Cara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik 100% Work

Cara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik
 

Cara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik – Selamat datang di Blog Tengku Tutorials ,Anda tahu? Tengku Tutorials adalah blog yang berisi artikel sangat bermanfaat lho! salah satunya artikel yang satu ini yaitu mengenai cara mengatasi status bar tidak bisa ditarik. Android ataupun Iphone memiliki yang namanya sistem atau Software yang sudah diinstal secara permanent, mulai dari aplikasi bawaan, dan lain lain, yang termasuk dalam Software smartphone adalah Status Bar, bagian ini adalah bagian yang termasuk penting didalam sebuah #Android, karena status bar memiliki banyak fungsi yang sangat penting ,seperti memberi tahu notifikasi, menyalakan data selluler, senter dan lain lain, bagaimana jika tidak bisa ditarik kebawah hilang? Tentunya sangat menjadi masalah bukan? nah simak ya artikel mengenai cara mengatasi status bar tidak bisa ditarik.
Seperti yang Tengku katakan sebelumnya bahwa disemua smartphone sudah terinstall yang namanya Software, apanitu Software? adalah perangkat lunak yang diinstal di #Android Pc ataupun yang lainnya yang berfungsi mengisi Android atau lainnya dan mengontrol , tanpa Software maka #Android tidak ada fungsinya , karena Android 90% mengandalkan Software, jadi software disebuah Android itu sangat penting dan sudah permanent, Tetapi Apakah Bisa Mengganti atau Memodifikasi sistem Android? Tentu bisa, termasuk mengatur status bar, dan terkadang status bar tidak bisa ditarik kebawah atau bahkan hilang karena kesalahan saat memodifikasi Software .

Apa Itu Status Bar?

 
Status Bar merupakan sebuah kotak garis dengan arah horizontal yang ada dibagian atas layar maupun bawah layar ,biasanya Komputer status barnya ada dibagian bawah layar ,sedangkan smartphone ada dibagian atas layar jadi hanya menarik kebawah saja, Status bar bisa menampilkan semua informasi sebuah program seperti notifikasi atau pemberitahuan yang masuk ke Android Anda, Dan masih banyak lagi Fungsinya.
Selain itu status bar juga berfungsi untuk menambahkan beberapa infromasi mengenai Android yang ada distayus bar, seperti nama nama file atau aplikasi yang sedang berjalan dilatar belanag, menampilkan jam, tanggal, dan biasanya menampilkan status keyboard juga ,jadi banyak sekal fungsi dari status bar Android yang harus kita ketahui.
Status bar berfungsi untuk menambahkan informasi di bagian bawah dari form, misalnya untuk menampilkan nama file yang sedang dibuka, menampilkan tanggal, waktu, dan status dari keyboard.
Kenapa Starus Bar Itu sangat penting? karena status bar memiliki peran yang penting dimana di status bar bisa menampilkan notifikasi dari apapun, mulai dari sosial media , game dan lain lain, fungsi lainnya apa? fungsi lain status bar itu adalah memudahkan atau menjadi pintasan agar lebih cepat dalam memakai Android, misalnya menyalakan senter, bluetooth, data selluler, Wifi hanya dengan menarik status bar kebawah maka akan lebih simple dibanding harus kepengaturan terlebih dahulu, oleh karena itu jika statusbar tidak bisa ditarik kebawah bahkan tidak tampil, menjadi masalah yang harus diselesaikan, jadi Anda beruntung datang ke Tengku Tutorials karena akan membahas Artikel mengenai ini.
Lalu bagaimana jika status bar tidak bisa ditarik kebawah? bagaimana jika status bar hilang dan tidak tampil? ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya yang bisa Anda praktekan dirumah, jadi semua pasti ada jalan keluarnya asalkan ada kemauan, benar begitu? Anda penasaran? yuk simak baik baik Tutorialnya dibawah ini :

Cara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik 100% Work

1. Restart Android Anda

Cara mengatasi status bar tidak bisa ditarik kebawah yang pertama adalah dengan cara merestart Android Anda atau Muat Ulang  kenapa harus direstart? karena bisa jadi Status bar hilang karena sistem Android menyala dalam keadaan belum siap yang mengakibatkan beberapa sistem Android tidak merespon dan terkadang status bar tidak bisa ditarik atau bahkan hilang ,jadi coba Anda Restart Androidnya apakah sudah bisa ditarik lagi atau belum.

2. Layar Sentuh Error Dibagian Atas

Penebab yang kedua bisa terjadi karena layar sentuh Android Anda error tidak berfungsi sempurna, ada bagian tertentu yang tidak bisa disentuh karena Touchscreen sudah lama atau sudah mulai rusak, bisa jadi kerusakannya dikarenakan layar sentuh Android bagian atas tidak berfungsi yang menyebabkan Status Bar tidak bisa ditarik, nah coba pastikan apakah layar sentuh baik baik saja atau tidak, jika memang layar sentuhnya berarti Anda harus mengganti dengan yang baru dan dengan yang cocok sesuai Android Anda, tapi tenang ada lagi cara mengatasinya .

3. Ganti Systemui.apk

Cara mengatasi yang ketiga adalah dengan cara mengganti SystemUI.Apk yang sudah terinstal diandroid Anda yang menjadi aplikadi bawaan, fungsi dari SystemUI itu salah satunya adalah menampilkan Status bar , jadi jika file systemui rusak maka Akan terjadi kesalahan kesalahan sistem termasuk status bar yang tidak bisa ditarik, Anda bisa mencari systemui sesuai merek Android Anda di Google karena sudah banyak yang menyediakannya.

4. Factory Reset (Pengaturan Pabrik)

Pengaturan pabrik memang menjadi hal
yang susah jika dilakukan karena ketika Android di Factory reset maka file yang ada pada internal Stroge akan hilang jika tidak di Backup terlebih dahulu, tetapi jika status bar tetap tidak bisa ditarik, Anda bisa mencoba cara ini, dengan factory reset 80% Status bar akan kembali normal, jangan luoa sebelum pengaturan pabrik jangan lupa Backup atau cadangkan File sebelumnya di Sdcard agar bisa di ambil lagi, Anda mau mencobanya?

5. Install Ulang Software Android (Flashing)

Cara terakhir yang menjamin Status Bar akan kembali normal adalah dengan cara Flashing, apa itu Flashing? adalah proses menginstal ulang software Android denhan software yang baru, terkadang sistem Android juga bisa rusak dikarenakan banyak hal, salah satunya karena kesalahan saat memodifikasi sistem Android yang mengakibatkan Status Bar Error, jika Android sudah dimofikasi lalu terjadi error, maka tidak akan mempan jika hanya Factory Reset, jadi saya sarankan Flash Android Anda agar status bar kembali normal. Selamat Mencoba.
Demikian tutorial yang sangat singkat yang bisa Tengku Tutorial bagikan keteman teman sebagai pembaca artikel di Blog ini, Jangan lupa Bagikan jika tutorial ini berhasil, dan semoga artikel mengenai Cara Mengatasi Status Bar Tidak Bisa Ditarik bermanfaat untuk Anda, ingat jangan lupa bagikan Artikel ini, karena berbagi adalah peduli, terimakasih sudah berkunjung dan selamat beraktivitas kembali kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *