Cara Mengatasi Kamera Depan Gagal Di Semua Android

Cara Mengatasi Kamera Depan Gagal di Android – Hallo kawan! Selamat datang di Tengku Tutorials! Kali ini Tengku akan membahas artikel seputar masalah pada kamera android, jika Anda pengguna Android maka ada kemungkinan kamera Android Anda error, error yang seperti apa? Kamera ternyata bisa error yaitu ditandai kamera yang tidak bisa dibuka dan biasanya meninggalkan pesan ” Kamera Gagal, Sayangnya Kamera Telah Berhenti ” masalah ini biasanya terjadi di Android Samsung J1, Samsung Core 2, J1 Ace, namun Android lainnya juga bisa mengalami masalah ini, Nah di artikel ini Tengku akan membahas bagaimana cara mengatasi kamera depan gagal, Yuk simak baik baik.
Sekarang Android adalah salah satu smartphone yang paling banyak penggunanya didunia ini, Android termasuk smartphone canggih, salah satunya dari teknologi kamera yang setiap waktunya terus dikembangkan, banyak Android yang memiliki kamera super seperti Samsung, Vivo, Sony, Oppo, HTC dan masih banyak yang lainnya, Android juga sudah dilengkapi kamera depan belakang, namun ada beberapa orang yang mengeluhkan terkadang kamera Error, kamera gagal, baik kamera belakang atau kamera depan gagal.
Jika Anda memiliki Android yang mengalami masalah kamera gagal, maka harus diperbaiki apalagi Android yang Anda miliki memiliki kamera yang lumayan jernih, dan ditambah kamera depan yang gagal. Tentunya masalah ini  harus segera diatasi apalagi Anda adalah orang yang sering berfoto menggunakan kamera depan, kenapa kamera depan gagal? Ada beberapa penyebab kenapa kamera depan gagal atau kamera belakang gagal di Android, Tengku akan membahas cara mengatasi masalah ini.
Banyak yang mencari cara mengatasi masalah kamera gagal di Android terutama android samsung, banyak pengguna samsung yang mencari cara mengatasi masalah ini di Google dengan kata kunci ” Cara mengatasi kamera depan gagal di Android Samsung ” nah dilihat dari kata kunci yang lumayan banyak dicari, Tengku ingin mencoba membantu Anda untuk mengatasi masalah ini, semoga setelah Anda membaca artikel ini, kamera depan atau belakang tidak gagal lagi.
Cara memperbaiki kamera yang tidak bisa dibuka atau kamera error pada Android pastinya ada, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya, dan secanggih canggihnya Android tetap saja masih ada masalah seperti masalah yang akan dibahas ini yaitu ” kamera depan gagal “, Tengku akan coba memberikan tips mengatasi ini, jadi Anda harus membaca baik baik artikel yang Tengku buat di blog Tengku Tutorials ini, nah berikut cara mengatasinya :

Cara Mengatasi Kamera Depan Gagal di Android

cara mengatasi kamera depan gagal

Seperti yang Tengku katakan sebelumnya, masalah kamera depan gagal tentu ada penyebabnya,  kenapa kamera error, jika ada penyebab pasti ada juga cara untuk mengatasinya, dibawah ini Tengku sudah memberikan tips untuk mengatasi masalah kamera pada Android Anda, berikut tipsnya :

1. Paksa Berhenti Kamera


Cara mengatasi yang pertama adalah dengan cara memilih opsi Paksa Berhenti pada aplikasi kamera di Android Anda, masalah pada aplikasi sudah tidak asing lagi, terkadang aplikasi yang bermasalah seperti force close, tidak menanggapi dan lain lain setelah dipaksa berhenti akan kembali normal lagi, Anda bisa mencoba cara ini diaplikasi kamera. Jika sudah paksa berhenti, coba Anda buka aplikasi kameranya lagi, jika tidak gagal berarti cara ini berhasil.

2. Hapus Cache Kamera


Jika cara pertama belum bisa mengatasi masalah kamera depan gagal, Anda bisa mencoba cara yang kedua ini yaitu dengan mengahapus Cache aplikasi kamera yang ada di Android Anda, biasanya jika aplikasi terlalu banyak menyimpan cache kinerjanya akan berkurang, biasanya sering terjadi force close atau aplikasi keluar sendiri.
Anda bisa mencoba cara ini, caranya hampir sama dengan cara yang pertama, jika cara pertama Anda harus paksa berhenti kamera, maka cara yang kedua Anda harus mengahapus cache pada aplikasi kamera dipengaturan, nah jika kamera berhasil dibuka, berarti masalahnya hanya karena cache yang terlalu menumpuk saja.

3. Hapus Data Kamera


Cara ini tidak sama dengan cara yang kedua , jika cara kedua adalah menghapus cache kamera, maka cara ketiga adalah menghapus Data pada aplikasi kamera, cara ini sering berhasil mengatasi aplikasi yang bermasalah, salah satunya ada kamera depan error atau kamera depan gagal.

4. Download Aplikasi Kamera


Di Google Play sudah banyak para Apps Developer atau para pembuat aplikasi yang menjual aplikasinya ditoko aplikasi salah satunya adalah toko aplikasi Android yaitu playstore, sudah banyak juga aplikasi kamera yang tersedia disana, seperti 360, Dslr dan lain lain, masalah kamera depan gagal bisa jadi karena kerusakan aplikasi kamera bawaan Android Anda, jadi coba untuk menggunakan aplikasi kamera yang bisa Anda download gratis di Google Play store.

5. Restart Android


Banyak orang yang mengabaikan fungsi dari merestart atau menyalakan ulang smartphone, fitur ini disediakan dengan tujuan untuk meresfresh / menyegarkan sistem smartphone tersebut, restart bisa mengatasi masalah Hang, Android panas, malfungsi sistem, dan juga kesalahan kamera seperti masalah kamera depan gagal di android, jadi coba Anda restart Android Anda dulu ya kawan.

6. Download Aplikasi Kamera Original

Kegagalan saat membuka kamera bisa disebabkan karena aplikasi kamera android Anda sudah banyak Bug atau masalah masalahnya, untuk mencoba mengatasi kamera gagal, Anda bisa minta aplikasi kamera yang original sesuai merek Android Anda, bisa minta keteman, sodara yang memiliki Android sama seperti Anda, atau Anda juga bisa mencari aplikasi kamera original di Google.

7. Factory Reset


Jika cara diatas belum bisa mengatasi kamera gagal di Android, terpaksa Anda harus mencoba cara yang satu ini, yaitu mencoba cara pengaturan pabrik yang berarti mereset Android Anda seperti semula saat pertama kali smartphone tersebut dibuat.
Yang harus Anda ketahui, jika melakukan factory reset maka data data yang tersimpan dipenyimpanan internal Android Anda akan terhapus, jadi sebelum melakukan pengaturan pabrik, pastikan seluruh data sudah dipindah atau dicadangkan di kartu memori.

8. Flashing


Cara terakhir yang menurut Tengku paling ampuh adalah melakukan Flashing. Apa itu Flashing? Adalah menginstal ulang sistem Android atau perangkat dengan sistem yang baru, artinya mengganti seluruh sistem Android Anda dengan sistem yang baru / fresh, cara ini ampuh mengatasi masalah kamera depan gagal, tetapi jangan lupa cadangkan seluruh data sebelum Anda melakukan flashing ya kawan.

Baca: Mengenal Kekurangan dan Kelebihan dari Flashing Ponsel

Cara diatas sudah Tengku rangkum, Tengku menulis cara cara yang menurut Tengku paling ampuh mengatasi kamera gagal, nah Tengku yakin jika Anda mengikuti cara cara diatas ,masalah pada kamera Android Anda akan segera teratasi, jadi simak artikel diatas tadi ya kawan!
Sekian artikel singkat yang bisa Tengku bagikan untuk teman teman dan Anda sebagai salah satu pembaca dari artikel di Tengku Tutorials, semoga artikel mengenai cara mengatasi kamera depan gagal bermanfaat untuk Anda, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya diTengku Tutorials blog yang membahas tips trik tentang Android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *