Cara Mengatasi Tv Tidak Ada Sinyal Ampuh

cara mengatasi tv tidak ada sinyal


Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal – Hallo kawan! Selamat datang di Tengku Tutorials, blog yang berisi artikel artikel bermanfaat tentunya Untuk Anda, dan dibuat sedemikian rupa dengan mengutamakan kenyamanan pembaca, sekarang yang akan Tengku bahas adalah mengenai masalah televisi ( tv ) yang terkadang ada kendala salah satunya Tv tidak ada sinyal, atau tidak ada channel, lalu bagaimana jika tv tidak ada channel? ya tentunya kita tidak akan bisa menonton bukan? tenang saja tengku akan memberikan cara untuk mengatasinya, sudah penasaran? berikut Tengku akan membahas artikel cara mengatasi tv tidak ada sinyal.

Sekarang sudah banyam merek tv yang bisa ditemukan ditokonya masing masing, ada model Tabung, Lcd Led dan lain lain, tetapi yang sekarang banyak dimiliki orang ada tv yang Lcd atau Led, karena Tv ini tidak tebal seperti Tv tabung , sehingga lebih ringan, tipis dan mudah jika ingin dipindahkan, tetapi tv led dan lcd terkadang ada kendalanya, seperti sinyak tv yang hilang.
Ketika kita menonton tv pastinya tv tersambung dengan antena yang berfungsi untuk menambah frekuensi Signal yang menambah kejernihan gambar pada televisi, jadi jika tv Anda ingin memiliki gambar yang bagus dan jernih, Anda harus memiliki antena yang bagus juga, usahakan menempatkan Antena didalam rumah atau yang tidak mudah terkena angin, dengan cara ini gambar di tv Anda akan maksimal.
Beberapa masalah yang menyerang televisi memang ada cara mengatasinya  tentunya cara caranya berbeda sesuai dengan kerusakan, tetapi tengku akan membahas tv yang tidak muncul sinyal karena memang masalah seperti ini sering orang alami. jadi tidak salah Tengku membahas artikel ini, siapa tahu setelah mmbqmaca artikel ini, masalah tv dirumah Anda teratasi. aamiinn..
Channel adalah hal yang paling penting , karena fungsi utama televisi adalah untuk ditonton, bagaimana jika tidak ada signal? hanya bisa memutar video VCD saja  tentunya tidak ada signal menjadi masalah serius yang harus diatasi. tetapi tenang kawan dibawah akan tengku berikan tutorialnya. Anda sudah pesanaran?  Yuk simak berikut ini :

Cara Mudah Mengatasi Tv Tidak Ada Sinyal ( No Signal )

Tv no signal biasanya dialami pengguna Tv Led dan Lcd karena tv tabung jarang mengalami masalah seperti ini. Tentunya ada masalah pasti ada penyebabnya bukan? sebelum lanjut ketutorial cara memperbaikinya, lebih baik Anda tahu apa yang menyebabkan tv menjadi tidak ada sinyal, berikut penyebabnya :
1.Kabel Antena Tidak Nyambung ( Putus )

Penyebab yang pertama adalah bisa disebabkan karena kabel Antena yang tidak konek yang menyebabkan tv tidak mendapatkan frekuensi sinyal Program channel yang menyebabkan masalah ini terjadi, biasanya kabel putus diakibatkan oleh Gigitan Tikus, Umur Antena, nah jadi sering sering cek kabel antena, jika ada yang terbuka maka untuk mengatasinya adalah dengan cara tutup pada Lem Solatip.

2. Antena Bergeser

Penyebab yang kedua adalah bisa disebabkan karena antena yang bergeser sehingga penangkapan frekuensi tidak sempurna, biasanya Antena bergeser karena angin yang kecang, atau karena burung yang bertengger di antena, jadi cek antena apakah posisinya sudah benar atau belum.
3. Konektor Antena Kotor ( Karatan )

Yang ketiga adalah bisa disebabkan karena konektor antena di tvnya kotor biasanya karatan , yang menyebabkan Frekuensi yang diterima antena dan disalurkan ke Tv tidak sempurna atau terhambat karena karat hal ini menyebakan Channel tv tiba tiba tiba hilang atau burem, coba Anda cek apakah berkarat atau tidak, jika emang berkarat maka segera bersihkan dengan Tiner atau Bensin. Selain karena berkarat biasanya Antena terkena angin, atau terhalangi pohon sehingga terganggu frekuensinya.
Cara diatas masih tidak membuahkan hasil? Tenang kawan Tengku ada cara yang lainnya untuk mengatasi masalah tersebut, sudah pensaran? simak caranya dibawah ini ya kawan :
•Silakan Anda check kesehatan jack yang menghubungkan kabel dengan tuner ,pastikan tidak kotor dan dalam kondisi bersih, tidak berkarat , tidak terkena air dan terpasang dengan benar. ini adalah cara alternatif untuk mengatasi masalah diatas.
•Jika cara diatas masih belum berhasil juga, berarti Anda harus mengecek Internalnya atau dalamnya, jika Anda memiliki Solder dirumah maka coba solder ulang kabelnya , usahakan solder yang benar dan pastikan sudah tersambung, setelah itu ukur tegangan uang masuk ke B ( + )  dengan ukura  sekitar 5-12.5 Vdc, diluar dari itu ada juga tegangan yang bisa dibilang tinggi yang masuk kedalam rangkaian tuner tetapatnya didekat sisi VT tuner yang tegangannya bisa mencapai 130 Vdc.
Biasanya jika tidak ada sinyal maka tegangan tidak akan mencapai 110-139 Vdc, hal ini disebabkan ada sebuah komponen yang rusak seperti Resistor dan Elco yang letaknya di tegangan power suplay atas .
• Cara diatas masih belum berhasik juga? Tenang masih ada cara lainnya yang bisa Anda tiru untuk mengatasi masalahnya, dengan cara Cek bagian sisi dalam yaitu tuner Tv, perhatikan apakah sudah tersolder dengan benar atau tidak, jadi coba Anda solder ulang, Jika cara cara diatas masih belum bisa berarti bisa dikatakan Tuner Tv Anda sudah rusak dan harus diganti dengan tuner yang sama dengan Televisi Anda.
Cara cara diatas mungkin bisa membantu masalah tv no signal yang Anda alami, jadi jangan lupa coba cara cara diatas sampai berhasil ya kawan! Sekian tutorial mengenai Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa bagikan jika tutorial ini berhasil ya kawan! karena berbagai adalah peduli, terima kasih sudah berkunjung ke Tengku Tutorials, jangan luoa berkunjung lagi, karena banyak artikel yang bisa mengatasi masalah Anda, tentunya soal tv, android dan lain lain, selamat beraktivitas kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *