Cara Mengatasi Hp Xiaomi Booting Lama Dan Gagal Booting

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Booting Lama Dan Gagal Booting – Kembali lagi di Blog Tengku Tutorials yang selalu menyajikan konten berkualitas untuk Anda, kali ini yang akan menjadi topik pembahasan adalah mengenai masalah pada hp xiaomi yaitu xiaomi menyala lama atau booting lama dan bahkan gagal Booting (bootlop).

Permasalahan boot pada android memang sudah tidak asing lagi, karena permasalahan ini sering diaalami banyak orang terutama pengguna Android seperti Xiaomi, yang sering terjadi adalah ketika dinyalakan tetapi tetap dilogo MI ataupun loading tetapi lama, permasalahan ini bisa memang Bootlop atau bukan.

Cara Mengatasi Xiaomi Booting Lama

Bukan hanya karena satu penyebab saja, tetapi penyebabnya angatlah bervariasi dan cara mengatasinya juga berbeda beda, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki booting lama di hp xiaomi, baik itu di xiaomi note 4x, 4a, note 5 dan tipe xiaomi lainnya, bagaimana solusinya?

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Booting Lama Atau Nyala Lama

1. Copot Aplikasi Yang Tidak Terlalu Penting

Banyak berbagai aplikasi keren untuk Android yang membuat kita mempunyai keinginan untuk mengunduh dan menginstallnya namun sebenarnya aplikasi tersebut tidak terlalu berguna dan berpengaruh untuk ponsel xiaomi kita.

Kebiasaan memasang berbagai aplikasi tidak penting hanya membuat ponsel Anda menjadi lemot saja dan penyimpanan semakin menipis, ini juga salah satu penyebab kenapa hp xiaomi lemot dan sering hang.

Aplikasi yang terlalu banyak juga menjadi salah satu penyebab boot ponsel xiaomi Anda menjadi lambat, bahkan melebihi 10 menit, karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang membuat kinerja ponsel melemah dan lemot karena terlalu berat menampung aplikasi apalagi yang berukuran besar.

Biasanya aplikasi yang sering membuat ponsel menjadi lambat adalah aplikasi toko online, jika Anda mempunyai beberapa aplikasi toko online disatu ponsel, maka saran dari Admin copot salah satu aplikasinya, karena itu dapat menurunkan kinerja ponsel Anda dan membuat booting menjadi lama.

Artikel Lainnya: Awas Salah Pilih! Berikut Tips Membedakan Xiaomi Redmi Note 4x Asli dan Palsu

Jika Anda belum tahu bagaimana cara uninstal aplikasi di xiaomi, Admin akan memandu dengan langkah langkah singkat, yaitu pertama adalah buka Pengaturan > Aplikasi Terinstal > Pilih Aplikasi yang ingin di copot > lalu klik Copot Pemasangan.

2. Menggunakan Aplikasi Cleaner

Jika Anda tidak ingin ribet, bisa langsung menggunakan aplikasi Cleaner untuk membersihkan file sampah yang tersimpan di ponsel Anda.

Banyak aplikasi pembersih sampah untuk Android termasuk Xiaomi yang bisa Anda coba dan temukan di Google Play Store atau di toko aplikasi untuk Android yang lainnya.

Aplikasi semacam ini memiliki beberapa fungsi, yaitu bisa juga mendeteksi dan membasmi virus atau malware dan juga membersihkan file sampah yang tidak berguna tetapi masih tersimpan di hp xiaomi Anda.

3. Update OS Atau Pembaruan Sistem

Diponsel Android termasuk xiaomi sudah menyediakan file update, baik itu hanya sekedar update firmware ataupun sekaligus update OS, misalnya awalnya sistem operasi xiaomi Anda masih versi 6.0 (marsmellow) bisa di upgrade ke versi yang lebih tinggi misalnuya 7.0 (nougat).

Kelebihan memperbarui sistem adalah dapat menghilangkan masalah atau error yang sebelumya sering Anda alami termasuk booting lambat, jika Anda belum memperbarui sistem dan jika sudah tersedia pembaruannya, maka Admin sarankan untuk perbarui.

Namun kekurangannya adalah bisa juga malah membuat ponsel xiaomi Anda error, seperti yang awalnya mendukung jaringan 4G tetapi setelah di update jaringan 4G malah hilang (kasus seperti ini Jarang terjadi).0

Baca Juga: Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Bug/Error di Hp Xiaomi

4. Hard Reset Atau Pengaturan Pabrik

Langkah terbaik namun membuat Anda berfikir dua kali adalah dengan melakukan hard reset yang artinya Anda akan menghapus seluruh data yang tersimpan di penyimpanan internal ponsel (kecuali sebelumnya sudah Anda cadangkan).

Hard reset sampai saat ini masih menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hp Android yang hand, lemot dan termasuk juga booting lama dan gagal booting (bootlop). namun sebelum Anda melakukan ini jangan lupa untuk mencadangkan data data penting ke sdcard ataupun flashdisk agar tidak ikut terhapus saat proses hard reset, berikut langkah langkahnya:

Langkah Langkah Pengaturan Pabrik Hp Xiaomi

  • Pertama jangan lupa untuk keluar dari akun MI di Hp Xiaomi Anda.
  • Lalu selanjutnya buka Pengaturan.
  • Akan ada beberapa opsi, Anda harus memilih Setelan Tambahan > Cadangkan & Setel Ulang.
  • Lalu klik tulisan “Setel Ulang Telepon”
  • Dan Anda harus memasukkan kata sandi Akun MI Anda.
  • Tunggu hingga selesai, memang agak lama, jadi Anda tidak usah panik.

5. Menggunakan Tweak Build Prop Quick Booting

Jika diponsel Anda belum ada fitur Quick Booting atau bisa menyalakan hp secara cepat, Anda bisa menggunakan tweak build prop yang sudah jadi.

Tweak ini bukan sekedar hanya membuat xiaomi Anda menjadi booting cepat, tetapi bisa meningkatkan kinerja ponsel saat bermain game, melegakan penyimpanan ram, menambah kualitas gambar, membuat scroll hp menjadi responsive, membuat baterai menjadi hemat dan masih banyak kelebihan lainnya.

Memang tweak seperti ini masih asing bagi beberapa orang, jika Anda tidak mengerti apa itu tweak buikd prop dan bagaimana cara penggunannya, Admin sudah membuat artikel mengenai hal ini sebelumnya, jadi Anda hanya tinggal membaca artikel dibawah ini:

Baca Juga: Tweak Build Prop Lengkap Dan Cara Pemasangannya & Hemat Baterai 2X Lipat Menggunakan Tweak Build Prop

6. Melakukan Flashing

Flasing identik untuk memperbaiki hp Gagal Booting (bootlop) termasuk xiaomi, tetapi jika booting tetap bisa namun loading lama bisa juga dengan melaukan flashing.

Setiap ponsel cara flashingnya tidaklah sama, xiaomi dan samsung cara flashnyapun berbeda beda, jadi jika Anda ingin tahu lebih jelas mengenai apa itu flashing, kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa membaca artikel berikut ini:

Baca Juga: Pengertian Flashing, Kelebihan dan Kekurangannya

Jadi kesimpulannya ada beberaapa cara mengatasi hp xiaomi booting lama, atau hp xiaomi nyala lama, di artikel ini Admin merangkum menjadi 6 cara ampuh yang bisa Anda coba sekarang juga, caranya sangatlah mudah dan tidak terlalu ribet, terimakasih sudah membaca salah satu artikel dari blog Tengku Tutorials! semoga Anda merasa puas.

1 Komentar

  1. KatharinaBig Balas

    Hello. I have checked your inovatifku.com and i see you’ve got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank hi in google.
    But you can fix this issue fast. There is a
    tool that generates content like human, just search in google:
    miftolo’s tools

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *