Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Berfungsi/Menyala

Tuantengku.blogspot.com – Update 2018 Cara mengatasi wifi android tidak berfungsi/menyala. Hallo kawan! Selamat datang di Tengku tutorials! Kali ini Tengku akan membahas artikel mengenai masalah wifi pada Android. Tentunya ini menjadi masalah besar jika itu tidak bisa dinyalakan, kenapa? Anda tidak akan bisa numpang hotspot ketemen, wifian dan lain lain, tidak hanya itu, terkadang bluetooth, hotspot juga mengalami masalah yang sama, yaitu tidak bisa dinyalakan, ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui, dan berikut cara mengatasinya.
Pada setiap android Anda sudah bisa mendapatkan fitur bluetooth sebagai pengirim file jarak dekat, Hotspot portable sebagai tempat untuk berbagi internet kesesama pengguna smartphone, dan juga sudah disediakan Wifi yang berfungsi untuk mengkoneksikan android ke hotspot portable atau jaringan internet lainnya yang harus menggunakan wifi, nah ada beberapa orang yang mengalami kenapa itu tidak berfungsi? Berikut cara mengatasi wifi android berfungsi/menyala.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Berfungsi
Heyriad.com
Sebenarnya ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan dirumah, tidak hanya untuk wifi saja, bisa juga dilakukan untuk memperbaiki bluetooth dan hotspot portable, nah Tengku sudah merangkaum beberapa cara, berikut caranya :

1. Cek Kondisi Wifi

Hal yang harus paling utama Anda lakukan adalah mengecek kondisinya apakah benar benar tidak bisa menyala atau tidak, cara mengecek kondisi wifi sangat mudah, dengan aktifkan dan nonaktifkan secara berulang ulang, jika sudah dilakukan tetapi tidak mau menyala juga, berarti memang benar itu bermasalah, Anda juga bisa mengecek lewat aplikasi, jika Anda menggunakan samsung bisa mengecek dengan cara ketik *#0*#.

2. Restart Android

Jika sudah di test ternyata memang tidak bisa menyala, berarti cara selanjutnya yang wajib Anda coba adalah menyalakan ulang perangkat Android Anda, cara ini bisa saja mengatasi masalah itu, karena dengan restart berarti menyegarkan android Anda, dan bisa juga memperbaiki masalah wifi yang error.

3. Coba Untuk Reaktif Wifi

Reaktif atau bahasa indonesianya adalah on/off wifi bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalahnya, karena biasanya bluetooth atau wifi yang tidak bisa menyala hanya perlu dinyalakan ulang beberapa kali saja, jika memang rusaknya belum parah, maka cara ini akan berhasil, selamat mencoba.

4. Pengaturan Pabrik

Ini adalah cara yang tidak kalah ampuh menurut tengku, pengaturan pabrik atau factoru reset adalah tindakan untuk mengatur ulang android Anda seperti semula seperti saat pertama kali Anda membeli smartphone itu, dengan melakukan factory reset maka seluruh data yang tersimpan pada penyimpanan internal akan terhapus, jadi sebelum Anda melakukan ini, jangan lupa untuk cadangkan semua data terlebih dahulu agar tidak ikut hilang terhapus. Bagaimana cara factory reset? Berikut caranya :

Cara Factory Reset Android

1. Pertama buka menu pada Android Anda
2. Pilih menu “Pengaturan”
3. Pilih opsi “Buat cadangan & setel ulang”
4. Pilih opsi Pengaturan pabrik>Setel ulang telepon
5. Android akan melakukan proses factory reset, tunggu sekitar 10 menit sampai android menyala kembali.

5. Flashing Android

Jika anda mencari cara yang paling jitu, maka inilah solusi yang menurut Tengku paling ampuh, flashing atau kegiatan menginstal ulang sistem sebuah perangkat yang diganti dengan sistem baru tidaklah sama dengan factory reset, factory reser hanya menghapus data dan cache saja, sedangkan flashing mengganti sistem dengan yang baru, bisa jadi Software pada android Anda sudah terdapat bug yang menyebabkan wifi tidak bisa diaktifkan. Tetapi jangan lupa untuk cadangkan data terlebih dahulu agar tidak hilang.

6. Sevice Android

Ini adalah cara jika Anda sudah tidak bisa lagi menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini, menurut Tengku ini adalah solusi yang tepat, jika Anda tidak memiliki keahlian untuk memperbaiki masalah pada android maka serahkan pada yang ahlinya, biasanya tidak hanya disebabkan karena kerusakan software saja, tetapi hardware juga bisa bermasalah, oleh karena itu And harus serahkan pada service android.

7. Garansi Masih Berlaku? Klaim Aja!

Setiap smartphone yang baru dibeli ditempat resminya biasanya disediakan garansi 1 tahun atau beberapa bulan, garansi suatu saat bisa diklaim jika terjadi masalah pada smartphone yang baru saja dibeli, dengan garansi Anda tidak perlu membayar jasa servicenya, kecuali garansi sudah tidak berlaku lagi.

Kesimpulan

Kesimpulannya ternyata ada beberapa solusi untuk mengatasi wifi android tidak berfungsi/menyala, tutorialnya sudah Tengku sediakan diatas tadi, tinggal Anda praktekan dirumah saja. Sekian artikel singkat yang bisa Tenglu bagikan, jangan lupa baca artikel menarik lainnya hanya di Tengku Tutorials!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *