Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)

1 min read

cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi

Xiaomi adalah salah satu smartphone Android yang memiliki aplikasi bawaan cukup banyak, tentunya ini dapat menguras penyimpanan ponsel, padahal aplikasi tersebut tidak terlalu penting, nah solusinya adalah Anda harus menghapus aplikasi bawaan xiaomi atau sering disebut Bloatware.

Beberapa aplikasi bawaan xiaomi seperti Theme Manager, Pembersih, Pemindai, MI Drop dan lain lain dapat membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat, kenapa? karena aplikasi bawaan tersebut memiliki ukuran yang cukup besar dan memakan ruang penyimpanan.

Jika dirasa ada beberapa aplikasi sistem xiaomi yang tidak terlalu penting, sangat disarankan untuk menghapus atau menonaktifkannya, sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi, memang pada dasarnya user tidak diizinkan untuk menghapus aplikasi tersebut.

Namun pada tutorial kali ini kami akan memberikan solusi untuk permasalahan itu, dimana Anda bisa dengan mudah uninstall bloatware dengan menggunakan aplikasi dan juga tanpa aplikasi, ini berlaku untuk ponsel xiaomi root ataupun tanpa root, berikut ini tutorialnya:

2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)

1. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Metode yang pertama ini bisa dicoba walaupun ponsel xiaomi Anda belum diroot, selain itu juga bisa dipraktekan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, namun ini bukan menghapus, tapi lebih ke menonaktifkannya.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan ponsel Xiaomi Anda.
  2. Kedua, pilih opsi Aplikasi Sistem
  3. Ketiga, pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan
  4. Terakhir, klik opsi Nonaktifkan atau , selesai.
cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi

Metode diatas hanya bisa dilakukan pada beberapa aplikasi saja, jadi Anda tidak bisa menghapus semua aplikasi sistem, karena memang tidak semua aplikasi sistem bisa dihapus, agar kinerja dan sistem Android tidak terganggu.

Tetapi jika Anda ingin bisa lebih banyak uninstall bloatware xiaomi, maka harus melakukan root terlebih dahulu dan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama System App Remover khusus untuk pengguna Android yang sudah mendapatkan hak akses root, berikut ini tutorialnya:

2. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Root

  1. Pertama, download dan instal aplikasi System App Remover.
  2. Kemudian, buka aplikasi tersebut.
  3. Pada tampilan awal, akan ada semua daftar aplikasi yang terinstal.
  4. Terakhir, pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu pilih menu Uninstall atau Cabut Pemasangan.
cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi

Metode ini bisa lebih banyak menghapus aplikasi sistem. Anda harus bijak menggunakan aplikasi ini, jangan sampai salah menghapus bloatware ya! karena sistem Android bisa error dan malfungsi karena ada aplikasi sistem penting yang sengaja atau tidak sengaja terhapus.

Biasanya aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus adalah Kalkulator, Musik, Kalender, Pembersih, Keamanan, Tema dan Mi Video, ataupun aplikasi lainnya yang jika dihapus bisa mengganggu kinerja ponsel.

Demikian artikel singkat mengenai cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi atau Bloatware, kesimpulannya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu tanpa root dan juga root, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *