Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Nyala, Hanya Muncul Logo Saja

Xiaomi merupakan salah satu merek HP yang cukup populer dan diminati banyak orang. Pasalnya, HP ini memiliki harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang memadai. Meskipun demikian, HP Xiaomi ini terkadang mengalami berbagai kendala atau masalah yang mana penggunanya sulit untuk menanganinya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah HP Xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo saja yang muncul ketika boot.

Masalah demikian sering disebut dengan bootloop, yaitu kerusakan ponsel di mana perangkat tidak dapat dinyalakan, dan hanya muncul logo saja. Kondisi yang demikian sangat mungkin terjadi di semua jenis smartphone, termasuk Xiaomi. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir. Kamu perlu terlebih dahulu mengetahui kemungkinan penyebabnya.

Penyebab Ponsel Xiaomi Mengalami Bootloop

Sebenarnya masalah bootloop smartphone acap kali terjadi saat perangkat sedang boot dan mengalami kesalahan. Ada berbagai penyebab hal ini bisa terjadi, misalnya file pada aplikasi mengalami kerusakan, serangan malware, data rusak, instalasi eror, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa ulasan penyebab terjadinya bootloop pada Xiaomi.

Proses Root Android

Biasanya para pengguna Xiaomi sering melakukan akses rooting. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan kustomisasi dan fitur lebih banyak. Meskipun demikian, hal ini bisa berdampak buruk pada ponsel, seperti tidak dapat menyala.

Bugs Android

Salah satu penyebab yang sering menjadi faktor terjadinya bootloop pada Xiaomi adalah bus pada sistem Android. Hal ini membuat ponsel mengalami bootloop.

Kerusakan komponen IC eMMC

eMMC adalah memori internal pada ponsel yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data pada smartphone. Misalnya aplikasi, data pengguna, sistem, dan lain-lain. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka ponsel akan mengalami bootloop atau sistem eror lainnya yang mungkin terjadi.

Penggunaan Custom ROM

Penggunaan Custom RON pada HP Xiaomi pada dasarnya dibolehkan. Apalagi android adalah sistem Open source di mana pengembangnya dapat mengubah kode sistem sesuai keinginan. Meskipun demikian, ketikan Custom ROM bermasalah, hal ini bisa menyebabkan kerusakan sistem sehingga ponsel bisa bootloop.

Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Tidak Bisa Nyala

Bagi yang sedang mengalami masalah HP Xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo atau bootloop, maka bisa mengatasinya dengan cara sebagai berikut.

  1. Matikan ponsel Xiaomi terlebih dahulu, pastikan benar-benar dalam kondisi mati
  2. Masuk pada MI Recovery mode
    Caranya : Tekan dan tahan tombol volume up dan Power bersama-sama. Kemudian akan muncul tampilan recovery di HP Xiaomi
  3. Pilihlah penggunaan Bahasa, yaitu English, pada mode recovery. Kemudian, gunakan tombol volume up dan volume down guna menavigasi. Sementara itu, tombol Power digunakan untuk memilih opsi yang diinginkan.
  4. Wipe and Reset
  5. Disajikan tampilan Wipe and Reset
    Wipe all data : Hapus seluruh data user dan aplikasi (factory reset)
    Wipe Cache : Hapus file cache pada sistem Service perangkat Xiaomi
    Wipe User Data : Hapus data pengguna
  6. Lakukan perintah di atas satu per satu

Keterangan : Back digunakan untuk kembali pada halaman utama sajian setelah menyelesaikan setiap proses. Selanjutnya, pilih Reboot >> Reboot to System One guna menyalakan ponsel Xiaomi dengan normal. Lihatlah hasilnya, jika masih belum bisa, lakukanlah dengan metode sama tetapi menggunakan perintah lainnya.

Alternatif Lainnya Untuk Mengatasi Bootloop Xiaomi

Jika mengalami masalah pada HP Xiaomi berupa kemacetan saat menyalakan sehingga hanya muncul logo Mi, maka perlu melakukan daftar proses. Setiap pengguna MIUI harus mengajukan daftar permohonan guna membuka kunci bootloader. Selanjutnya, harus mendownload Fastboot ROM dan melakukan flashing.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

Unduh Fastboot ROM

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menuju aman resmi MIUI, kemudian unduh fastboot ROM versi terbaru. Bisa juga dengan menyesuaikan angka model pada perangkat masing-masing.

Unduh Mi Flash Tool

Mi Flash Tool merupakan software desktop miliki Xiaomi yang digunakan untuk flashing firmware di perangkat. Mi Flash Tool juga dapat diunduh dan dipasang dari official Xiaomi.

Proses Flashing

Langkah terakhir yaitu dengan menghubungkan perangkat Xiaomi dengan PC menggunakan kabel data. Dengan demikian maka bisa memulai proses flashing. Apabila belum terlalu paham dengan Mi Flash, bisa mengikuti panduan detail terkait cara flash MIUI di perangkat Xiaomi.

Apabila sudah berhasil mengatasi masalah kemacetan saat menyalakan HP Xiaomi, maka HP siap digunakan kembali seperti semula. Namun perlu diperhatikan bahwa ketika firmware di-flash, perangkat perlu disetel ulang oleh pengguna seperti saat pertama kali melakukan pengulangan perangkat.

Penutup

Demikianlah informasi yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengatasi masalah HP Xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo. Tidak ada masalah yang tidak dapat diatasi. Sebenarnya, untuk mengatasi bootloop pada Xiaomi juga bisa menggunakan cara lainnya, misalnya dengan melakukan restart. Dengan demikian maka ponsel dapat digunakan seperti semula.

Tinggalkan komentar