Cara Mengatasi SD Card Write Protected di Android

Cara Mengatasi Sd Card Write Protected di Android – Sd Card atau sering di sebut kartu memori Eksternal Stroge. Fungsi Sd Card adalah menambah penyimpanan untuk Hp dan lain lain, dengan Sd Card kita bisa menyimpan berbagai file seperti foto, video , aplikasi, Lagu dan masih banyak lainnya.
Tetapi ada juga masalah yang terjadi di sd card yaitu masalah Sd Card Write Protected, Sd Card tidak bisa dibuka, Sd Card tidak bisa di format dan masih banyak lagi. Tetapi Tengku akan membahas masalah Sd Card Write Protected atau kartu memori terkunci, bagaimana cara mengatasinya? Yuk baca artikel ini.
cara mengatasi sd card write protected di Android
Sekarang banyak smartphone canggih yang sudah memiliki penyimpanan internal yang cukup besar, seperti produk Apple yaitu Iphone Smartphone yang berbasiskan IOS, Smartphone ini memiliki penyimpanan internal yang cukup besar, mulai dari 16GB sampai 200GB lebih lho! Namun itu belum cukup bagi beberapa orang, untuk menambah penyimpanan internal, maka harus menggunakan kartu memori atau Sd Card.
Sd card write protected
Banyak jenis jenis sd card dan penyimpanan yang bervariatif, mulai dari 2GB bahkan ada yang sampai 1TB, tentunya harga Sd Card ditentukan dari berapa jumlah penyimpanan dan kualitas barangnya. Dengan menambahkan Sd Card di Android Anda, maka Anda akan bisa menyimpanan File lebih banyak lagi.
Smartphone Android tanpa Sd Card rasanya kurang lengkap, karena Sd Card sekarang sudah menjadi bagian penting, karena banyak manfaatnya, Anda bisa mengamankan file file penting di Sd Card, Anda bisa mencadangkan seluruh data di penyimpanan internal hp Anda dengan Sd Card, sd Card juga bisa dipakai di PC dan laptop dengan menggunakan Card Reader.
Tetapi terkadang ada beberapa masalah pada Kartu memori, salah satunya masalah Sd Card Write Protected.
Cara menghilangkan Write Protected pada microsd di android, sd card write protected remover, sd card write protected format, how to remove write protection on micro sd card, cara format micro sd yang terproteksi,  How to Remove write protection from micro sd card without adapter, cara format sd card write protected, how to un project sd card.
Diatas adalah beberapa kata kunci yang orang lain cari untuk mencari cara mengatasi masalah masalah pada Sd Card. masalah ini tidak bisa dibiarkan apalagi Sd Card yang rusak berisi file filw penting, kenangan dan lain lain. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.
Tengku pernah mencoba salah satu cara dan berhasil. Lalu bagaimana caranya? Tengku akan bahas cara mengatasi sd card write protected di Android sebagai berikut :

Cara Mengatasi Sd Card Tidak Bisa Di Format / Write Protected / Terkunci

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini, Berdoa sebelum mencoba agar hasilnya lebih maksimal.

1. Bersihkan Kuningan Sd Card

Cara yang pertama Adalah Anda bisa memeriksa Micro Sd Anda apakah bersih atau tidak, lihat bagian yang berwarna kuning keemas emasan, apakah masih bersih atau tertutup debu dan kotoran. Jika kotor maka masalah itu bisa disebabkan karena Sd Card yang kotor.
Lalu bagaimana cara membersihkannya? cara membersihkannya mudah, Anda tinggal menyiapkan penghapus Pensil usahakan yang berwarna putih, tetapi warna hitam juga tidak apa apa.
Hapus secara merata kuningan Sd Card dengan cara menghapus Satu Arah. Ingat satu arah saja ya kawan. Jika sudah dirasa bersih, Anda tinggal mencobanya, apakah terbaca atau tidak, jika terbaca berarti masalahnya karena Sd Card yang kotor.

2. Format Sd Card Lewat Hp

Anda jangan khawatir jika cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah itu, Ada cara kedua yang bisa Anda coba, yaitu dengan cara format sd card lewat hp. Sd Card write protected bisa jadi disebabkan karena ada Virus yang masuk  kepenyimpanan kartu memori Anda. Virus yang tentunya merugikan yang membuat Sd Card rusak tidak terbaca.
Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba format Sd Card lewat Android, Caranya adalah pilih Pengaturan > Penyimpanan > Hapus Sd Card, silahkan Anda pilih Hapus Sd Card dan tunggu prosesnya , biasanya jika file didalam Sd Card banyak, maka proses formatnya agak sedikit lama , tunggu saja sampai selesai. Jika selesai coba cek sd card, coba simpan file di sd card, jika file tersimpan berarti Sd Card Anda sudah normal kembali.

3. Format Sd Card Melalui PC

Cara yang ketiga hampir mirip dengan cara yang kedua yaitu sama sama format kartu memorinya, tetapi metodenya saja yang berbeda, jika cara pertama format Sd Card melalui HP, maka cara yang kedua adalah melalui PC atau bisa juga dengan laptop, menurut Tengku cara ini lebih ampuh dibanding cara yang kedua, karena PC lebih canggih di banding Hp maka kemungkinan Sd Card Write protected bisa teratasi.
Untuk menghubungkan kartu memori ke Pc atau Laptop, Anda bisa menggunakan Card Reader , Anda bisa membelinya ditoko kelengkapan Hp, harganya murah sekitar 20RB. Tanpa menggunakan Card Reader Anda tidak akan bisa menghubungkan dan Memformat Sd Card melalui PC atau laptop.

Jika Card Reader sudah siap, maka Anda juga harus siap Format Sd Cardnya, bagaimana caranya? Berikut caranya :

Format Sd Card Melalui Disk Management

 
  • Pertama buka Explorer, bisa dengan cara klik CTRL + F atau dengan cara Klik kanan pada opsi My Komputer lalu pilih Manage, dan pilih pada Disk Management.
cara mengatasi sd card write protected di android
Disk Management
  • Kedua adalah klik kanan lalu pilih Opsi Format Drive Sd Card, lalu klik OK.
cara mengatasi sd card write protected di android
  • Jika sudah diformat, lalu coba Sd Card apakah sudah benar atau tidak, cara Test nya adalah coba Anda masukan File kedalam Sd Card tersebut, apakah File bisa masuk atau tidak, jika bisa maka Sd card Anda sudah kembali normal.
Cara diatas adalah cara yang sudah terbukti. Tengku sarankan jika Sd Card sudah bisa, dan File masih Ada, maka segera cadangkan File tersebut ke Sd Card yang baru, jika memang file itu penting.
Karena biasanya jika Kartu memori sudah pernah mengalami kerusakan dengan masalah Sd Card Write Protected biasanya jika sudah benar, tidak akan bertahan lama. Maka Tengku sarankan segera cadangkan semua file ke Sd Card yang baru.

Kesimpulan

Masalah masalah diatas seperti Sd Card Tidak terbaca , Tidak bisa di format dan lain lain, biasanya disebabkan karena ada File virus berbahaya yang tersimpan di Sd Card Anda. Jadi jangan lupa Scan Virus di Android Anda, karena selain merusak sistem Android. Virus juga bisa merusak Sd Card dan tempat tempat lainnya yang dijadikan Sarang Virus tersebut ( Malware ).
Demikian Artikel singkat yang bisa Tengku bagikan untuk pembaca di Blog Tengku Tutorials, salah satunya Anda, semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di Tengku Tutorials, dijamin Anda akan puas dengan artikel yang Tengku buat, terimakasih sudah berkunjung dan selamat beraktivitas kembali.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *