Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”

TengkuTutorials! Berhasil! Cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti”. Hallo kawan! Berjumpa lagi di blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai masalah error pada aplikasi android yang terkadang selalu force close atau keluar sendiri dengan meninggalkan pesan ” aplikasi telah berhenti” , baik kontak, telepon, ponsel, kamera, dan aplikasi lainnya, kenapa bisa force close dengan sendirinya? Ada penyebab kenapa ini bisa terjadi pada android Anda, cara mengatasinyapun mudah, dan Tengku sudah menyediakan tutorialnya.

Cara Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti di android

Banyak orang yang mengeluhkan ketika membuka atau menjalankan aplikasi pada smartphone khususnya Android terkadang aplikasi tersebut error, keluar sendiri tanpa sebab dengan meninggalkan pesan atau peringatan “sayangnya aplikasi telah berhenti”, Tentunya ini sangat mengganggu dan tidak boleh dibiarkan terus menerus, aplikasi yang error biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah tidak cocok dengan perangkat yang Anda miliki, namun selain itu masih banyak lagi penyebab dan solusinya yang Anda harus tahu! Berikut tutorial mengatasi ” sayangnya kontak telah berhenti”

Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktekan dirumah jika android Anda bermasalah seperti ini, terkadang ketika kita ingin membuka kontak, atau menyimpan no seseorang, muncul pesan error yang menyatakan kontak telah berhenti, berikut tutorialnya :

1. Restart Android


Restart atau menyalakan ulang adalah fitur yang sudah tersedia pada beberapa perangkat, seperti smartphone android, iOS, dan perangkat lainnya seperti PC dan Laptop. Restart berfungsi untuk menyegarkan sistem sebuah perangkat, mendinginkan dan mengoptimalkan kinerja perangkat yang Anda miliki, Restart juga bisa lho mengatasi aplikasi yang error, jadi jika aplikasi error hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menyalakan ulang android.

2. Paksa Berhenti Kontak

Jika tips yang pertama belum bisa memperbaiki error pada aplikasi kontak, Anda bisa mencoba cara yang kedua ini, yaitu dengan ” Paksa Berhenti ” aplikasi yang bermasalah, caranya cukup mudah, tinggal ke Pengaturan > Manager Aplikasi > Kontak> Paksa Berhenti. Buka kembali aplikasinya, jika berhasil, maka tidak akan force close lagi.

3. Hapus Data Kontak

Semua aplikasi yang terinstal pada smartphone pada dasarnya menyimpan data secara otomatis, baik itu aplikasi pihak ketiga atau aplikasi sistem ( bawaan ) dan datanya pun bisa Anda hapus. Biasanya aplikasi yang terlalu banyak menyimpan data akan mudah error, keluar sendiri tanpa sebab, termasuk kontak ( Aplikasi sistem ), untuk mengatasinya, hapuslah data aplikasi kontak, namun jangan lupa cadangkan semua nomer yang sudah tersimpan terlebih dahulu.

4. Uninstal Aplikasi Google+

Banyak yang bilang, untuk mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” bisa dilakukan dengan cara mencopot aplikasi Google+ yang terinstal di android Anda, ntah apa penyebabnya, namun yang pasti cara ini pernah ampuh untuk memperbaiki masalah kontak yang error, jadi jika diandroid anda terinstal aplikasi Google+  maka disarankan untuk mencopotnya.

5. Atur Waktu Ponsel

Dipengaturan ponsel tersedia pengaturan waktu mulai dari Jam, Tanggal, Tahun yang harus Anda atur dengan benar, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalakan jika waktu tidak teratur, biasanya waktu pada android berubah setelah restart atau mematikan android, jadi pastikan Jam,Tanggal, Tahun sesuai dan jangan lupa akifkan waktu otomatis, agar bisa menyesuaikan secara otomatis.

6. Download Aplikasi Kontak

Di playstore sudah banyak aplikasi-aplikasi bermanfaat untuk smartphone android, Anda bisa mendownload aplikasi kontak diplaystore, cara ini ampuh mengatasi masalah kontak yang error, Tengku sendiri pernah mencoba cara ini dan berhasil.

7. Instal Custom Room

Apa Anda pernah mendengar apa itu custom room? Adalah software atau perangkat lunak yang berisi sistem sebuah perangkat tertentu, banyak custom rom yang bisa Anda download di Google sesuai merek dan versi android yang Anda miliki, dengan mengganti customrom maka kontak tidak akan keluar sendiri lagi, namun berhati hati untuk melakukan cara ini, karena android Anda beresiko Softbrick seperti Bootlop, jadi jangan lupa cadangkan seluruh data sebelum melakukan ini.

8. Pengaturan Pabrik

Pengaturan pabrik atau factory reset adalah mengatur sebuah ponsel menjadi seperti pertama kali Anda beli, pengaturan pabrik berarti menghapus seluruh data yang tersimpan dipenyimpanan internal android Anda, sebelum melakukan ini, pastikan semua data sudah dicadangkan.

9. Flashing Ulang

Flashing atau mengganti sistem perangkat dengan sistem yang baru dapat dibilang cara yang paling ampuh untuk mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti” karena seluruh sistem akan diganti dengan sistem yang baru, termasuk aplikasi bawaan (kontak) , namun semua data akan terhapus, jika data yang tersimpan adalah data penting, maka sebelum melakukan flashing jangan lupa Backup data dulu ya.
Kesimpulannya ada 9 cara mengatasi “sayangnya kontak telah berhenti”  yang Tengku bahas disini, semua cara diatas adalah cara pilihan yang menurut Tengku sangat ampuh, bukan hanya untuk kontak saja, tutorial ini juga bisa dipraktekan untuk aplikasi aplikasi lain yang bermasalah, sekian yang bisa Tengku berikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *