Cara Mengatasi Gagal Install Custom Rom Terbaru

cara mengatasi gagal install custom rom

Cara Mengatasi Gagal Install Custom Rom – Selamat datang di Tengku Tutorials, Blog yang berisi artikel artikel bermanfaat, berwawasan luas untuk Anda termasuk artikel yang satu ini mengenai cara mengatasi gagal install custom rom yang artikelnya dibuat yang mengutamakan kenyamanan pembaca yaitu Anda, Smartphone memang bisa diganti ganti tampilannya, mulai dari Wallpaper, Launcher dan Rom sekaligus, kenapa banyak orang yang sering menggati tampilan Android mereka? karena kebanyakan alasannya adalah bosen melihat tampilan tidak ada perubahan, yang paling mudah dilakukan hanyalah mengganti wallpaper, tetapi itu tidak 100% mengurangi rasa bosan, karena itulah ada beberapa orang yang mengganti semuanya yaitu diganti Rom atau hampir semua tampilan Android mereka, nah tengku akan bahas cara mengatasi gagal install custom rom.
Smartphone diindonesia memang sudah banyak model dan mereknya, mulai dari harga paling murah, murah, sedang ,mahal dan sangat mahal sudah banyak tersedia dipasaran, Smartphone mahal dan murah tentunya memikiki perbedaan yang signifikan, mulai dari Kualitas, kuantitas, tampilan, fitur dan masih banyak lagi, biasanya smartphone yang mahal memiliki tampilan yang lebih bagus dibanding yang murah, tetapi Smartphone murahpun bisa diganti tampilannya seperti smartphone mahal lho! bagaimana caranya? caranya mudah yaitu hanya dengan mengganti Custom Rom saja.
Banyak orang yang mengganti Custom Rom karena memang ingin androidnya memiliki tampilan yang beda ,menarik dari yang sebelumnya, nah Custom rom juga tidak boleh asal dipasang di smartphone Anda, setiap smartphone Android memiliki Vendor yang berbeda beda jadi tidak bisa asal pasang ,Anda harus mencari Cusrom yang cocok untuk dipasang di Android Anda, biasanya Android yang mudah diganti ganti rom adalah Andromax ,karena memang Android ini sangat mudah dimodifikasi, mulai dari dipasang Twrp atau Cwm ,Mudah untuk di Root dan mudah untuk diedit systemnya dibanding Android yang lain.
Seperti yang Tengku katakan, setiap Android tidak boleh asal mengganti Custom Rom, ada berbagai jenis custom rom yang cocok dipasang untuk Hp Anda, Lalu Bagaimana Cara Mengetahui Custom Rom Yang Cocok ? Caranya sangatlah mudah, tinggal Anda cari di Google dengan kata kunci sesuai merek Android Anda , Contohnya ” Download Custom Rom Andromax A ” Nah jadi jika ingin mencari Cusrom yang cocok tinggal Anda cari yang sesuai merek dan versi Android yang Anda gunakan , Mudah bukan?
Mencari cusrom yang cocok memang sangat mudah, tetapi yang terkadang membuat beberapa orang pusing adalah cara memasangnya, terkadang ada orang yang sudah mendownload Custom Rom tetapi tidak tahu cara memangnya, seperti syarat memasang Cusrom, dan lain lain, Lalu apa saja Syarat Syarat Memasang Custom rom di Android? Ada beberapa syarat yang wajib Anda lakukan , jika tidak maka Android Anda beresiko rusak sistem, bahkan bisa mati total, Apa saja Syaratnya? berikut Syaratnya :
Syarat Syarat Install Custom Rom di Android :

Ada beberapa Syarat penting yang harus Terpenuhi sebelum meginstall Custom Rom di Android Anda, jika Syarat ini tidak dipenuhi, maka 100% Tidak akan berhasil, atau gagal install custom rom :

1. Android Harus Keadaan Root

Syarat yang pertama adalah Android Anda harus sudah diroot sebelum menginstall custom rom, Apa Itu Root ?
Root adalah sebuah usaha yang membuka Akses sebebas bebasnya dengan sistem Android Anda,yaitu mengijinkan akses sebebas bebasnya dalam Artian membuka seluruh keamanan sistem Android agar mudah dimodifikasi.
Nah jika Anda ingin menginstall Custom rom maka sebelumnya harus di Root dulu, jika tidak di root maka yakin tidak akan berhasil atau Gagal, lalu bagaimana caranya root Android? sebenarnya cara root Android berbeda beda sesuai merek Hpnya ,tetapi saya akan menjelaskan secara umum saja ,yang 98% cara ini akan berhasil, hanya dengan aplikasi Kingroot yang bisa Anda Download di Play Store, Anda sudah bisa root Android Anda, sudah penasaran? Yuk simak caranya dibawah ini :
Cara Root Android Menggunakan Kingroot :

• Pertama Download aplikasi Kingroot di Playstore , Usahakan download yang versi terbarunya karena sudah diperbarui.
• Install dan buka aplikasi Kingroot, Ingat jangan lupa nyalakan Data Selluler, karena jika ingin Root dengan Kingroot maka data harus dinyalakan karena membutuhkan Akses Internet,  nah Tinggal klik saja tulisan ” Root ” Tunggu prosesnya selesai, Restar hp Anda , selamat Android Anda sudah dalam kondisi Root.
2. Sudah Terinstall TWRP Atau CWM :

Syarat yang kedua adalah Android Anda harus terinstall Cwm atau twrp, Tanpa Cwm maka dipastikan Android Anda gagal install Custom rom, karena cwm menjadi bagian penting jika Anda ingin mengganti Custom rom, nah Bagaimana cara install cwm? silakan cari Tutorialnya diGoogle sesuai  merek Android Anda karena di Google sudah banyak yang menyediakan Tutorials Mudahnya.
Sekiranya Anda harus memenuhi kedua syarat diatas sebelum menginstall custom rom, karena syarat diatas sangat berperan penting agar tidak gagal saat install Custom Rom, Bagaimana Jika Syarat DiAtas Tidak Terpenuhi? ada beberapa masalah akibat Anda tidak memenuhi syarat diatas, apa itu masalahnya ? berikut Artikelnya :

Akibat Gagal Install Custom Rom :

Ada beberapa masalah dan akibat Anda salah menginstall custom rom, bisa karena custom rom yang tidak kompatibel dengan android Anda ,bisa karena Anda tidak memenuhi cara cara diatas, atau masalah lainnya yang menyebabkan kegagalan install custom rom , berikut akibatnya :

1. Android Bootlop

Apa itu Bootlop? Bootlop adalah salah satu kerusakan Software yang diakibatkan karena kesalahan install suatu file yang ingin ditanam disoftware Android, nah Bootlop sama dengan Stuck Dilogo, atau dalam artian Android Anda tidak bisa Booting yang akan terus berhenti dilogo. Nah Bootlop juga ada tingkatannya, Bootlop Ringan, sedang dan Sulit, jadi jangan sampai Ada kesalahan saat install custom rom jika Anda tidak ingin mengalami masalah ini ya. 
Cara Paling ampuh untuk mengatasi Bootlop adalah dengan Menginstall Ulang Software Android Anda, bagaimana cara install ulangnya? agar berhasil maka harus diinstal Lewat Pc / Komputer dengan kabel data dan Tool Flash Sesuai versi Android Anda, Anda bisa cari tutorial Software Android di Google.

2. Android Mati Total

Masalah yang sangat mengerikan Akibat gagal install Custom rom adalah Android Anda bisa mati total! Kenapa bisa mati total? karena ada kemugkinan IC Emmc Dan Ic CPU rusak karena terjadi kesalahan saat menginstall Rom, karena itu tidak boleh asal asalan saat melakukan ini, Mati Total susah susah gampang untuk diperbaiki, dan jika diperbiki juga membutuhkan biaya yang mahal , karena jika sudah rusak IC nya maka Biayanya dipastikan mahal, Kerusakan ini masuk tingkatan Hard Brick, Jadi jangan Asal ya kawan!
Nah setelah melihat lihat resiko akibat kesalahan Install Custom rom mungkin bisa membuat Anda lebih berhati hati dan lebih fokus lagi jika ingin mengedit atau memodifikasi Sistem, karena jika sudah masuk sistem tidak boleh Ada kesalahan sedikitpun, maka Akan berakibat fatal walaupun hanya ada kesalahan Sedikit, setalah membaca artikel diatas, sekarang Tengku akan bahas topik utamanya yaitu Mengatasi Gagal Install Custom Rom , bagaimana caranya ? Simak berikut ini :
Cara Mudah Mengatasi Gagal Install Custom Rom di Android :

Ada beberapa cara agar install custom rom tidak gagal, bisa Anda praktekan dirumah, perhatikan baik baik ya kawan :
1. Download Custom Rom Terbaru Sesuai Versi Android Anda :

Cara mengatasi masalah ini yang pertama Adalah pastikan Anda menginstall dan Mendownload Cusrom versi Terbaru karena fiturnya yang sudah diperbarui dan kerusakan yang sudah diatasi, jika Anda menggunakan yang versi lama maka kemungkinan File tersebut sudah rusak sehingga tidak bisa diinstall diAndroid Anda, dan pastikan cocok dengan versi android Anda, jika tidak ada yang seperti versi Android Anda maka cari Persamaannya di Google, ini bisa menjadi penyebab gagal install.
2. Pastikan Koneksi Internet Lancar Saat Download

Nah jangan abaikan Koneksi Internet  karena koneksi internet yang buruk bisa menjadi penyebab kegagalan install custom rom, kenapa bisa begitu? karena jika Anda mengunduh custom rom dengan keadaan koneksi internet yang kurang baik maka 60% File tidak terunduh sempurna, atau sering dibilang Corrupt, apa itu Corrupt? Adalah kerusakan file akibat download yang tidak sempurna, jadi ini menjadi penyebab masalah itu terjadi, pastikan koneksi internet Anda lancar, karena file custom rom lumayan besar bahkan ada yang sampai 1.8 GB.
3. Gunakan Cwm Atau Twrp ( Wajib )

Cwm atau Clock Word Mod berperan penting jika Anda ingin mengganti customrom, karena jika tidak menginstall CWM maka tidak akan bisa menginstall Custom Rom, jika Anda install meggunakan CWM bawaan atau yang bernama Recovery 3e maka tidak akan bisa, jadi pastikan Android Anda sudah Terinstall CWm atau TWRP terlebih dahulu ya kawan, untuk tutorial pemasangannya bisa Anda lihay di Youtube ataupun Google.
Jika Cara diatas tetap tidak membuahkan hasil, maka terpaksa Anda harus Instal Custom rom lewat komputer, karena kegagalan bisa jadi karena memang harus meggunakan Pc tidak bisa Langsung di Androidnya, untuk tutorial pemasangan Custom rom Via PC bisa Anda searc di Google  karena Tengku hanya bisa Share segitu saja, semoga bermanfaat, sekian Artikel mengenai Cara Mengatasi Gagal Install Custom Rom jangan lupa bagikan keteman teman ya! Terimakasih sudah berkunjung ,selamat beraktivitas kembali kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *