Cara Mengatasi Lampu Flash Kamera/Senter Hp Android Mati (Tidak Berfungsi)

Lampu flash hp android mati tiba tiba tentunya membuat fungsi dari android Anda berkurang karena tidak akan bisa membuka kamera atau memotret objek dalam keadaan gelap, selain itu Anda juga tidak akan bisa menyalakan senter di hp jika sewaktu-waktu dibutuhkan, solusi terbaiknya adalah mengatasi lampu flash android mati atau tidak berfungsi.

Mengatasi Lampu Flash Android Mati
Kasus kerusakan flash kamera android yang tidak berfungsi sering terjadi ketika kita sedang menyalakan senter atau menggunakan kamera dan mengaktifkan flashnya ketika keadaan ponsel sedang di cas karena tegangan mungkin sedang tidak stabil atau charger yang tidak kompatibel dengan Android Anda.
Lampu flash yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan harga jual ponsel Anda menjadi berkurang karena sudah terdapat minus walaupun itu bisa dibilang kecil, nah kerusakan pada lampu kamera atau senter juga sebenarnya bisa dengan mudah diperbaiki dan bisa juga sedikit sulit dalam artian Anda harus langsung menyerahkan kepada ahlinya.
Selain karena tegangan charger yang tidak stabil, faktor kerusakan lainnya adalah bisa karena masalah sistem Android yang error dan terjadi kesalahan fungsi, hal ini bisa karena salah menginstal aplikasi atau ketika sedang memperbarui sistem perangkat.
Langkah pertama yang mungkin wajib Anda lakukan adalah dengan menyalakan ulang Android atau sering disebut dengan kata restart, dengan memulai ulang ada kemungkinan masalah flash yang mati akan segera teratasi, namun jika tetap tidak bisa, Anda bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini untuk memperbaiki lampu flash Android tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Lampu Flash Android Mati Dan Tidak Berfungsi

1. Mencabut Baterai

Cara pertama yang wajib Anda praktekan adalah dengan mencabut baterai hp terlebih dahulu, karena bisa jadi kerusakan tersebut disebabkan karena konsleting pada hardware ponsel Anda, konsleting ini bisa karena baterai yang sudah rusak, kembung, atau karena ada benda semacam logam yang masuk kedalam mesin hp Anda, ketika flash tiba tiba mati Anda bisa langsung mencabut baterai dan memasangnya kembali.

bagaimana jika baterai tanam? tentunya Anda harus tetap membuka baterai dengan mencabut flexibel, namun Anda harus berhati hati ketika melakukan ini, karena baterai tanam lebih mudah rusak atau sensitif karena menggunakan kabel tipis (flexibel), jika Anda tidak memiliki keahlian soal ini lebih baik jangan dipraktekan, karena bukannya memperbaiki tapi bisa menambah kerusakan.

2. Menyalakan Dan Mematikan Ulang Senter

Selanjutnya, yang kedua Anda bisa dengan mematikan dan menyalakan senter secara berulang-ulang, hal ini bisa jadi karena ada malfungsi sistem yang menyebabkan flash atau senter android tidak menyala dengan hanya sekali menyalakan saja, jadi jangan lupa mencoba cara ini.
Cara ini cocok dilakukan bagi Anda yang memiliki Android dengan kapasitas RAM yang rendah sehingga sedikit lambat respon pada sentuhan, atau sering dibilang lag, nah ponsel yang lambat juga bisa menyebabkan senter mati walaupun sudah dinyalakan, hal ini karena respon ponsel lambat dan harus menunggu beberapa detik bahkan menit.

3. Memulihkan Pengaturan Kamera

Jika lampu kamera yang mati, Anda bisa memulihkan pengaturan kamera ke setelan bawaan, bisa jadi Anda salah saat mengatur setelan kamera yang menyebabkan fungsi flash menjadi tidak ada, dan pastikan juga Anda sudah mengaktifkan flash hidup atau otomatis, bukan mati.
Seperti yang kita ketahui, aplikasi kamera bawaan ponsel bisa kita atur, misalnya kecerahan gambar, kontras, efek, kualitas gambar dan bisa mengendalikan flash, dengan mengaktifkan secara manual atau otomatis, jadi pastikan Anda sudah mengaktifkan lampu flash sebelum mengambil gambar ditempat yang kurang cahaya.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Senter android mati? coba dengan menggunakan aplikasi senter pihak ketiga yang fungsinya sama yaitu hanya untuk mengaktifkan lampu senter saja, karena kemungkinan aplikasi bawaan android Anda error yang menyebabkan senter tidak bisa dinyalakan, Anda bisa menggunakan aplikasi senter lainnya yang bisa diunduh secara gratis.

4. Memulihkan Pengaturan Android

Ketaui penyebab awal kenapa masalah ini bisa terjadi, misalnya karena Anda melakukan update atau memperbarui sistem Android maka  Anda harus mengembalikannya seperti semula yaitu melakukan Downgrade keversi sebelumnya, atau Anda bisa melakukan factory reset yaitu dengan mengembalikan setelan kesetelan bawaan pabrik, namun data-data yang tersimpan akan terhapus kecuali Anda melakukan backup terlebih dahulu.

Tips Menjaga Lampu Flash Android Agar Tidak Mudah Rusak

Setelah membahas bagaimana cara memperbaikinya, kali ini Admin akan memberikan sedikit tips untuk Anda agar lampu senter atau flash Android tidak mudah rusak.
  • Perhatikan charger yang Anda gunakan, usahakan menggunakan charger original yang cocok dengan ponsel Anda, karena jika menggunakan charger abal-abal akan mudah merusak hardware dan merambat ke yang lainnya, karena sekarang sudah banyak yang menjual charger berbagai merek android dan mereka mengakui bahwa charger tersebut asli, disini Anda dilarang langsung percaya, jadi harus bijak dalam memilih dan harus teliti jangan sampai tertipu dengan iming harga yang murah.
  • Kedua, hidupkan senter atau flash kamera secukupnya, lampu flash semacam ini sangat mudah sekali rusak, jadi Anda juga harus paham dengan cara penggunaannya, jangan menyalakan terus menerus dalam waktu yang cukup lama.
  • Tetap jaga kesehatan baterai ponsel Anda, seperti yang Admin bilang sebelumnya, baterai yang sudah rusak, kembung dan error juga bisa menyebabkan lampu flash tidak bisa menyala karena tegangannya mungkin tidak stabil yang menyebabkan konsleting pada lampu flash Android Anda.
Itulah sedikit tips dan trik untuk memperbaiki lampu flash android mati dan tidak berfungsi, semoga Anda merasa puas atas artikel yang sudah Admin buat, jika merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan kesosial media seperti facebook, twitter, line atau whatsapp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *