Cara Mengatasi “Sayangnya Launcher Telah Berhenti”

TengkuTutorials! Ternyata begini cara mengatasi “sayangnya launcher telah berhenti” . Hallo kawan! Selamat datang di Tengku Tutorials! Kali ini Tengku akan membahas masalah pada aplikasi sistem android yang mengatur tampilan menu, yang biasa disebut Launcher atau menu utama, setiap Android sudah dilengkapi dengan namanya menu, namun kenapa ada yang mengeluhkan terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan sempurna? Baik itu aplikasi sistem atau aplikasi bawaan, terkadang force close sendiri dengan meninggalkan pesan “Sayangnya telah berhenti”  berikur artikel yang Akan tengku bahas disini.
Launcher adalah tampilan menu pada setiap smartphone, setiap smartphone memiliki tampilan menu yang berbeda beda, namun biasanya sesuai dengan versi Android, contohnya versi lollipop, maka tampilannya berbeda dengan versi marsmellow, semakin tinggi versinya biasanya semakin bagus dan keren tampilannya. Apakah Anda sudah tahu bahwa sudah banyak para developer apps yang membuat aplikasi launcher dengan berbagai tema keren? anda bisa mendownload di playstore secara gratis, Tengku akan bahas masih sama dengan ini, yaitu cara mengatasi “sayangnya launcher telah berhenti”

Cara Mengatasi “Sayangnya Launcher Telah Berhenti”

Cara Mengatasi Sayangnya Launcher Telah Berhenti
Ini bisa terjadi karena ada beberapa sebab yang harus ketahui, jika Anda sudah tahu sebabnya pasti Anda akan tahu sedikitnya tentang bagaimana cara mengatasinya, tetapi Tengku akan to the point langsung ke cara dan solusi memperbaikinya, simak artikel dibawah ini :

1. Restart Android

Restart atau menyalakan ulang perangkat sudah menjadi fitur yang tidak asing lagi, hampir semua smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan fitur system menyalakan ulang, fungsinya adalah meningkatkan kinerja perangkat dan menyegarkan kinerja sebuah perangkat, restart juga bisa menjadi solusi jika terjadi masalah pada Android yang Anda gunakan, terutama masalah pada system, seperti sering blank, lag, hang dan juga aplikasi yang sering berhenti tiba tiba ( Force close ) dengan meninggalkan pesan Has stopped ( telah berhenti ) jadi cara yang pertama adalah dengan Restart.

2. Paksa Berhenti Launcher

Jika cara yang pertama belum bisa mengatasi launcher telah berhenti, Anda bisa mencoba cara yang kedua ini, yaitu dengan memaksa berhenti aplikasi launcher, nah aplikasi ini termasuk aplikasi yang tertanam disistem, tidak bisa diuninstal namun bisa diberhentikan, maksudnya adalah jika launcher berjalan dilatar belakang, masih bisa untuk diberhentikan, ini juga bisa mengatasi aplikasi lainnya yang memiliki masalah sama.

3. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Apakah Anda termasuk tipe orang yang sering menyimpanan banyak aplikasi namun aplikasi tersebut tidak digunakan, hanya menjadi pajangan saja? Kebiasaan seperti ini tidak dianjurkan, apalagi jika kapasitas RAM dan penyimpanan Android tidak terlalu besar sedangkan Anda menginstal banyak aplikasi.

4. Hapus Data Launcher

Seperti yang Tengku katakan sebelumnya, bukan hanya aplikasi pihak ketiga saja yang bisa dihapus datanya, namun aplikasi bawaan juga bisa. Setiap aplikasi menyimpanan data tersendiri, biasanya jika data sudah terlalu banyak, maka aplikasi akan sering error, yang paling sering adalah keluar sendiri dan meninggalkan pesan “Telah berhenti”. Jadi jangan lupa untuk mencoba menghapus data launcher di Android kamu ya kawan.

5. Download Aplikasi Launcher

Sudah banyak aplikasi yang tersedia diplaystore dan diappstore, aplikasi launcher dengan tema yang keren dan dengan ukuran yang ringan sangat cocok diinstal di Android Anda, bisa mengganti Theme sesuka hati, dan lain lain, dan bisa didownload secara cuma cuma alias gratis.

6. Factory Reset

Ini adalah cara yang tidak kalah ampuh dengan yang lainnya, karena factory reset atau pengaturan pabrik bisa mengatasi masalah error pada sistem Android, bisa juga menghapus data atau virus yang tersimpan pada sebuah aplikasi, namun dengan melakukan ini data yang tersimpan sebelumnya akan terhapus, jadi Anda harus mencadangkan semua data terlebih dahulu sebelum melakukan ini ya kawan.

7. Flashing Android

Apa itu flashing ? Sebelumnya sudah tengku bahas mengenai flashing, kelebihan dan kekurangannya, pada dasarnya flashing adalah menginstal data sistem sebuah perangkat dengan data sistem yang baru, ini adalah solusinya yang paling jitu, karena semua sistem akan diganti dengan yang baru, jika Anda tidak bisa, maka banyak jasa flash hp, biaya flash hp android 2019 tidak terlalu mahal, hanya kisaran 50 – 100k, murah bukan?
Artikel Terkait :
Sekian artikel mengenai cara mengatasi ” sayangnya launcher telah berhenti” semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan keteman teman, dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di TengkuTutorials! Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *