Cara Mengetahui Jumlah Slot RAM di Laptop

Pada dasarnya, semua laptop sudah dilengkapi dengan RAM atau Random Acces Memory yang merupakan hardware dan memiliki peranan sangat penting yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori sementara, semakin tinggi kapasitas RAM maka akan semakin cepat kinerja laptopnya.

Seperti yang diketahui, ada beberapa laptop yang sudah menyediakan slot RAM khusus yang berfungsi untuk menambah kapasitasnya, misalkan laptop memiliki RAM bawaan 2GB, maka biasanya ada slot kosong yang bisa kita tambah dengan RAM baru, tentunya sesuai dengan jenis RAM yang sudah ada sebelumnya.

Menambah kapasitas RAM dengan memanfaatkan slot yang ada sudah terbukti dapat mempercepat kinerja Laptop, terutama ketika menjalankan banyak program sekaligus Anda akan merasakan laptop menjadi lebih ringan dari sebelumnya.

Terkadang kita bingung ada berapa slot RAM yang tersisa, umumnya pada setiap laptop memiliki 2 slot RAM dan adapula yang lebih dari itu, untuk mengetahui jumlah slot RAM di laptop Anda, bisa dilakukan dengan dua cara mudah yang akan kami jelaskan dibawah ini:

Cara Mengetahui Jumlah Slot RAM Laptop

Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk cek slot ram yang tersedia di laptop kesayangan Anda, syukur-syukur memiliki lebih dari dua slot, jadi Anda bisa menambah dengan RAM yang lebih besar, untuk tutorial lengkapnya silakan simak langkah-langkah dibawah ini:

1. Melalui Task Manager

Langkah awal yang paling mudah dilakukan adalah dengan melalui Task Manager, secara singkat Task Manager adalah sebuah software bawaan yang berfungsi untuk monitoring semua aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang.

Selain itu, Anda bisa melihat jumlah slot RAM yang terdia di laptop dengan menggunakan Task Manager, lalu bagaimana caranya:

  • Pertama, silakan ketika task manager di pencarian windows, atau bisa melalui shortcut CTRL + Shift + ESC.
  • Tampilan awal task bar adalah seperti gambar dibawah ini:
  • Untuk mengecek jumlah slot RAM yang ada, silakan klik “Performance”
  • Kemudian klik Memori, dan akan ada keterangan jumlah slot RAM yang terpakai, sebagai contoh seperti gambar berikut, yaitu 2 of 2, yang berarti ada dua slot yang sudah digunakan atau jumlah slot RAM laptop tersebut hanya ada dua.

Bagaimana mudah bukan? sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga yaitu CPU Z, berikut tutorial lengkapnya:

2. Menggunakan CPU Z

CPU Z adalah software yang berfungsi untuk mendiagnosis dan memberikan informasi seputar software dan hardware laptop Anda, termasuk slot RAM, serta dapat memonitoring kinerja hardware dan software pada laptop.

  • Pertama, silakan download dan pasang CPU Z melalui halaman berikut http://www.cpuid.com/downloads/cpu-z/cpu-z_1.79-en.exe.
  • Kemudian, buka CPU Z, pilih tab SPD, pada bagian Memory Slot Selection terdapat menu drop down yang memberi tahu informasi seputar jumlah slot RAM yang tersedia:
  • Seperti gambar diatas, jumlah slot RAM yang ada adalah 2.

Kesimpulannya Anda bisa mengetahui jumlah slot ram laptop dengan mudah, bisa melalui task manager dan bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu CPU Z. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *