.

9. Flashing


Yang terakhir cara yang paling ampuh mengatasi face unlock error adalah dengan cara Flashing atau dengan kata lain menginstal ulanh seluruh sistem perangkat Anda dengan sistem yang baru, sama dengan pengaturan pabrik, sebelum melakukan ini jangan lupa cadangkan seluruh data yang tersimpan di perangkat Anda agar tidak hilang ya kawan!
Demikian artikel singkat yang bisa Tengku bagikan untuk teman teman, Tengku yakin semua cara diatas bisa mengatasi face unlock error di hp Anda, silakan dicoba satu satu cara diatas, jika masih belum bisa Anda bisa komentar dibawah ini, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya diTengku Tutorials, selamat beraktivitas kembali kawan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *