Cara Mengatasi “Sayangnya Bluetooth Telah Berhenti”

Tuantengku.blogspot.com – Berhasil! Ternyata ada cara untuk mengatasi sayangnya bluetooth telah berhenti, pertanyaan ini sering ditanyakan oleh beberapa orang khususnya pengguna smartphone Android, terkadang ada aplikasi yang tiba tiba keluar sendiri atau force close dengan meninggalkan pesan Has Stopped yang artinya telah berhenti, termasuk aplikasi sistem bawaan yang berguna untuk mengirim file jaral dekat yaitu Bluetooth yang terkadang berhenti.
Siapa yang tidak tahu bluetooth? Jika Anda sudah menggukan Hp , baik hp jadul ataupun hp smartphone seperti Android dan iOS, tentu sudah tidak asing lagi dengan bluetooth yang berfungsi untuk mengirim file jarak jauh, nah dengan bluetooth Anda bisa mengirim file seperti foto, Audio, video melalui bluetooth dengan jarak dekat saja, namun ada beberapa masalah pada bluetooth seperti sayangnya bluetooth telah berhenti, masalah ini harus segera di atasi, dan Tengku akan memberikan caranya.

Penyebab Masalah Sayangnya Bluetooth Telah Berhenti

Mengatasi Sayangnya Bluetooth Telah Berhenti
Ada beberapa penyebab kenapa aplikasi pada android terkadang keluar sendiri tanpa sebab yang jelas, masalah ini memang sering terjadi pada aplikasi yanh terinstal di android baik itu aplikasi tambahan yang Anda download atau aplikasi tambahan yang memang sudaj terinstal pada sebuah smartphone, salah satu aplikasi bawaan yang terkadang telah berhenti adalah aplikasi Bluetooth , penyebabnya bisa dikarenakan bluetooth jarang digunakan atau memang kerusakan pada sistem bluetooth yang menyebabkan ” Sayangnya Bluetooth Telah Berhenti
Setelah Anda mengetahui apa penyebab dari masalah itu, sekarang Tengku akan coba memberikan cara untuk mengatasi ini, berikut caranya.

Cara Mengatasi “Sayangnya Bluetooth Telah Berhenti”


Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah pada aplikasi bluetooth, berikut cara yang bisa Anda coba.

1. Restart Perangkat


Restart atau menyelakan ulang adalah fitur yang sudah tersedia pada smartphone, fitur ini berfungsi untuk menyegarkan smartphone ketika sudah dioperasikan terlalu lama, dengan menyalakan ulang smartphone bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi masalah aplikasi yang tiba tiba force close atau keluar sendiri saat Anda buka, salah satu bluetooth, Anda bisa mencoba cara ini.

2. Hapus Data / Cache Bluetooth


Jika cara yang pertama masih belum bisa mengatasi bluetooth error atau tidak bisa dibuka adalah dengan cara menghapus aplikasi yang bermasalah, bukan menghapus aplikasinya, tetapi menghapus datanya saja, data dan cache, karena aplikasi yang error bisa disebabkan karena sudah terlalu banyak data yang sudah tersimpan, untuk menghapus data atau cache ada caranya , berikut caranya:

Cara Menghapus Data/Cache Bluetooth

  • Buka Menu Smartphone
  • Pilih Menu ” Pengaturan “
  • Pilih ” Manager Aplikasi “
  • Pilih ” Bluetooth “
  • Hapus Cache / Data

3. Ganti Aplikasi Bluetooth


Bluetooth ada umumnya adalah memang aplikasi sistem, namun sudah banyak aplikasi bluetooth yang bisa Anda download di Appstore ataupun di Google Play Store, Anda bisa mendownload aplikasi lainnya untuk mengatasi masalah ini.

4. Nonaktifkan Bluetooth


Aplikasi bawaan memang tidak bisa dicopot atau di uninstal namun aplikasi bawaan bisa dinonaktifkan, salah satunya adalah aplikasi bluetooth, jika aplikasi ini bermasalah, Anda bisa mencoba Nonaktifkan lalu aktifkan kembali, cara ini berfungsi untuk menyegarkan aplikasi yang error.

5. Factory Reset


Factory Reset atau pengaturan pabrik adalah berfungsi untuk menghapus seluruh data pada smartphone atau perangkat lainnya agar kembali menjadi pengaturan awalnya lagi, dengan pengaturan pabrik, bisa mengatasi aplikasi aplikasi yang berhenti, namun sebelum pengaturan pabrik, jangan lupa Backup seluruh data pada internal stroge karena dengan factory reset maka data yang tersimpan akan ikut terhapus

6. Lalukan Flashing


Jika semua cara yang Tengku berikan masih belum bisa mengatasi ” sayangnya bluetooth telah berhenti, Anda bisa mencoba cara yang terakhir ini yaitu dengan melakukan flashing atau menginstal ulang sistrm perangkat dengan sistem yang baru, ini sangat ampuh mengatasi bug pada android dan perangkat lainnya.
Artikel Terkait :
Kesimpulannya ada 6 cara yang bisa Anda coba, insyallah cara ini bisa mengatasi sayangnya bluetooth telah berhenti. Semoga ini bermanfaat, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di Tengku Tutorials! Terimakasih.

1 Komentar

  1. Pingback: Cara Mengatasi Bluetooth Hidup Sendiri Di Android - Inovatifku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *