Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim SMS

Sekarang disetiap Smartphone pasti Anda menemukan Aplikasi SMS yang sudah menjadi default, walaupun sekarang sudah banyak perpesanan yang bisa dilakukan secara online, namun fungsi SMS tetap penting.

SMS (Short Message Service) ini memiliki fungsi seperti media perpesanan yang lainnya, yaitu mengirim pesan. Sudah lama fitur SMS terdapat pada setiap Smartphone dan masih sering digunakan sampai sekarang.

Salah satu alasan kenapa masih banyak orang yang mengirim pesan melalui SMS adalah karena kemanan yang cukup terjamin, berbeda dengan mengirim pesan secara online yang rentan disadap pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terkadang kita menemukan masalah ketika ingin mengirim pesan malalui SMS, yaitu HP yang tidak bisa kirim SMS. Tentunya ini adalah masalah yang harus segera diatasi, karena tidak akan bisa mengirim SMS sebelum memperbaiki masalahnya.

Ternyata ada cara mudah mengatasi Android tidak bisa kirim SMS! kami sudah membuat tutorial lengkapnya dibawah ini, silakan simak baik-baik.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim SMS

Setiap ada masalah pasti ada juga penyebabnya, termasuk masalah HP Android yang tidak bisa kirim SMS atau pesan sulit terkirim padahal pulsa belum habis dan sebelumnya baik-baik saja, kenapa ini bisa terjadi?

Menambahkan Nomor SMSC

Pada setiap Provider (kartu sim) yang Anda gunakan memiliki nomor SMSC atau singkatan dari Short Message Service Center yang berperan penting ketika Anda ingin mengirim pesan via SMS.

Nomor SMSC untuk setiap provider tentunya tidak sama, jika ini belum diatur atau belum ditambahkan pada pengaturan SMS Anda, maka pesan tidak akan bisa terkirim!

Untuk menambahkan ini, Anda harus membuka Pengaturan SMS > Pesan Teks (SMS) > Pengaturan SMSC kemudian masukan nomor SMSC beberapa digit sesuai provider yang Anda gunakan.

Dimana saya bisa menemukan nomor SMSC? banyak cara untuk mencari nomor SMSC, bisa langsung menghubungi operator atau mencari informasinya di internet, karena sudah banyak yang membahas ini.

Kesalahan Pada Nomor Tujuan

Tidak jarang terjadi kesalahan ketika ingin mengirim pesan SMS ke nomor yang belum kita simpan dan harus di ketik secara manual. Walaupun hanya salah satu angka saja SMS Tidak akan terkirim kecuali nomor tersebut aktif dan digunakan orang lain.

Tetapi biasanya jika terjadi kesalahan pada nomor tujuan pesan SMS tidak akan terkirim, jadi pastikan memeriksa ulang nomor tujuan sebelum mengirimkan pesan.

Diatas adalah beberapa penyebab umum dan cara mengatasi android tidak bisa kirim SMS, sebenarnya ada penyebab lainnya namun jarang terjadi, seperti jaringan tidak stabil ketika sedang mengirim pesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *