Cara Mengatasi Status Bar Yang Hilang (Terbukti)

Cara Mengatasi Status Bar Yang Hilang ( Terbukti ) – Berhasil! Tengku Tutorials sudah membahas artikel mengenai tutorial cara mengatasi status bar yang hilang dengan mudah dan sudah Tengku coba sendiri hasilnya sangat work dan ampuh! ada beberapa orang yang mengeluhkan Status bar pada Androidnya hilang baik itu hilang tiba tiba atau karena hal tertentu, seperti di samsung J1 Ace yang terkadang mengalami masalah ini, lalu Xiaomi, Smartfren dan beberapa hp Android laiynnya.
Tapi Tengku akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah status bar hilang atau bisa juga untuk mengatasi status bar tidak bisa ditarik.
cara mengatasi status bar yang hilang
Pada setiap smartphone pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, dan terkadang pasti ada kerusakan baik itu kerusakan pada komponen Hardware maupun pada Softwarenya ( Perangkat Lunak ) masalahnya ada yang bisa diatasi dengan mudah dan ada juga yang lumayan sulit, tapi pasti semua masalah pasti bisa diatasi bukan? sama halnya masalah status bar hilang ,pasti bisa di atasi.
Status Bar adalah salah satu bagian terpenting di sebuah smartphone ,seperti Android atau IOS ( Apple ) karena didalam sebuah status bar bisa menampilkan notifikasi atau pemberitahuan, biasanya notifikasi muncul dari sosial media Anda yang akan muncul pemberitahuannya di status bar, selain itu ada juga Bluetooth , Rotasi, Data Seluler, Mode Pesawat dan lain lain.
Fungsi dari status bar sama dengan tombol praktis yang membuat Android semakin peraktis dan canggih, seperti yang saya katakan , Anda bisa menyalakan Bluetooth , data seluler, mode pesawat, Rotasi, Senter hanya dengan menarik status bar kebawah tanpa harus ke pengaturan, tentunya ini membuat sebuah smartphone semakin praktis.
Masalah status bar sering terjadi di beberapa smartphone seperti Samsung J1 Ace, kenapa bisa samsung J1 Ace? karena sesuai riset yang sudah Tengku lakukan bahwa ada banyak orang yang mencari tutorial cara mengatasi masalah status bar di J1 Ace, salah satunya adalah status bar yang hilang, Selain di Android Samsung, ada juga Android yang sering mengalami masalah ini, seperti Xiaomi dan Smartfren, tetapi ini semua tergantung Anda, karena biasanya status bar hilang karena ada kesalahan pengoprasian Sistem tertentu.
Pada dasarnya, status bar adalah bagian dari aplikasi bawaan yang sudah tertanam pada sebuah smartphone dan sudah pasti ada, Yaitu aplikasi SystemUI atau Sistem User Interface, Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur tampilan sebuah smartphone termasuk menampilkan status bar seperti Sinyal, Baterai, Dan Icon Icon lainnya yang tampil pada status bar , biasanya masalah pada status bar seperti tidak bisa ditarik, hilang dan lain lain karena adanya kerusakan pada SystemUI tadi, jadi Anda harus fokus ke aplikasi sistem yang satu ini.
Tengku mau berbagai pengalaman yang berhubungan dengan artikel ini, Tengku sendiri pernah mengalami Status Bar hilang , pada waktu itu Tengku masih menggunakan Android Smartfren, karena Tengku orangnya penasaran dengan sistem yang berhubungan dengan perangkat salah satunya Android, Tengku suka sekali mengedit Sistem Android salah satunya adalah mengedit systemUI.Apk, Framework, Tengku sering mengubah icon icon yang tertera pada Android , seperti mengganti Icon Sinyal, Icon data dan lain lain, karena ini termasuk hoby dan keahlian Tengku.
Tengku yakin Anda akan ketagihan jika sudah bisa memodifikasi sistem Android yang Anda gunakan, karena bisa mengganti Tampilan Android sesuai keinginan Anda sampai ke akar akarnya, namun yang harus Anda ketahui, jika ingin mengedit sistem Android maka harus berhati hati, karena jika salah sedikit maka Android Anda akan rusak, seperti Bootlop, dan jika Anda gagal mengedit systemUI biasanya menyebabkan masalah salah satunya status bar tidak muncul atau hilang.
Pada waktu itu Tengku sedang mengedit systemUI Android Smartfren , Ntah karena ada kesalahan, ketika selesai mengedit lalu Hpnya Tengku restart, dan ketika hpnya sudah menyala kembali, status bar malah tidak ada, tidak hanya ini, terkadang menyebabkan status bar tidak bisa ditarik kebawah juga, nah Tengku sudah mencari tutorialnya di Google namun tidak berhasil, Lalu Tengku berfikir bahwa masalah ini disebabkan karena sistem UI , dan ketika melakukan sedikit cara, maka Status bar muncul lagi, Begini cara mengatasinya.

Cara Mudah Mengatasi Status Bar Yang Hilang

Caranya menurut Tengku mudah, tapi tidak tahu jika menurut Anda, sulit atau mudah, namun Tengku yakin Anda jbisa melakukan cara ini untuk mengatasi status bar hilang pada Android Anda.

1. Install Ulang Software ( Flashing )

Sebelumnya ada banyak cara yang bisa Anda coba ,namun cara inilah yang paling efektif,  yaitu dengan melakukan Flashing atau menginstal ulang software Android Anda, Bagaimana caranya? untuk melakukan Flashing Anda harus membutuhkan PC / Komputer ,namun bisa juga menggunakan Hp langsung jika sudah Terinstal Custom Recovery seperti CWM dan TWRP dan jika sudah mendownload Firmware sesuai Android Anda.
Dengan melakukan Flashing maka Android Anda akan seperti baru lagi, namun semua data yang sebelumnya tersimpan di Hp Anda akan hilang kecuali jika sebelumnya Anda sudah Mencadangkan semua data yang sudah dipindahkan kekartu memori, dengan Flashing juga bisa menghilangkan Virus yang tertanam pada Android Anda, Tentunya banyak manfaat dari Flashing.

2. Restart Android Anda

Cara diatas bisa Anda coba jika status bar hilang karena kesalahan mengedit salah satu system di Android Anda, Tetapi jika hilangnya tiba tiba biasanya karena disebabkan kapasitas RAM yang sudah terlalu penuh, jika RAM sudah penuh maka akan mengakibatkan sistem Android Anda tidak dapat bekerja secara optimal, nah  salah satu akibat RAM yang terlalu penuh adalah masalah status bar , aplikasi yang terkadang Force Close atau keluar sendiri.
Jika hilang tiba tiba Anda hanya perlu merestart saja atau bisa juga ditunggu beberapa menit nanti akan muncul kembali status bar nya, saran dari Tengku adalah jangan terlalu banyak menyimpan file yang tidak perlu jangan disimpan, hapus saja karena akan membuat memori internal dan RAM menjadi terbatas, yang bisa menyebabkan Android Anda terkadang Hang, Force Close dan lemot / Lag.
Demikian artikel singkat yang sudah Tengku Tutorials Bagikan untuk teman teman yang sudah membaca artikel ini, semoga artikel mengenai cara mengatasi status bar yang hilang bermanfaat untuk Anda, artikel ini sudah terbukti karena saya sendiri pernah mengalami dan mengatasi masalah ini, jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya kawan! terimakasih sudah berkunjung ke Tengku Tutorials, selamat beraktivitas kembali kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *