Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri (Force Close) Di Android

cara-mengatasi-game-keluar-sendiri

Masalah yang sering membuat kita kesal ketika sedang bermain game adalah seringnya game tersebut keluar sendiri secara paksa atau lag, masalah seperti ini terjadi karena beberapa sebab, seperti penyimpanan ponsel penuh atau game tidak cocok, berikut cara mengatasi game keluar sendiri di Android

Setiap perangkat seluler khususnya smartphone seperti Android dan IOS tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda beda, mulai dari kapasitas penyimpanan yang mencakup RAM dan internal stroge, kedua ini sangat berpengaruh terhadap kinerja ponsel, termasuk menjadi penentu lancar atau tidaknya saat kita menjalankan game.

Sekarang sudah banyak sekali game yang bisa langsung di instal dan dimainkan di Android, baik itu offline dan online, ukurannya bervariasi, ada yang kecil, sedang dan besar, biasanya yang berukuran besar dan cukup menguras RAM adalah game online dengan grafik tinggi.

Seperti yang kita ketahui, ditahun 2019 ini sudah banyak para developer berlomba untuk membuat game yang paling banyak diminati oleh para pengguna Android, dan sekarang juga sudah ada banyak game online dengan grafik keren yang tentunya sangat seru untuk dimainkan.

Dengan adanya game-game tersebut banyak orang yang ingin mengunduhnya, namun kebanyakan dari mereka tidak memperhatikan spesifikasi Android yang mendukung game tersebut, tentunya jika kita ingin menjalankan game dengan grafik tinggi dan ukuran lumayan besar harus seimbang dengan kinerja yang bisa dilakukan oleh Android kita.

Walaupun begitu bukan berarti penyebab game keluar sendiri di Android bukan hanya karena ponsel yang tidak mendukung atau tidak memiliki spesifikasi yang cukup, masih banyak lagi penyebab lainnya, karena beberapa kasus, Android dengan spesifikasi tinggi tidak bisa menjalankan game yang bisa dijalankan oleh ponsel dengan spek lebih rendah.

Tetapi Anda jangan takut tidak bisa bermain game tersebut kecuali harus mengganti perangkat Android, beberapa tips akan Admin bagikan untuk mengatasi game android yang sering keluar sendiri atau force close, bukan hanya game, cara ini bisa Anda terapkan untuk aplikasi yang keluar sendiri.

Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri di Android

Beberapa tips untuk mengatasi game force close, bisa untuk mobile legend, free fire, PUBG dan game lainnya:

1. Bersihkan Cache Dan Data Game

Mungkin Anda belum tahu, setiap aplikasi atau game yang kita pasang pasti akan menyimpan sedikit cache dan data, penjelasan singkatnya, Cache Adalah beberapa data yang otomatis tersimpan di penyimpanan internal dan bukan permanen melainkan hanya sementara saja.

Keberadaan cache di Android tentunya dapat mengurangi kinerja karena hanya menambah berat penyimpanan Android saja apalagi cache tersebut bukan hanya dari satu aplikasi atau game saja, walaupun ukurannya kecil, tetapi jika banyak tetap saja akan mengurangi kapasitas memori Android Anda bukan?

Biasanya cache tersimpan di folder sesuai nama game atau aplikasinya, untuk melihat folder tersebut Anda harus membuka File Maneger atau Pengelola File di Android Anda, dan bisa melihat banya folder dengan judul berbeda beda, namun kita bukan menghapus cache lewat situ, tetapi melalui pengaturan aplikasi.

Agar game tidak keluar sendiri saat dimainkan, maka kita harus rutin membersihkan file tersebut, caranya adalah pergi ke pengaturan > aplikasi > cari aplikasi atau game yang ingin dihapus cache lalu klik dan pilih tulisan ” hapus cache/clear cache” .

2. Menggunakan Aplikasi Game Booster

Beberapa aplikasi yang bisa bermanfaat dan cocok digunakan bagi Anda yang sering bermain game namun tidak lancar, ada rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja saat Android sedang menjalankan game.

Cara kerja game booster cukup simple, yaitu menutup semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang saat game sedang dijalankan, jadi yang berjalan di latar belakang (RAM) hanya game yang sedang dijalankan saja, hal ini tentunya dapat memperlancar Anda ketika bermain game.

Untuk Android, sudah ada beberapa aplikasi semacam ini, Anda bisa langsung mengunduhnya di playstore, tips dari Admin agar Anda tidak salah memilih aplikasi, pasalnya tidak sedikit aplikasi yang tidak memiliki fungsi jelas bahkan hampir tidak berguna sama sekali, buang-buang kuota saja bukan?

Biasakan sebelum mengunduh aplikasi diplaystore, Anda harus melihat review bintang, semakin banyak nilai bintang berarti aplikasi itu memang bermanfaat dan tidak asal-asalan, selain melihat rating bintang, Anda juga harus membandingkan komentar baik dan buruk, jika banyak yang merasa puas, berarti Anda harus mengunduh aplikasi tersebut.

3. Perbarui Game

Beberapa developer menciptakan game dan selalu memberikan update (versi terbaru) dari game tersebut, sebenarnya bukan hanya game saja, aplikasi pun sama pasti ada versi barunya dan akan terus diperbarui, seperti game online yang pasti selalu menyuruh kita mengunduh file update bukan?

4. Install Ulang Game

Untuk memasang ulang game langkah-langkahnya mudah, salah satu cara untuk memperbaiki game sering keluar sendiri di Android adalah dengan mencopotnya lalu memasangnya kembali, cara ini sama saja menyegarkan game yang kemungkinan terjadi kesalahan saat proses penginstallan yang menyebabkan game tidak berfungsi dengan baik.

5. Buang Aplikasi Tidak Terpakai

Kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan adalah memasang banyak game tetapi tidak dimainkan atau hanya sebagai koleksi saja, memasang lebih dari 1 game boleh-boleh saja, tetapi jangan terlalu banyak apalagi Android Anda memiliki penyimpanan RAM yang rendah, tentunya kebiasaan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja Android.

Tips Bermain Game Lancar Anti Force Close

Agar lancar saat bermain game online atau offline di Android, Anda bisa langsung menerapkan beberapa tips jitu dibawah ini:

1. Tutup Aplikasi Lain Saat Bermain Game

Sebenarnya cara ini bisa dilakukan secara otomatis, seperti menggunakan aplikasi game booster seperti yang sudah Admin jelaskan diatas, tetapi Anda bisa melakukannya secara manual dengan memberhentikan aplikasi lain dilatar belakang, yaitu di Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > Paksa Berhenti.

2. Menggunakan Aplikasi RAM Booster

Selain untuk meningkatkan kinerja game, Ada juga salah satu aplikasi yang memiliki fungsi untuk membersihkan RAM agar tidak berat saat menjalankan game dan tidak akan multi tasking sehingga kegiatan gaming lancar tanpa ada kendala force close, lag atau sejenisnya.

Akhir Kata

Untuk bermain game lancar Anda harus mengetahui tipsnya, dan Admin sudah membongkarnya diatas tadi, jadi artikel ini bisa Anda jadikan panduan untuk mengatasi game keluar sendiri diAndroid, baik itu online atau offline, atas perhatiannya Admin ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *