Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

TengkuTutorials! Berhasil! Cara Mengatasi sayangnya layanan google play telah berhenti. Hallo kawan! Selamat datang diTengku Tutorials! Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai masalah pada layanan google play store di android atau di smartphone lainnya. Terkadang ada beberapa aplikasi yang error baik itu aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bawaan, pesan errornya macam macam, terkadang force close, keluar sendiri, meninggalkan pesan Has Stopped atau telah berhenti, hal ini biasa terjadi di Android samsung, advan, xiaomi dan masih banyak lainnya, Tengku akan berikan solusi mengenai masalah ini.
Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti
Google play store adalah layanan seperti aplikasi atau tempat mendownload game, aplikasi film untuk Android, biasanya sudah terinstal pada setiap android, tapi apakah Anda pernah mengalami masalah error pada layanan google play? Terkadang muncul pesan sayangnya layanan google play telah berhenti, jika ini terus menerus terjadi tentunya sangat mengganggu bukan? Terlebih jika setiap detik terus menerus muncul pesan error seperti ini, sebenarnya tidak hanya itu saja yang error, aplikasi lain juga sering error seperti ini, diartikel ini sudah disediakan bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Ada beberapa solusi yang sudah Tengku rangkum didalam artikel ini, Anda bisa mempraktekan cara cara ini dirumah, untuk mengetahuinya, mari simak artikel berikut ini :

1. Restart Android

Ini adalah hal utama yang harus Anda lakukan sebelum mencoba trik yang lainnya, karena terkadang aplikasi yang sering error bisa diatasi hanya dengan smartphone dinyalakan ulang atau direstart saja, karena restart bisa menyegarkan sistem yang error, mengoptimalkan kinerja smartphone, jadi pertama kali jangan lupa coba cara yang ini ya.

2. Perbarui Layanan Google Play

Jika Anda masih menggunakan layanan google play versi lawas, maka bisa jadi penyebab kenapa layanan telah berhenti, karena biasanya aplikasi yang versi lawas jika lama tidak diperbarui akan muncul bug atau error, salah satu tandanya adalah aplikasi yang sering terhenti dengan sendirinya. Jadi coba Anda perbarui dengan versi yang terbaru.

3. Downgrade Layanan Google Play

Ini adalah kebalikan dari cara yang kedua, jika yang sebelumnya harus diperbarui, yang ini malah harus menggunakan versi lawasnya, jika muncul error setelah layanan google play diperbarui, maka ini bisa menjadi penyebab kenapa error, bisa jadi versi terbaru masih tahap BETA, atau tahap pembuatan, dan belum siap untuk digunakan.

4. Paksa Berhenti

Jika solusi diatas belum bisa juga, Anda boleh mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan Paksa Berhenti aplikasi yang bermasalah, error seperti force close atau keluar sendiri, coba untuk paksa berhenti, dan buka aplikasinya kembali, jika tidak error maka cara ini berhasil.

5. Hapus Data

Setiap aplikasi menyimpanan data didalamnya, jika terlalu banyak data yang tersimpan, biasanya aplikasi tidak akan berjalan sempurna, seringkali muncul pesan pesan error yang memaksa untuk menutup aplikasi, jika Anda belum menghapus data layanan google play, cobalah hapus datanya.

6. Perbarui Play Store

Layanan Google Play dan playstore masih berhubungan, jika salah satu dari kedua ini tidak terinstal, maka aplikasi tidak akan bisa berjalan, masalahnya bisa jadi karena Anda masih menggunakan playstore versi lawas, segera perbarui playstore dan lihat perubahannya.

7. Flash Android

Ini adalah cara terakhir yang menurut Tengku paling ampuh, flashing atau mengganti sistem perangkat dengan sistem yang baru bisa mengatasi masalah atau bug bug pada android Anda, salah satunya aplikasi yang sering error, namun sebelum melakukan ini, jangan lupa untuk mencadangkan semua data yang tersimpan dipenyimapanan internal, agar tidak ikut terhapus saat proses flashing berlangsung.
Artikel Terkait :

Kesimpulannya, Tengku sudah membagikan 7 Cara mengatasi sayangnya layanan google play telah berhenti, Anda bisa mencoba caranya satu persatu. Demikian artikel singkat yang bisa Tengku berikan, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *